-->
NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

7 Cara Agar Tidak Salah Memilih Jurusan Kuliah Di PTN atau PTS

7 Cara Agar Tidak Salah Memilih Jurusan Kuliah Di PTN atau PTS - Kuliah itu sangat penting bagi setiap siswa karena di bangku perkuliahan  banyak ilmu yang dapat di pelajari. Sekarang ini semua siswa XII SMA sedang fokus terhadap UNBK yang akan dihadapi, tapi disisi lain para siswa merasa kebingungan dalam memilih jurusan kuliah yang akan di tempuh setelah lulus dari SMA.

cara-agar-tidak-salah-memilih-jurusan


Di Indonesia sendiri banyak perguruan tinggi baik PTN atau PTS yang membuka program S1 dengan jurusan yang bermacam-macam. Hal ini nanti yang akan membuat para calon mahasiswa kebingungan dalam memilih jurusan, dan tidak sedikit dari mahasiswa yang kuliahnya setengah hati karena salah ambil jurusan.tapi buat kalian yang merasa bingung dalam memilih jurusan jangan khawatir karena saya akan memaparkan cara memilih jurusan sesuai dengan kebutuhan kalian.

Berikut ini cara menentukan pilihan jurusan kuliah:

1.  Lihatlah potensi didalam diri

Langkah pertama yang harus kita lakukan sebelum memilih jurusan untuk kuliah adalah kita harus melihat terlebih dahulu potensi yang terdapat didalam tubuh kita, usahakanlah pilihan kalian sesuai dengan potensi yang kalian miliki.
Misalnya kalian mempunyai kamempuan dalam matematika dan fisika, jadi jurusan yang harus diambil kalian adalah jurusan fisika, matematika, atau teknik.

2. Ketahui passion yang dimiliki

Apa kalian tahu apa yang dimaksud dengan passion? Passion merupakan hasrat atau keinginan yang tinggi, nah kalian jangan sampai memilih jurusan yang sesuai dengan keinginan atau hasrat, tanpa dibarengi dengan kompetensi atau potensi diri yang kita miliki.

3. Sesuaikan biaya kuliah

Dalam memilih jurusan kuliah kalian harus sesuai dengan dana yang dimiliki jangan sampai ketika kuliah ditengah perjalanan terjadi kendala dana kuliah, karena itu akan menggangu keberlangsungan kuliahmu, tapi kalian jangan mider dengan hal ini sebab jika kalian dewasa pasti ada penyelesaian dengan hal ini, usahakan kalian mencari jalur beasiswa atau kalian bisa mendaftarkan diri ke kampus dengan melalui jalur SNMPTN atau SBMPTN ini khusus kalian yang akan mendaftarkan diri di Perguruan Tinggi Negri (PTN).

4. Lihat peluang kerja

dalam memilih jurusan kuliah kalian harus melihat terlebih dahulu peluang kerja kedepannya, apakah jurusan kuliah yang kalian pilih apakah dibutuhkan oleh di dunia pekerjaan atau tidak. jurusan yang banyak peminantnya belum tentu dibutuhkan didunia kerja kedepannya, bisa jadi jurusan yang tidak banyak peminatnya yang akan mempunyai kesempatan untuk mendapatkan kerja lebih cepat.

5. Tidak ikut teman



dalam memilih jurusan jangan sampai mengikuti teman atau yang lagi populer dieranya, karena kalau tidak sesuai dengan potensi dan kemauan kalian akibatnya akan fatal, bisa jadi nanti kalian berhenti ditengah perjalanan kuliah.

6. Berdiskusi dengan orang yang pengalaman dibidangnya


sebelum kita menentukan pilahan jurusan yang akan kita ambil, alangkah lebih baiknya kalian berdiskusi dengan orang yang ahli di bidang perkuliahan, paliang tidak kalian bisa berdiskusi dengan guru, orang tua kalian, atau dengan orang yang sedang menempuh kuliah yang dianggap kalian dewasa. hal ini akan menambah wawasan kalian tentang dunia perkuliahan yang akan kalian jalani kedepannya.

7. Adakan riset

Sebagai calon mahasiswa yang melek informasi pastinya kalian tidak akan buta dengan informasi, apalagi informasi tersebut berkaitan dengan kelanjutan jenjang pendidikan yang akan kalian tempuh, kalian harus menggali informasi sebanyak - banyaknya terkait dengan kampus yang akan kalian masuki, kalian harus tahu terkait dengan akreditasi jurusan yang kalian pilih.

tetap semangat para pejuang pendidikan untuk mengejar cita - cita kalian.
"tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, asalkan kita mau berusaha dan berdoa pasti ada jalan keluarnya"

Semoga dengan artikel yang telah saya bahas seputar cara agar tidah salah memilih jurusan kuliah di PTN atau PTS bermanfaat dan menjadi solusi kamu untuk memilih jurusan yang di minati dan sesuai dengan minat serta bakat.


Share This Article :
3673083153873386998
.....KLIK 2X (CLOSE).....