NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Apa Itu LNB Combo C Band dan Ku Band, Apa Perbedaan LNB Combo dengan LNB C-Band dan LNB Ku-Band

Apa Itu LNB Combo C Band dan Ku Band, Apa Perbedaan LNB Combo dengan LNB C-Band dan LNB Ku-Band - Seiring perkembangan teknologi dunia Parabola dan Satelit juga selalu memberikan yang terbaru, saat ini kita diperkenalkan dengan yang namanya LNB Combo C-Band dan Ku-Band, Apa itu LNB Combo C-Band dan Ku-Band ? dan Apa Perbedaan dari LNB Combo C-Band dan Ku-Band dengan LNB C-Band mono dan LNB Ku-Band mono ? Ayo kita belajar sama-sama mengenai apa itu LNB Combo C-Band dan Ku-Band.

LNB ( Low Noise Block ) adalah Alat utama yang mempunyai fungsi sebagai alat untuk menerima sinyal jaringan satelit yang lemah supaya menjadi lebih kuat untuk bisa menyiarkan siaran Televisi lewat media Receiver. Dengan adanya LNB yang disingkat dengan Low Noise Block maka sinyal lemah dikumpulkan menjadi satu titik fokus dari pantulan piringan parabola baik Parabola yang mempunyai Piringan 6 Feet, 7 Feet, 8 Feet, 9 feet, dan 10 feet dan kemudian diteruskan ke alat penerima seperti Receiver Parabola TV atau Receiver Parabola Jaringan Internet lewat satelit. LNB Combo C-Band dan Ku-Band menjadi incaran semua tracking untuk saat ini. Karena menjadi trend ditahun 2020 ini untuk bisa menangkap semua siaran dari satu satelit.

LNB Combo C-Band dan Ku-Band adalah LNB yang mempunyai fungsi yang sama dengan jenis LNB lainnya seperti LNB C-Band mono dan LNB Ku-Band mono, dan S-Band, cuma perbedaannya terletak pada dimana LNB Combo lebih kepada penggabungan atau Fusion antara LNB C-band dan LNB Ku-Band. jadi nantinya anda bisa mendapatkan siaran dalam satu LNB Combo dari siaran C-Band dan Ku-band. Dan anda juga bisa Tracking LNB Combo baik itu C-Band dan Ku-Band semua bisa anda dapatkan, jika ada gangguan pada LNB C-band anda bisa menggunakan LNB Ku-Band, sebaliknya jika ada masalah dengan LNB Ku-band anda bisa Tracking LNB C-Band.

LNB Combo hanya bisa Tracking satu satelit saja, tetapi dalam 1 satelit tersebut bisa anda dapatkan layanan Frekuensi C-Band dan Ku-Band. Misal anda ingin Tracking Satelit Palapa D atau Telkom 4 atau Ses 9, Atau Chinasat 10, 11, dan 9 atau Measat 3a terserah anda pokoknya LNB Combo tersebut hanya bisa untuk Tracking 1 satelit saja yang mana nantinya mendapatkan 2 Layanan baik Frekuensi atau transponder C-Band dan Transponder Ku-Band.
macam-Macam LNB C-Band Ku-band S-Band dan LNB Combo Band
macam-Macam LNB C-Band Ku-band S-Band dan LNB Combo Band
Untuk mendapatkan Sinyal satelit menggunakan LNB Combo maka diperlukan arah yang tepat untuk menerima pancaran sinyal gelombang satelit yang diukur menggunakan penggaris busur untuk mendapatkan arah derajat pada satelit Parabola itu sendiri.

Jenis - Jenis LNB

LNB mempunyai banyak jenis yang bisa kita pelajari di dunia Parabola khususnya negara Indonesia. setiap LNB hanya bisa dipakai untuk band atau Frekuensi tunggal atau mono saja, tetapi untuk kali ini yang terbaru di tahun 2020 ini ada jenis LNB terbaru namanya LNB Combo. Perhatikan macam-macam LNB Parabola di Indonesia :
  1. LNB C-Band 
  2. LNB Ku-Band
  3. LNB S-Band
  4. LNB Combo

Apa Itu LNB C-Band ?

macam macam LNB C-Band 1 Port - 4 Port
macam macam LNB C-Band 1 Port - 4 Port

LNB C-Band adalah LNB Parabola pertama kali dikeluarkan di Indonesia yang mana LNB C-Band ini biasanya menggunakan jenis Parabola Jenis Jaring dan Solid, jenis ini juga dibagi menjadi beberapa bagian ukuran diantaranya :
  1. Parabola LNB C-Band 6feet
  2. Parabola LNB C-Band 7feet
  3. Parabola LNB C-Band 9feet
  4. Parabola LNB C-Band 12feet
  5. dst
LNB C-band dikhususkan untuk menangkap sinyal dengan Frekuensi 3.4 Ghz sampai 4.2 Ghz. LNB C-Band juga dibagi menjadi 2 Jenis yaitu LNB C-Band Standart dan LNB C-Band V/H yang mana setiap adanya pembaharuan atau upgrade hardware pasti dengan tujuan untuk memperluas fungsi dari jenis LNB itu sendiri.

