NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

{Terbaru} 3 Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Di Laptop Mudah Banget

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Di Laptop- Bad sector pada hard drive ini akan membuat Anda khawatir karena bad sector ini akan membuat ruang hard disk rusak. Dan akibatnya sektor ini tidak akan menanggapi permintaan dari pengguna.

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Di Laptop


Jenis kerusakan pada bad sector adalah hard disk yang rusak karena kerusakan fisik seperti hard disk yang jatuh dan hard disk yang rusak karena perangkat lunak. Untuk hard disk yang rusak karena fisiknya tidak dapat diperbaiki, sementara yang rusak karena perangkat lunaknya bisa diperbaiki.

Bad sector dapat terjadi dalam 2 jenis hard drive yaitu SSD (Solid State Drive) dan magnetic hard drive (hard drive komputer lama). Untuk mengatasinya Anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, kemudian mempelajari cara mudah untuk memperbaikinya.

Ada 2 jenis hard drive bad sector, yaitu:
  • Hard bad sector
  • Soft bad sector
Mari kita bahas satu per satu dari jenis hard disk sektor keras ini.

1. Bad bad sector (fisik)


Hard bad sector adalah penyimpanan yang rusak pada hard drive yang disebabkan oleh dampak fisik dari luar. Misalnya, hard disk terjatuh dan komponen di dalamnya rusak, hard drive terkena debu dan merusak sektor hard disk, memori flash cair telah mengering, menyebabkan sektor buruk dan hal-hal lain.

Jenis kerusakan fisik ini dapat dilihat secara langsung oleh mata, apa yang menyebabkannya. Jika sektor buruk ini terjadi, hard drive tidak dapat lagi diperbaiki.

2. Soft bad sector (software)


Soft bad sector adalah penyimpanan hard disk yang kinerjanya terganggu atau error. Soft bad sector ini terjadi karena sistem operasi yang membaca data pada hard disk di sektor lain. Ini ditunjukkan oleh keberadaan ECC (Kode Koreksi Kesalahan) yang tidak kompatibel dengan konten, menyebabkan sektor ini menunjukkan sesuatu yang salah.

Sistem operasi akan membacanya sebagai sektor yang buruk, tetapi untungnya kerusakan ini dapat diperbaiki dengan mudah dan cepat. Anda dapat menggunakan Alat Pemeriksaan Disk Windows untuk memperbaiki sektor buruk lunak ini.

Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kerusakan pada hard disk atau bad sector. Ada dua jenis bad sector pada hard disk, yaitu fisik dan perangkat lunak. Biasanya, secara fisik terjadi karena hard drive terkena debu, kotoran, kepanasan, jatuh atau lainnya. Meski begitu, kondisi kerusakan tidak bisa diperbaiki.

Sebaliknya dalam perangkat lunak, hard disk mengalami kondisi sektor yang buruk jika ada kerusakan selama operasi komputer, seperti ancaman virus. Kondisi kerusakan ini masih memungkinkan untuk diperbaiki.

Sebelum membuat perbaikan pada hard disk sektor buruk, kita harus terlebih dahulu memeriksa kondisi hard disk. Di sistem operasi Windows, untuk memeriksa kondisi hard drive melalui Disk Check Tool atau chkdsk. Lebih jelasnya, lihat ulasan tentang cara memperbaiki hard disk sektor buruk dengan Disk Check Tool.

1. Buka Windows Explorer atau Tekan Windows + E pada keyboard.

2. Klik kanan pada disk yang akan di cek, kemudian pilih Properties. Disini saya memilih Disk C:. Lalu, pilih tab Tool.

3. Setelah itu, klik Check Now pada bagian Error Checking.

4. Sebuah kotak dialog kecil akan muncul dengan dua opsi yang harus Anda pilih. Ceklis kedua opsi tersebut jika Anda ingin mengecek dan memperbaiki bad sector secara keseluruhan. Namun jika Anda ingin mengeceknya saja, maka cukup ceklis opsi yang pertama.

5. Klik tombol Start untuk memulai proses pengecekan dan perbaikan.

Namun, dalam proses pengecekan dan perbaikan berlangsung cukup lama tergantung kapasitas dari hardisk tersebut dan seberapa banyak data didalamnya. Dengan begitu, sebaiknya untuk melakukannya ketika komputer atau laptop tidak sedang digunakan. Apabila terdapat soft bad sector, maka Disk Check akan memperbaikinya untuk dapat digunakan lagi. 

Sedangkan apabila terdapat masalah bad sector yang lebih kompleks, maka Windows akan kembali menjalankan Disk Check secara otomatis ketika komputer Anda dinyalakan.

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan Spinrite

Software ini kerjanya sama seperti HDD Regenerator, tapi Spinrite ini bekerja dengan booting. Dengan aplikasi ini, anda tidak perlu memakai dua hardisk dalam satu komputer. Anda hanya perlu flashdisk atau CD / DVD untuk bootable file ISO kemudian diburningkan.

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan CMD

Kamu dapat memeriksa dan memperbaiki hard disk bad sector dengan menggunakan fasilitas di Windows, yaitu CMD. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka CMD, jalankan sebagai Administrator

2. Masukkan perintah chkdsk / r / fi i:

Penjelasan pesanan:
chkdsk adalah perintah untuk memeriksa disk.
/ r berfungsi untuk memindahkan bad sector.
/ F berfungsi untuk memperbaiki bad sector.
i: adalah nama partisi disk yang akan diperbaiki.

3. Tunggu proses pemeriksaan. Waktu proses pemeriksaan tergantung pada ukuran partisi hard drive yang diperiksa. Semakin kecil ukuran partisi hard disk, kemudian memeriksa hard disk sektor buruk bahkan lebih cepat. Proses pemeriksaan dilakukan dalam pemindaian penuh.
memperbaiki bad sector

4. Jika sudah selesai, akan ada laporan hasil pengecekan. Untuk flashdisk yang saya periksa, kondisinya masih bagus.

Memeriksa dan memperbaiki bad sector ini dapat dilakukan pada hard disk yang dipengaruhi oleh bad bad sector. Jika, proses transfer hard disk dimulai dengan lambat, Anda dapat memeriksanya dengan cara ini.


Share This Article :
Moh. Shahibul 'Ulum

Seseorang yang paham dengan dunia teknologi,parabola,pendidikan,operator, media sosial,paket internet. dan parabola sesuai dengan skill yang di miliki.

3673083153873386998
.....KLIK 2X (CLOSE).....