NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Inilah Cara Mengatasi Smartphone Lemot Ketika Beraktifitas Dengan Main Game

Cara Mengatasi Smartphone Lemot Ketika Main Game- di akhir tahun ini banyak sekali para gamers yang sudah mulai beralih memaikan game favoritnya di smartphone atau android ke perangkat laptop/komputer, ya seperti itulah fakta yang ada di karna ketika menggunakan sebuah smartphone ketika bermain game selalu mengalami masalah dengan namanya lag /lemot.

Banyak para gammers yang menyangka bahwa dengan menggunakan laptop/komputer ketika bermain game  sangatlah mudah dan tidak akan mengalami lag sedikitpun, ntah perlu kita ketahui  hal yang sangat kita sesali ketika bermain game  di laptop sangat susah di bawah kemana-mana lain halnya dengan sebuah smartphone yang sangat fleksibel.

Cara Mengatasi Smartphone Lemot Ketika Main Game


Hal yang banyak di takuti oleh para gamers yaitu tidak bisa memainkan game yang mempunyai grafik yang HD   di smartphone android apabila hal itu di paksakan untuk bermain game di android akan menyebabkan  android kita akan rusak.

Baiklan kali ini  saya akan memberikan tips agar supaya tidak mengalami lag/lemot ketika bermain game online di android atau smartphone  agar supaya membantu para  pecinta game sekalian.

Cara Mengatasi Smartphone Lemot Ketika  Main Game:

1. Bersihkan Cache Aplikasi


Cache merupakan sebuah data file yang sengaja dibuat untuk menyimpan data sementara di HP kalian. Cache ini berguna untuk mempercepat loading loading pada sebuah halaman atau untuk mempercepat transfer data pada sebuah aplikasi. Hampir semua aplikasi yang ada di HP kalian memiliki cache, namun terkadang terdapat aplikasi yang tidak bisa berjalan normal karena adanya cache lama. Oleh karena itulah kita harus menghapus cache lama tersebut. Berikut adalah tutorialnya:

  • Buka menu Settings / Setelan.
  • Kemudian masuk ke menu Aplikasi terinstall
  • Pilih aplikasi yang ingin kalian hapus cache nya.
  • Kemudian setelah itu silahkan kalian pilih Hapus data.
  • Pilih Hapus cache.


Ketika kalian sudah melakukan langkah di atas, maka kalian akan merasakan game tersebut akan menjadi lebih ringan. Meskipun data cache kalian ini terhapus, kalian tidak perlu khawatir karena data-data game kalian seperti data pribadi, preferensi, dan sebagainya tidak akan ikut hilang. Menghapus cache tidak mempengaruhi data dalalm game kalian, jadi tidak perlu khawatir.

2. Restart Game yang Dimainkan


Namun setelah kalian melakukan cara-cara di atas tadi dan HP kalian tetap lag untuk bermain game, maka kalia bisa coba merestart game yang kalian mainkan. Dengan merestart game tersebut, maka kalian akan meringankan beban HP ketika bermain game. Setelah kalian merestart game, diamkan HP selama kurang lebih 10 menit sampai keadaan HP normal dan tidak panas. Jika dirasa HP sudah tidak panas lagi maka kalian bisa memainkan game tersebut kembali.

3. Menghapus Aplikasi yang Tidak Digunakan


Banyak orang yang tidak peduli dengan apliaksi yang tidak digunakan pada HP mereka, padahal sebenarnya apliaksi yang tidak digunakan ini bisa memberatkan HP kalian ketika bermain game. Terlebih lagi aplikasi yang tidak digunakan tersebut memiliki ukuran yang besar, tentunya akan semakin memberatkan HP kalian. Jadi jika terdapat aplikasi yang memang tidak digunakan sebaiknya dihapus saja. Berikut ini adalah cara menghapus aplikasi yang tidak digunakan di HP Android:

  • Silahkan kalian masuk ke menu Settings / Setelan.
  • Buka menu Settings / Setelan.
  • Kemudian masuk ke menu Aplikasi terinstall
  • Pilih aplikasi yang ingin kalian hapus atau uninstall.
  • Setelah itu silahkan kalian pilih Uninstall / Hapus Installasi.

4. Menutup Aplikasi yang Sedang Aktif



Penyebab lain yang mengakibatkan game kalian lemot ketika dimainkan adalah karena ada aplikasi lain yang sedang aktif selain game yang kalian mainkan, terlebih lagi bukan cuma satu yang aktif, banyak aplikasi yang aktif. Hal ini akan mengakibatkan game yang kalian mainkan menjadi lemot karena HP kalian menanggung beban yang berlipat.

Bukan cuma RAM kalian yang akan termakan oleh aplikasi-aplikasi tersebut, baterai HP kalian juga akan menjadi lebih cepat habis dari biasanya. Oleh karena itu disarankan untuk tidak membuka banyak aplikasi sekaligus, apalagi ketika kalian sedang bermain game. Ketika mau bermain game, alangkah baiknya menutup aplikasi lain yang sedang aktif supaya ketika bermain game tidak lomot dan lag.

Itulah  cara yang perlu anda lakukan agar supaya tidak mengalami lag/lemot ketika bermain game di smartphone , semoga dengan artikel di atas bermanfaat bagi anda jangan lupa untuk share artikel ini dengan tekan tombol share di bawah ini.


Share This Article :
Moh. Shahibul 'Ulum

Saya seorang orang yang suka membaca, menulis, dan melakukan hal yang berkaitan dengan Dunia Teknologi. serta khususnya Search Engine Optimization.

Terimakasih anda sudah berkunjung dan jangan lupa share artikelnya
3673083153873386998