NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Ruang Penyimpanan HP Hampir Penuh ? Yuk Simak 4 Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan HP Hampir Penuh-Para pengguna HP terkadang tanpa sadar memori internalnya penuh, padahal file tidak terlalu banyak. 

Memori HP penuh karena ada beberapa faktor seperti file Cache yang jarang dibersihkan, file-file seperti video, dokumen, tanpa sadar foto terunduh secara otomatis atau terlalu banyak menginstal aplikasi.


Untuk Mengatasi Penyimpanan HP yang Hampir Penuh :

1. Hapus Cache Aplikasi


Cache merupakan sampah yang tersimpan ketika menggunakan aplikasi. Jadi ketika suatu aplikasi dibuka, nanti aplikasi tersebut akan menyimpan data-data tertentu. Inilah yang disebut dengan cache.

File cache yang kebanyakan size-nya cukup besar. Bisa sampai ratusan MB untuk satu aplikasi. Terlebih lagi file cache tidak terlihat di memori internal, sehingga susah untuk menghapusnya.

Untuk mengatasinya ikuti langkah-langkah berikut :

Caranya adalah buka 'Setting' lalu pilih 'Penyimpanan'. Pilih lah 'Data Dalam Cache'. Klik itu dan sampah yang ada otomatis terhapus.

Bisa juga masuk buka 'Setting' pilih menu 'Aplikasi', lanjut pilih aplikasi apa yang size-nya besar, Ketuk hapus 'Cache'.

2. Gunakan Aplikasi Pembersih Cache

Aplikasi cleaner ini berfungsi untuk mengoptimalisasi smartphone, baik itu dari segi performa maupun penggunaan data, termasuk penghapusan cache. 

Menggunakan aplikasi penghapusan cache bisa dilakukan secara otomatis tidak manual lagi. Install aplikasi pembersih Cache di Playstore atau App Store. Memakai aplikasi memang lebih praktis dan sangat menghemat waktu.

3. Cek Data Aplikasi Perpesanan


Di aplikasi perpesanan tanpa sadar kita pernah menyimpan file (foto, video, dokumen, dan yang lainnya) tanpa sengaja atau secara otomatis terunduh sehingga tidak disadari keberadaannya.

Lama kelamaan, file seperti itu akan semakin menumpuk, dan size-pun akan semakin besar. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memeriksa data-data aplikasi perpesanan di HPanda melalui file manager.

Buka file manager, masuk ke folder aplikasi yang mau dihapus, hapus file–file yang sekiranya tidak dibutuhkan.

4. Reset HP


HP yang berumur lama biasanya junk file-nya sudah sangat menumpuk. Sulit untuk menghapus secara manual atau menggunakan aplikasi pembersih.

Reset HP akan menghapus semua data internal, dijamin memori internal sepeti pertama beli HP. Namun, sebelum me-reset jangan lupa untuk backup data-data yang sekiranya penting.

Caranya:

Pengguna Andorid, buka 'Setting' , ketuk 'cadangan dan reset' , ketuk 'kembalikan ke setelan pabrik' dan ikuti prosesnya, selanjutnya file akan terhapus. 


Pengguna iPhone, buka 'setting' , pilih menu 'General' , klik menu 'Reset', pilih tulisan 'Erase All Content and Settings'. 


Sumber : ringtimesbanyuwangi.com 


Share This Article :
Nuzulur Rahman

Saya adalah orang yang sangat suka dengan hal hal yang baru Suka travelling dan tempat tempat bersejarah.

3673083153873386998
.....KLIK 2X (CLOSE).....