NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Hoaxs Imbauan MUI Puasa 7 Hari Ramadhan 1441 H / 2020 M

Fakta atau Hoaks Imbauan Puasa 7 Hari di Bulan Ramadhan Oleh MUI-Mengenai kabar berita tentang imabuan MUI bahwa puasa tahun ini hanya dilakukan selama 7 hari, dikarenakan wabah virus covid-19 yang sudah menjadi jadi. Kabar berita ini sudah menyebra di seluruh akun sosial media, dan sudah diteruskan berkali kali. Berita ini bermula dari Akun Facebook Banjar shitposting pada 20 april 2020 lalu.

Kemudia berita ini disebarluaskan oleh para pengguna akun facebook bahkan diteruskan di akun whatsapp. Akun Facebook  Banjar shitposting Mengunggah gambar tangkapan layar berisi imbauan puasa selama 7 hari itu.

Berikut isinya :

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Telah beredar informasi A1 artinya "valid", bukan "hoaxs"  dari departemen resmi yang terkait wabah corona dan telah diterima dengan dalil dalil aqli maupun naqli  oleh majelils ulama' dunia  berkaitan dengan pelaksanaan puasa di bulan ramadhan  di Bulan Ramadhan kali ini.

Bahwa dikarenakan adanya wabah virus corona, maka puasa ramadhan yang akan dimulai bulan april ini, telah disepakati hanya dapat dilaksanakan selama 7 (tuju) hari saja.


Konten yang diunggah akun Facebook Banjar shitposting yang telah 23 kali dibagikan dan mendapat 115 komenar warganet.
Belum lagi yang disebarkan oleh warganet lainnya, baik di Facebook maupun di WhatsApp.

PENELUSURAN FAKTA


Menelusuri kabar ini, Liputan 6 Mencari fakta akan imbauan puasa 7 hari ini, terkait karena adanya wabah virus covid-19 tahun ini.

Penelusuran dilakukan dengan mengkonfirmasi kabar tersebut ke wakil sekjen majelis ulama' indonesia (MUI), Amirsyah Tambunan.

Amirsyah mengatakan bahwa imbauan puasa selama 7 hari saja pada bulan ramadhan tahun ini karena virus corona Covid-19 adalah menyesatkan.

"Kalau disebut masa covid-19 puasanya 7 hari, itu informasi menyesatkan," Kata Amirsyah kepada tim Liputan 6, Selasa (21/4/2020).

Menurut Amirsyah, kewajiban berpuasa bagi umat muslim sudah diatur dalam Al-Qur'an yakni di surat Al-Baqarah ayat 183. Amirsyah menjelaskan bahwa puasa wajib bagi umat islam yang beriman, baik laki laki maupun perempuan yng mempuanyai akal sehat baik jasmani maupun rohani juga.

"Ketika ada wabah, misalnya Covid-19 ini, tidak bisa syaratnya akan gugur begitu saja. karena dia tadi sudah punya berakal sehat lahir  batin, dia tidak terkena Covid. Kalau sakit, dia wajib di qhada(diganti). Kalau sakitnya akut dan bukan orang uzur maka dia wajib membayar fidiah (denda)," tutur Amirsyah.

Berdasarkan penelusuran lebih lanjut, tidak ada satu lembaga pemerintah maupun institusi muslim di luar indonesia yang menyarankan cukup puasa 7 hari saja di bulan ramadhan tahun ini Karena adanya wabah Covid-19.

Kesimpulan



Kabar tentang imbauan MUI tentang puasa selama 7 hari saja di bulan ramadhan tahuni, HOAXS. Tidak ada berita atau imbauan kepada warga negara muslim bahwa majelis muslin diseluruh dunia untuk puasa selama 7 hari saja. Majelis Ulama' Indoesia menyatakan berita imbauan itu HOAXS.
Share This Article :
Nuzulur Rahman

Saya adalah orang yang sangat suka dengan hal hal yang baru Suka travelling dan tempat tempat bersejarah.

3673083153873386998
.....KLIK 2X (CLOSE).....