Jenis Receiver yang menggunakan LNB C-Band adalah :
  1. Matrix Mini
  2. Matrix Apple Mpeg2
  3. Matrix Burger Mpeg2
  4. Orange TV
  5. Philsat Messi PL101 Mpeg4 dan banyak lagi yang lainnya.

Apa Itu LNB Ku-Band ?

Maca-Macam LNB Ku-band 1 Port - 4 Port
Maca-Macam LNB Ku-band 1 Port - 4 Port

LNB Ku-Band adalah LNB yang dikeluarkan setelah C-Band dengan penangkapan siaran atau kualitas gambar lebih bagus dibandingkan C-Band. LNB Ku-Band dirancang untuk menangkap sinyal dengan Frekuensi antara 10.7 Ghz - 12.75 Ghz. LNB Ku-Band juga mempunyai 2 jenis yaitu LNB Ku-Band Offset dan LNB Ku-Band Prime Fokus.

Jenis Receiver yang menggunakan Ku-Band :
  1. Orange TV
  2. K-Vision K1200, Gardiner G-88HD Ottimo, Bromo C2000, Cartenz K1000 dan K2000
  3. Tanaka Jurassic T22HD
  4. Nex Parabola
  5. Nusantara HD
  6. dll

Apa Itu LNB S-band ?

macam - macam LNB S-Band 2020
macam - macam LNB S-Band 2020
LNB S-Band dikhususkan untuk parabola berbayar yang mana di Indonesia sendiri digunakan untuk penyiaran TV Satelit berlangganan seperti Indo Vision, Top TV, dan Ok-Vision. LNB S-Band menerima sinyal dari Satelit SES 7 at 108.2°E.


Apa Itu LNB Combo C-Band dan Ku-Band ?

macam-macam lnb Combo C-band dan Ku-band 2020
macam-macam lnb Combo C-band dan Ku-band 2020

LNB Combo adalah LNB parabola yang mana dibuat untuk bisa menangkap 2 frekuensi sekaligus baik itu C-band dn Ku-Band dalam satu satelit Parabola. Jenis LNB ini digunakan atau tren di 2020 ini karena banyaknya persaingan antar Satelit dan penyedia layanan televisi. Cara ini dengan menggunakan LNB Combo C-Band dan Ku-Band lebih akurat karena jika kita tidak bisa mendapatkan C-Band maka kita langsung bisa dapatkan Ku-Band dalam 1 satelit.

Saat ini sudah banyak yang menggunakan LNB Combo ini, para teknisi parabola sudah menyarankan kepada para pembeli untuk membeli jenis LNB Combo karena receiver jenis sekarang lumayan sedikit lemah dalam menerima sinyal, jadi denga adanya 2  LNB ini akan membantu teman-teman dalam mentracking parabola.

Kelebihan dan Kekuarangan  LNB C-Band - Ku-band - S-Band - dan Combo

1. LNB C-Band memiliki bentuk parabola lebih besar, kekuatan LNB saat hujan turun, gambar pada televisi tidak akan mengalami kerusakan seperti kaset DVD rusak. Tetapi ketika ada kendaraan seperti motor/mobil melintas dekat parabola biasanya gambar di televisi akan sedikit mengalami gangguan.

2. LNB Ku-Band bentuk parabolanya kecil sehingga lebih terlihat praktis dan frekwensi yang dipancarkan dari satelit cukup besar. Kelebihannya tidak terganggu gelombang lain seperti wifi.
Kelemahannya dapat terganggu pada saat hujan deras atau mendung dengan awan tebal. Bisa menyebabkan sinyal turun ataupun tidak ada sinyal

3. LNB S-Band selain dengan model parabola kecil, Tipe LNB S-Band tahan cuaca buruk namun jika di sekitar rumah banyak menggunakan antena pemancar WiFi maka siaran akan terganggu. Cara untuk LNB S-Band yang rentan terhadap gelombang Wifi yang mengakibatkan gambar tv patah-patah karena sinyal naik turun. Caranya cukup mudah yaitu hanya dengan cara melapisi bagian sisi lnb dengan aluminium foil.

4. LNB Combo C-Band dan Ku-Band Kekurangannya terletak pada salah satu LNB yang mana akan ada salah satu yang dapat sinyal kurang baik alias lemah.

Sekian artikel mengenai Apa Itu LNB Combo C Band dan Ku Band, Apa Perbedaan LNB Combo dengan LNB C-Band dan LNB Ku-Band, semoga bermanfaat.
Share This Article :
Moh. Shahibul 'Ulum

Seseorang yang paham dengan dunia teknologi,parabola,pendidikan,operator, media sosial,paket internet. dan parabola sesuai dengan skill yang di miliki.

3673083153873386998
.....KLIK 2X (CLOSE).....