NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

2020 Keistimewaan Bulan Ramadhan 1441 H / 2020 M

Keistimewaan Bulan Ramadhan-Ramadhan adalah bulan yang sangat banyak keistimewaannya baik itu dari segi waktu, ibadah, dan juga apayang akan diperoleh jika kita melakukan suatu hal didalamnya. Bulan ini merupakan  bulan umat nabi Muhammad SAW. Bulan suci, bulan yang penuh dengan keberkahan, serta penuh dengan rahmat dan ampunan.



Kita sebagai umat islam pasti akan betul betul menyerahkan seluruh jiwa dan raga kita untuk mendapat rahmat dari Allah swt. Tidak akan terlewatkan sedikitpun untuk ketinggalan beribadah baik itu didalam maupun itu diluar.

"Terdapat Banyak keistimewaan didalam bulan ini, yang mencakup Rahmat, Keberkahan, dan Ampunan didalamnya."

Didalam Bulan Ramadhan terdapat banyak keistimewaan, sepatuttnya sebagai umat islam yang memiliki hak dalam bulan ini, mengetahui apa keistimewaan yang terdapat didalamnya.
dari sekian banyak keistimewaan bulan ramadhan, di artikel kali ini saya akan memberi 6 keistimewaan yang terkandung didalam bulan ramadhan.

Keistimewaan-Keistimewaan Bulan Ramadhan 


1. Bulan Penuh Berkah
      Ramadhan bulan penuh berkah, pintu-pintu surga terbuka, pintu-pintu neraka tertutup dan syetan dibelenggu. Pada bulan ini terdapat satu malam yang sangat dinanti, malam yang lebih baik daripada seribu bulan. yaitu Malam Lailatul Qodar. Rasulullah SAW bersabda :
Artinya "Telah datang Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian semuanya untuk berpuasa pada bula itu, saat itu pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup, seluruh syetan diikat dan pada bulan itu terdapat malam yang lebih baik daripada seribu bulan." (HR.Ahmad)

2. Penghuni Neraka Terbebas Dari Siksa
     Allah swt membebaskan seluruh penghuni neraka daripada hukuman yang mereka tanggung setiap malam bulan Ramadhan, Rasulullah SAW bersabda:
Artinya "Jika awal Ramadhan tiba, maka syetan-syetan dan jin dibelenggu, pintu neraa ditutup. Tidak ada satupun pintu yang dibuka. sedangkan pintu surga dibuka seluas-luas nya, dan tidak ada satupun pintu yang ditutup. Lalu ada seruan (Pada Bulan Ramadhan) ; Wahai orang yang menginginkan kebaikan, datanglah. Wahai orang menginginkan kejahatan tahanlah dirimu.Pada setiap malam, Allah swt memiliki orang yang dibebaskan dari api neraka." (HR.Tirmidzi)

3. Umrah = Haji
      Orang yang melakukan ibadah umrah pada saat bulan ramadhan maka pahalanya sama dengan orang yanng beribadah haji. Rasul bersabda :
"Sesungguhnya umrah dibulan Ramadhan sema dengan pahal haji" (HR. Bukhori)

4. Pemberi Syafaat
     Puasa dan Al-Qur'an yang dibaca pada malam bulan Ramadhan akan memberi syaaft kepada kita kelak di hari kiamat. Seperti Sabda Nabi :
"Puasa dan Al-Qur'an akan memberikan syafaat pada seorang hamba pada hari kiamat kelak. Puasa Akan Berkata : 'Duhai Rabb, Aku mencegahnya dari makanan dan syahwat di siang hari, maka izinkan aku memberikan syafaat kepadanya' Al-Qur'an Berkata : 'Aku mencegahnya tidur dimalam hari, maka izinkanlah aku memberikan syafaat kepadanya'." 
Rasulullah Berkata :"Maka keduanya diberi izin untuk memberi syafaat" (HR.Ahmad)

5. Doa Paling Mustajab
     Doa orang yang beruasa sangat berpotensi untuk istijabah oleh Allah swt. Rasullah SAW bersabda: "Ada tiga macam doa yang mustajab, yaitu doa orang yang berpuasa, Musafir, dan Orang yang teraniaya." (HR.Al-Baihaqi)

6. Pelebur Dosa
     Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah serta rahmat Allah swt. Jga didalamnya terdapat Ampunan Allah bagi hamba-hambanya yang bersungguh sungguh taat padanya. Rasulullah bersabda: Artinya "Jarak antara sholat lima waktu, Shalat jumat dengan jumat berikutnya. Dan Puasa Ramadhan dengan Rmadhan berikutnya. Merupakan penebus dosa yyang diantarannya, apabila tidak melakukan maka dosa besar. (HR.Muslim)


Itulah beberapa keistimewaan yang terdapat pada bulan ramadhan, semoga kita dapat mengamalkannnya dan mendapat hidayah serta rahmat Allah swt.
Share This Article :
Nuzulur Rahman

Saya adalah orang yang sangat suka dengan hal hal yang baru Suka travelling dan tempat tempat bersejarah. Instagram : nuzulrhmn_ Jangan Lupa Difollow

3673083153873386998
.....KLIK 2X (CLOSE).....