NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Juknis PIP 2020 Petunjuk Teknis Program Indonesia Pintar Tahun 2020 Kemenag MI MTs dan MA

Juknis PIP 2020 yang merupakan singkatan dari Petunjuk Teknis Program Indonesia Pintar Tahun 2020 dimaksudkan untuk panduan bagi pihak pusat maupun daerah yang ditunjuk untuk menyalurkan Bantuan Sosial Dana PIP 2020 untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara benar dan terarah.

Juknis Program Indonesia Pintar ( PIP ) 2020 mempunyai tujuan untuk meningkatkan akuntabilitas dan Transparansi dalam penyaluran dana bantuan untuk siswa miskin atau yatim dan piatu dalam naungan Kemenag Madrasah tahun anggaran 2020. Juknis PIP 2020 ini juga bertujuan untuk memperlancar proses pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP) untuk siswa Madrasah supaya lebih tepat prosedur, tepat waktu dan tepat sasaran.

Petunjuk Teknis Program Indonesia Pintar PIP Tahun 2020 dilaksanakan oleh :
  1. Direktorat kurikulum
  2. Sarana kelembagaan dan kesiswaan madrasah Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI yang melibatkan :
  • Kantor Wilayah,
  • Kementrian Agama Provinsi
  • Kantor Kementrian Agama Kabupaten/Kota
  • Madrasah
  • Lembaga Penyalur dan
  • Instansi terkait lainnya.


Tujuan Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun 2020


  • Meningkatkan angka partisipasi pendidikan Dasar dan Menengah.
  • Meningkatkan angka keberlanjutan Pendidikan yang di tandai dengan menurunnya angka putus sekolah dan angka melanjutkan.
  • Menurunnya kesenjangan partisipasi Pendidikan antar kelompok masyarakat, terutama antara penduduk kaya dan penduduk miskin, antara penduduk laki-laki dan penduduk perempuan, antara wilayah perkotaan dan pedesaan dan antar Daerah.
  • Meningkatkan kesiapan siswa pendidikan menengah untuk memasuki pasar kerja atau melanjutkan kejenjang Pendidikan Tinggi.


Kuota dan Alokasi Anggaran Program Indonesia Pintar (PIP)

Berbicara mengenai Kuota dan alokasi anggaran bantuan sosial Program Indonesia Pintar (PIP) sebagaimana tercantum dalam DIPA Direktorat Jendral Pendidikan Islam Tahun Anggaran 2020 adalah sebagai berikut :


  1. PIP Jenjang MI Tahun 2020 dengan besar kuota siswa 939.607 dengan nilai bantuan Rp. 450.000 persiswa pertahun
  2. PIP Jenjang MTs Tahun 2020 dengan besar kuota siswa 745.086 dengan nilai bantuan Rp. 750.000 pertahun
  3. PIP Jenjang MA Tahun 2020 dengan besar kuota siswa 320.372 dengan nilai bantuan Rp. 1.000.000 pertahun


Bentuk Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun 2020

Bantuan Program Indonesi Pintar Tahun Anggaran 2020 berupa uang yang disalurkan secara non tunai oleh Bank penyalur melalui rekening penerima sesuai dengan ketentuan peraturan perundang - undangan dan penerima bantuan akan mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang terintegrasi dengan Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Persyaratan Penerima Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun 2020

Bantuan Program Indonesi Pintar (PIP) bagi siswa Madrasah Tahun Anggaran 2020 perioritas utama diberikan kepada siswa Madrasah yang memenuhi kriteria sebagai berikut : 

  • Siswa Madrasah (MI, MTs, MA) yang terpadan dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang ditetapkan oleh Kementerian Sosial yang berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH) dan atau penerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).
  • Siswa Madrasah yang berdomisili di Provinsi Papua dan Papua Barat yang dianggap miskin yang dibuktikan dengan kepemilikan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kepala Desa / Kelurahan / Kepala Madrasah tetapi belum masuk dalam Basis Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

Download Juknis Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun 2020 dapat Di Download Disini

Nah, dengan adanya Juknis PIP ini nantinya semua akan tepat sasaran dalam penyalurannya. Sekian mengenai artikel Juknis PIP 2020 Petunjuk Teknis Program Indonesia Pintar Tahun 2020 Kemenag MI MTs dan MA Semoga bermanfaat.
Share This Article :
Moh. Shahibul 'Ulum

Seseorang yang paham dengan dunia teknologi,parabola,pendidikan,operator, media sosial,paket internet. dan parabola sesuai dengan skill yang di miliki.

3673083153873386998
.....KLIK 2X (CLOSE).....