NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Pengertian Sistem Operasi,Fungsi Dasar, & Sasaran Sistem Operasi

Pengertian Sistem Operasi,Fungsi Dasar, & Sasaran Sistem Operasi - Seringkah anda semua mendengar akan bahasa sistem operasi yang berasal dari bahasa inggris ( Operating System ), sistem operasi banyak di temui oleh kita di beberap perangkat teknologi seperti kompter,laptop, gadget dan smartphone.ma ka dari itu bagi anda yang belum tau akan pengertian sistem operasi atau operating system mari kita simak artikel di bawah ini akan saya bahas tentang Pengertian Sistem Operasi,Fungsi Dasar, & Sasaran Sistem Operasi.

Apa itu Sistem Operasi ( Operating System )....?

Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer ( Hardware), sebelum adanya sistem operasi para user ( pengguna ) hanya menggunakan komputer dengan menggunakan sebuah signal analog dan signal digital.
Sistem operasi juga adalah sebuah sistem pengendali sebuah program yang ingin menghindari sebuah kekeliruan  ( Eror )  pada sebuah program di sebuah perangkat komputer,smartphone, laptop dan lain sebagainya.

Pengertian Sistem Operasi,Fungsi Dasar, & Sasaran Sistem Operasi


Sistem operasi memiliki beberapa macam jenis yang banyak di temui di beberapa komputer, laptop , smartphone yaitu seperti windows,android,linux,debian, yang mana dengan sistem operasi tersebut para pengguna ( user ) dapa mengendali program secara aman dan nyaman.

Nah, setelah kita tau akan pengertian sistem operasi di atas selanjutnya mari kita bahas akan fungsi dasar sistem operasi untuk sebuah perangkat teknologi seperi komputer,laptop, gadget dan lain sebagainya.

Bagaimana Fungsi Dasar Sistem Operasi ( Operating System ).....?

Sistem komputer pada dasarnya memiliki 3 komponen dasar yaitu:

1. Hardware ( Perangkat Keras )

Hardware ( perangkat keras ) adalah sebuah perangkat keras yang membantu sistem operasi di dalam menjalankan sebuah program komputer, apabila sebuah komputer tidak terdapat sebuah perangkat keras ( hardware ) maka proses  menjalankan sebuah PC tidak akan berjalan.
Contoh perangkat keras yang membantu di dalam mengoperasikan sistem komputer yaitu mouse,keyboard,monitor, ketiga perangkat tersebut  merupakan sebuah perang keras yang membantu akan jalannya sistem komputer.

2. Software ( Perangkat Lunak )

Software ( Perangkat Lunak ) adalah sebuah  perangkat lunak yang terdapat pada sebuah  perangkat komputer yang di mana perangkat tersebut tidak bisa di sentu oleh pengguna ( user ) dengan adanya  perangkat lunak tersebut sebuah komputer bisa di jalankan dengan normal dan ketika sebuah komputer tidak terdapat perangkat lunak maka komputer tipdat dapat di gunakan sama halnya dengan sebuah perangkat keras ( hardware ).

Contoh perangkat lunak yang dapat membantu sistem komputer seperti sistem operasi,microsoft,corel draw,photoshop,dan lain-lainnya. semua perangkat lunak yang di sebutkan tersebut merupakan perangkat yang sangat penting di dalam menjalankan komputer.

3. Brainware ( Pengguna  )

Brainware ( Pengguna  ) adalah seseorang mengoperasikan sebuah  komputer,PC,laptop, untuk menjalankan sebuah program yang di bantu dengan sebuah perangkat keras dan perangkat lunak agar dapat menjalankan sistem komputer. pengguna ( user ) yaitu manusia.
Setelah kita tau akan ketiga komponen utama di atas selanjutnya kita bahas akan fungsi dari sebuah sistem operasi ( operating system ), fungsi dari sistem operasi  yaitu  untuk mengatur dan mengawasi  penggunaan perangkat keras oleh berbagai  perangkat lunak.

Sistem operasi juga berfungsi yaitu di ibaratkan pemerintah  dalam suatu negara, dalam  artian sistem operasi  membuat kondisi sebuah komputer agar dapat menjalankan sebuah program dengan benar. dan sistem operasi juga di sebut dengan Resource Allocator.

 Sasaran  Utama Sistem Operasi :

Sitem operasi juga memiliki sebuah sasaran utama yang sangat penting di dalam melayani terhadap para pengguna yaitu sebagai berikut :

1. Kenyamanan ( Membuat penggunaaan komputer lebih nyaman )

2. Efisian ( Penggunaan sumber daya sistem komputer secara efisien)

3. Mampu berefolusi ( sistem operasi  harus di bangun sehingga memungkinkan dan memudahkan pengembangan , pengujian serta pengajuan sistem-sistem yang benar )

Nah, itulah beberapa pembahasan tentang Pengertian Sistem Operasi,Fungsi Dasar, & Sasaran Sistem Operasi di atas semoga denga sedikit ilmu di atas dapat membantu kamu semua, semoga dengan artikel di atas bermanfaat dan jangan lupa untuk di share dan berkomentar salam Aulaku.Com



Share This Article :
Salmiyah

Seorang blogger perempuan yang suka menulis akan hal-hal yang baru.

Terimakasih anda sudah berkunjung dan jangan lupa share artikelnya
3673083153873386998