saluran whatsapp aulaku
Postingan

{Terbaru} 4 Cara Cek NIK Online Via Email, WhatsApp, Facebook,Twitter, Dan Situs Pemerintah

Cara Cek NIK (Nomor Induk Keluarga) Online- Bagi penduduk Indonesia, Nomor Induk Kependudukan atau NIK sangat penting untuk mengetahui identitas seseorang. NIK adalah 16 nomor unik yang bisa ditemukan dalam kartu identitas, misal KTP atau Kartu Tanda Penduduk.

Cara Cek NIK (Nomor Induk Keluarga) Online- Bagi penduduk Indonesia, Nomor Induk Kependudukan atau NIK sangat penting untuk mengetahui identitas seseorang. NIK adalah 16 nomor unik yang bisa ditemukan dalam kartu identitas, misal KTP atau Kartu Tanda Penduduk.

Cara Cek NIK Online


Deretan NIK biasanya diperlukan saat hendak membuka rekening, bikin paspor, atau melakukan proses administratif lainnya. Karena itu, tiap orang harus mengetahui NIK miliknya masih valid atau tidak.

Serangkaian nomor NIK tak sebatas deretan angka. Ini punya fungsi penting untuk berbagai hal yang berkaitan dengan administrasi, misalnya mendaftar pekerjaan, keperluan menikah, membuka rekening bank, mengikuti pemilu, dan sebagainya.

Karenanya, ketahui cara cek NIK online untuk mengetahui status valid atau tidaknya nomor yang tertera pada KTP agar tak menjadi hambatan saat mengurus administrasi di kemudian hari.

Cara Cek NIK online melalui email


Masyarakat dapat memilih opsi berkirim permohonan melalui email yang dikirim ke callcenter.dukcapil@gmail.com. Jangan lupa

isi email di badan email, sesuai dengan format yang ditentukan Pemerintah, yakni ketik:
#NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan dan kirim ke alamat email tadi.
Namun cara yang satu ini juga tak instan, karena biasanya baru akan diproses dalam 1 x 24 jam.

Cara Cek NIK online melalui SMS/WhatsApp

Masyarakat dapat menggunakan smartphone untuk melakukan pengecekan NIK melalui SMS atau WhatsApp. Untuk melakukan

pengecekan NIK dengan SMS, dapat dicoba dengan mengirimkan format SMS : Cek#KTP#NIK dan kirim ke nomor milik Disdukcapil Kemendagri 0815-3636-9999.

Sedangkan untuk cek NIK melalui WhatsApp, maka masyarakat dapat mengirimkan pesan dengan format: nama lengkap sesuai dengan KTP, NIK, kelurahan/kecamatan/kabupaten/kota dan kirim ke nomor WhatsApp 0813-2691-2479.

Meski tidak instan, namun beberapa saat kemudian pengguna akan mendapat balasan sesuai dengan permohonan.

Cara Cek NIK online lewat Facebook atau Fb dan Twitter


Alternatif lain cara cek NIK online adalah memanfaatkan personal chat di Facebook dan Twitter. Akun yang bisa dihubungi adalah Halo Dukcapil untuk Facebook dan @ccdukcapil untuk Twitter. Pelayanan NIK adalah bagian dari tugas pokok Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri.

Cara Cek NIK online melalui Situs Pemerintah


Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) turut memfasilitasi akses pencarian NIK masyarakat secara online melalui situs resmi mereka. Masyarakat dapat mengaksesnya melalui alamat situs di https://www.dukcapil.kemendagri.go.id/.

Buka situs seperti biasa di browser pengguna, lalu cari menu e-KTP dan isikan NIK pengguna serta tekan tombol enter di keyboard. Setelah itu, jika data KTP memang benar valid dan terkoneksi, maka pengguna akan diarahkan menuju tampilan yang berisi data lengkap seperti di dalam KTP.

Cara cek NIK online yang telah disebutkan bisa dilakukan dengan sangat mudah dan simpel. Selanjutnya diharapkan proses administratif kependudukan tidak lagi menjadi hal yang menyulitkan.

Sumber
Seseorang yang paham dengan dunia teknologi,parabola,pendidikan,operator, media sosial,paket internet. dan parabola sesuai dengan skill yang di miliki.