NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Uploud Data Siswa Kelas 6, 9, dan 12 Di Website PDUN, BIOUN dan UNBK Ujian Nasional Tahun Ajaran 2019 - 2020

Cara Uploud Data Siswa Di Website PDUN, BIOUN dan UNBK Ujian Nasional Tahun Ajaran 2019 - 2020 - Pelaksanaan Ujian Simulasi Tahap 2 ( Gladi Bersih ) akan dilaksanakan pada bulan Februari, Untuk itu para Operator alias proktor atau Teknisi Ujian Nasional Tahun Ajaran 2019 / 2020 harus segera memasukkan data siswanya sebelum semua website ditutup kembali.

Simulasi 1 atau biasa kita sebut dengan Simulasi Tahap 1 ( Pertama ) sudah dilaksanakan pada bulan November 2019 kemaren yang mana semua jenjang baik itu MI/SD, SMP/MTS, SMA/MA, dan SMK sudah melaksanakan semuanya dan alhamdulillah mesti ada beberapa kendala teknis semua pelaksanaan Ujian Simulasi 1 berjalan dengan lancar.

Simulasi  2 atau yang di sebut dengan simulasi tahap 2 juga akan dilaksanakan sebentar lagi yang mana semua jenjang sekolah harus segera memasukkan data siswanya baik itu melalui website PDUN, BIOUN, dan UNBK.

Dibawah ini beberapa website yang sangat penting untuk anda cek setiap saat supaya data siswa anda tidak ada yang salah, Website tersebut diantaranya :
  1. PDUN  yang mana anda bisa akses di website resminya : http://pdun.data.kemdikbud.go.id/
  2. BIOUN  silahkan kunjungi situs : https://bioun.kemdikbud.go.id/
  3. UNBK : https://unbk.kemdikbud.go.id/
Nah, ketiga website tersebut sangat penting sekali untuk anda kelola yang mana untuk memasukkan data siswa kelas 6, 9 dan 12 anda perlu paham terlebih dahulu mana yang harus di akses pertama kali.

Dibawah ini saya akan memberikan beberapa contoh cara memasukkan data siswa kelas 6, 9, dan 12 supaya bisa masuk dan mengikuti ujian nasional simulasi 2.

Tahap Pertama

Untuk memulai pertama kali dalam memasukkan data siswa kelas 6, 9, dan 12 anda perlu masuk ke website PDUN ( http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ ) yang mana anda bisa ikuti tutorial dibawah ini :

Cara Memasukkan data siswa di Website PDUN dan Mendownload File DZ

1. Silahkan anda masuk ke website http://pdun.data.kemdikbud.go.id/
Anda bisa masukkan username dan pasword terlebih dahulu yag mana username dan paswordnya bisa anda minta ke pihak Operator Dapodik di sekolah masing-masing, setelah anda menerima username dan paswordnya silahkan klik bagian menu LOG IN

2. Maka akan muncul beranda yang mana isinya tentang data diri operator dapodik di tempat anda bekerja.
 3. Silahkan klik pada bagian menu Calon Peserta UN


4. Maka tampil semua data siswa yang sudah ada di dapodik pastikan semua data di dapodik benar terutama nama siswa, orang tua, tempat tanggal lahir, dan nomor peserta Ujian sebelumnya.
 5. Setelah data siswa sudah dianggap sudah benar semua, maka anda bisa klik pada bagian Unduh file calon peserta UN tujuannya supaya nanti kita dapat file Dz yang mana file ini dimasukkan ke website BIOUN
 6. Dibawah ini hasil download dan file Dz sudah kita dapatkan
 7. Untuk menampilkan bisa anda tampilkan dalam folder
 8. File Dz sudah bisa dimasukkan di website BIOUN

Nah, setelah selesai didownload file Dz-nya sekarang ini langsung buka website BIOUN.


Cara Memasukkan data siswa dan File Dz di Website BIOUN

Untuk memasukkan data siswa di website BIOUN maka yang harus anda lakukan yaitu silahkan mengikuti beberapa tahap dibawah ini :

1. Silahkan kunjungi situs resminya di : https://bioun.kemdikbud.go.id/
 2. Setelah ini anda bisa masuk ke website sesuai dengan sekolah tempat anda bekerja. contoh karena saya bekerja di SMK maka saya akan klik dibagian SMK

3. Silahkan masukkan Username dan Passwordnya, Username dan password sama dengan kode sekolah setelah anda masukkan username dan password silahkan jawab pertanyaan lalu klik login

4. Klik Biodata Siswa dan klik pada bagian Biodata UN
 5. Karena data siswa sudah saya masukkan jadi saya tidak bisa lagi memasukkannya, nah, dibagian ini ada nama uploud data siswa. Silahkan anda masukkan data siswa yang ber extension Dz. Setelah selesai pastinya akan muncul seperti gambar dibawah ini dan data siswa muncul.

Selesai sudah tugas PDUN dan BIOUN, setelah kedua website ini diselesaikan langsung anda bisa masuk ke website UNBK, tapi disini saya tidak mau membahasnya karena lagi capek, besok saya akan bahas semua mengenai cara Uploud data siswa ke website Bioun, atur server dan sesi, atur jadwal, dll.

Sekian artikel mengenai Cara Uploud Data Siswa Kelas 6, 9, dan 12 Di Website PDUN, BIOUN dan UNBK Ujian Nasional Tahun Ajaran 2019 - 2020 semoga bermanfaat.
Share Artikel Ini:
Sulaimi

Seorang guru honorer SMK di Pulau Bawean yang ingin membagikan sedikit ilmu yang dimiliki

3673083153873386998
.....KLIK 1X (CLOSE).....