-->
NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

MPLS SMP, SMA, SMK TAHUN AJARAN BARU 2020/2021 ONLINE

MPLS TAHUN AJARAN BARU 2020/2021 ONLINE - Bulan Juli 2020 merupakan awal masuk sekolah jenjang SMP, SMA dan SMK, yang mana sebentar lagi peserta didik baru pada satuan pendidikan akan memasuki Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2020/2021. Pastinya banyak guru yang tidak terpikirkan mengenai MPLS Peserta Didik Baru yang akan masuk pas adanya pandemi Covid-19.
 MPLS ONLINE TAHUN AJARAN 2020/2021
MPLS ONLINE TAHUN AJARAN 2020/2021
Apakah mungkin MPLS bisa dilakukan di waktu pandemi, dan apakah mungkin siswa peserta didik baru akan mengikuti MPLS secara Online lewat sosial media, dll.

Kira-kira bagaimana persiapan panitia PPDB jika ingin melaksanakan kegiatan MPLS secara online.

Pandemi membuat segalanya berubah, maka untuk bisa melakukan pembelajaran tahun ini sekolah juga banyak yang belum siap dengan tatanan baru pada dunia pendidikan, akan tetapi paksaan ini yang harus segera dikerjakan.

Adanya pandemi semua sekolah menerapkan pembelajaran di rumah dan memanfaatkan media telekomunikasi berupa alat komunukasi dengan mengusung konsep Daring ( Dalam Jaringan Online ). Semua pembelajaran daring pastinya akan memerlukan koneksi jaringan internet, yang mana tujuannya untuk menghubungkan antara pengguna yang satu dengan pengguna lainnya (server +client).

Setelah selesai tahapan penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2020/2021 melalui online atau daring maka yang akan dilakukan selanjutnya adalah tahapan MPLS tahun pelajaran 2020/2021.

MPLS Tahun ajaran 2019/2020 masih menggunakan tahapan MPLS secara Offline maka untuk tahun ini yang dilakukan adalah dengan cara online (daring).

MPLS tahun 2020/2021 menggunakan metode online dalam pendaftaran dan melengkapi administrasi data siswa. Untuk pengumuman kelulusan tes dan pengumuman penerimaan peserta didik baru pun juga dilakukan melalui online dengan cara bermacam-macam aplikasi. Yang biasa digunakan adalah media sosial facebook, whatsapp group, telegram group, instagram, twitter, blog, youtube dan zoom.

Informasi penting apa saja yang perlu diketahui oleh peserta didik pada satuan pendidikan tersebut antara lain:
Sejarah Sekolah
  1. Gedung sekolah
  2. Ruang Kelas
  3. Lapangan olahraga
  4. Ruang komputer
  5. Ruang Guru
  6. Ruang Kepala Sekolah
  7. Ruang Wakil Kepala Sekolah
  8. Ruang Bimbingan dan Konseling
  9. Ruang WC
  10. Ruang Bermain/Taman Bermain
  11. Ruang/Aula tempat berkreasi
  12. Ruang Ibadah
  13. Ruang UKS
  14. Ruang OSIS
  15. Ruang Pramuka/sanggar pramuka
  16. Ruang perpustakaan
  17. Ruang Alumni
  18. Ruang Komite Sekolah 
  19. Jenis Ekstrakurikuler yang ada pada sekolah tersebut
  20. Tempat parkir
  21. Sanitasi air
  22. Instalasi Listrik
  23. Jaringan internet
  24. Prestasi yang pernah diraih oleh Guru, Siswa dan kepala sekolah pada sekolah tersebut baik yang bersifat akademis maupun nonakademis.
  25. Jumlah Pendidik (Guru) dan Tenaga Kependidikan (Sopir, satpam, pustakawan, laboran, kepala bengkel, Operator sekolah dan lain-lain)
  26. Guru  beserta mata pelajaran yang diajarkan.


Berikut ini adalah beberapa alternatif Mode MPLS tahun 2020/2021 secara online dengan menggunakan beberapa aplikasi:

1. Video Conference

Panitia pelaksana, mentor, pemateri, widyaiswara kegiatan MPLS PPDB  bisa menggunakan aplikasi video coference untuk berkomunikasi dengan peserta didik. Aplikasi yang dapat digunakan untuk video conference antara lain:

a. ZOOM

b. Webex

c. Meet Google

2. VLOG

Vlog adalah video blogging dengan cara membuat video tentang profile sekolah, dewan guru dan sarana dan sarana yang dimiliki oleh sekolah tersebut selanjutnya di bagikan link vlog tersebut kepada peserta  didik.

3. Youtube

Youtube merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh google yang berisi menampung video yang dibuat oleh kreator yang selanjutnya dapat dibagikan kepada peserta didik. selain itu youtube juga memiliki live streaming yang dapat ditonton langsung oleh peserta didik. Konten yang dibagikan untuk materi MPLS meliputi Livestreaming berupa "profile sekolah, dewan guru dan sarana dan sarana"

4. Facebook

Facebook merupaka aplikasi sosial media yang  menyediakan fitur siaran langsung. Satuan pendidikan yang melakukan MPLS secara Online dapat memanfatkan fitur siarang langsung berupa video yang dapat ditonton langsung oleh peserta didik. Konten yang dibagikan untuk materi MPLS meliputi secara langsung  berupa siaran langsung.

Sekian artikel mengenai MPLS Tahun ajaran baru 2020/2021. Semoga bermanfaat.

Share This Article :
Moh. Shahibul 'Ulum

Seseorang yang paham dengan dunia teknologi,parabola,pendidikan,operator, media sosial,paket internet. dan parabola sesuai dengan skill yang di miliki.

3673083153873386998
.....KLIK 2X (CLOSE).....