NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Tracking Mencari Sinyal Parabola Nusantara 2 (Dua) LNB C-Band Setelah Palapa D 113.0°E Diganti

Cara Tracking Mencari Sinyal Parabola Nusantara Dua LNB C-Band Setelah Palapa D 113.0°E Diganti - Dunia persatelitan pada bulan mei 2020 akan menambah satu nama satelit baru yaitu Satelit Nusantara 2 yang mana Satelit ini akan menggantikan Satelit Palapa D sebagai gantinya. Nah, bagaimana sih caranya untuk mencari sinyal atau mentracking Nusantara Dua supaya bisa dapat siaran televisi.


Satelit Palapa D akan digantikan oleh Nusantara 2 karena Palapa D sudah terlalu tua untuk menjadi bagian dalam melayani masyarakat Indonesia dalam hal dunia Internet dan Parabola Digital. Dengan munculnya Nusantara 2 maka ada 2 satelit yang sudah tergeser yaitu Telkom 1 dan Palapa D.

Telkom 1 pada waktu itu tanpa ada kabar sudah hilang kontak dan tidak bisa dicari lagi dalam cakupan area 108 derajat bujur timur, sampai saat ini entah apa sudah meledak atau di sadap negara luar atau kemana pokoknya sudah tidak ada lagi kabarnya. Maka dari itu Satelit Telkom 1 langsung digantikan oleh Telkom 3S untuk sementara, setelah Telkom 4 atau yang biasa dinamakan Satelit Telkom Merah Putih sampai saat ini satelit tersebut yang menggantikan Telkom 1.
Palapa D tidak seperti yang dialami oleh Telkom 1, Palapa D diganti disebabkan Satelit ini sudah tua dan untuk teknologinya sudah tergolong sudah expired dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, maka dengan ini Indosat.Tbk meluncurkan Satelit Nusantara 2 yang akan menggantinya nanti.

Jarak Bujur Satelit Nusantara 2 sama dengan Satelit Palapa D yang mana menempati posisi di 113.0°E, maka dari itu anda sebagai pemilik parabola jaring harus siap-siap pada waktu dibulan mei 2020 mencari sinyal kembali atau lacak kembali supaya bisa menonton semua siaran televisi yang ada di Palapa D.

CARA TRACKING SATELIT NUSANTARA 2 LNB  C-BAND

Untuk mencari atau mentracking Satelit Nusantara 2 kita harus tau dari posisi satelit tersebut, untuk bujur dari Nusantara 2 sama dengan satelit Palapa D yang mana 113.0°E, Setelah anda mengetahuinya pastikan anda tau arah tersebut.
Untuk saat ini 113.0°E sama dengan Palapa D maka dari itu anda bisa menggunakan cara yang sama yaitu arah parabola condong ke atas agak miring ke timur.

Cara Tracking Satelit Palapa D 113.0°E


Tutorial Video diatas bisa anda pelajari untuk mentracking Palapa D, kenapa saya beri tutorial tracking dari Satelit Palapa D, karena nantinya Nusantara 2 akan menempati orbit yang sama dengan Satelit Palapa D di posisi 113.0°E.

CARA MENCARI SINYAL SATELIT NUSANTARA 2 ( DUA ) ANTENA PARABOLA C-BAND

Untuk mencari siaran Televisi dari Nusantara 2 ini anda harus tau dulu jenis dari Receiver yang anda gunakan, saat ini yang terkenal adalah Receiver Gardiner G-88HD Ottimo, K-Vision ( Bromo dan Cartenz ) dan juga Nex Parabola Dangdut dan Liga.

Jika anda sudah mengetahui dari jenis receiver maka saatnya anda bisa mencari di Youtube seperti dibawah ini :

Cara Mencari Siaran dan seting ulang Receiver Gardiner G-88HD Ottimo


Cara Mencari Siaran dan seting ulang Receiver K-Vision Bromo dan Cartenz


Cara Mencari Siaran dan seting ulang Receiver Nex Parabola


Nah, diatas bisa anda jadikan pedoman supaya anda bisa mencari siaran dan mengacak ulang siaran dari satelit nusantara 2.

Baca Juga: Receiver Gardiner Ottimo G-88HD dan Nex Parabola Bisa Menayangkan Liga Champion dan Liga Shopee

NB. Hal ini saya buat tutorialnya supaya nanti di pas bulan mei 2020 jika memang benar semua channel akan pindah ke Satelit Parabola Nusantara Dua 2 maka anda sudah tidak akan capek dan gaptek lagi untuk mencari siaran tersebut.

Sekian mengenai artikel Cara Tracking Mencari Sinyal Parabola Nusantara 2 (Dua) LNB C-Band Setelah Palapa D 113.0°E Diganti, semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang mohon maaf, karena kami tidak bermaksud untuk menggurui, kami hanya berbagi pengalaman yang sudah di uji coba dilapangan. terima kasih.
Share Artikel Ini:
Moh. Shahibul 'Ulum

Saya seorang orang yang suka membaca, menulis, dan melakukan hal yang berkaitan dengan Dunia Teknologi. serta khususnya Search Engine Optimization.

3673083153873386998
.....KLIK 1X (CLOSE).....