saluran whatsapp aulaku

[Sukses] 5 Cara Mengatasi Laptop Langsung Masuk BIOS Terus Menerus Secara Mudah

Cara Mengatasi Laptop Langsung Masuk BIOS-Ketika Anda ingin menggunakan laptop, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyalakan laptop. Saat menyalakan laptop, ada proses yang disebut booting. Nah, salah satu masalah yang sering muncul di sini adalah laptop tidak bisa boot, salah satunya disebabkan oleh laptop yang langsung masuk ke BIOS. Hmm ... Apakah Anda mengalami masalah ini juga? Jadi, apa yang menyebabkan laptop masuk ke BIOS secara langsung? Sebenarnya, ada beberapa penyebab laptop yang memasuki BIOS secara langsung, termasuk yang berikut:
Cara Mengatasi Laptop Langsung Masuk BIOS-Ketika Anda ingin menggunakan laptop, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyalakan laptop. Saat menyalakan laptop, ada proses yang disebut booting.

Cara Mengatasi Laptop Langsung Masuk BIOS Terus Menerus
Cara Mengatasi Laptop Langsung Masuk BIOS Terus Menerus

Nah, salah satu masalah yang sering muncul di sini adalah laptop tidak bisa boot, salah satunya disebabkan oleh laptop yang langsung masuk ke BIOS. Hmm ... Apakah Anda mengalami masalah ini juga?

Jadi, apa yang menyebabkan laptop masuk ke BIOS secara langsung? Sebenarnya, ada beberapa penyebab laptop yang memasuki BIOS secara langsung, termasuk yang berikut:

  • Penyimpanan masalah: Misalnya, hard drive atau SSD tidak dapat dibaca. Ini akan membuat laptop memasuki BIOS.
  • Keyboard Press (Tertekan): Tidak selalu harus menekan sesuatu. Tapi bisa jadi karena keyboardnya sudah bermasalah.
  • Pengaturan BIOS yang salah: Pengaturan BIOS yang salah dapat menyebabkan laptop memasuki BIOS secara terus menerus. Entah itu disengaja atau tidak.
  • Sistem Operasi yang Rusak: Laptop tidak dapat mendeteksi sistem pengoperasian saat rusak. Inilah alasan mengapa sistem akan beralih ke BIOS.

Nah simak Cara Mengatasi Laptop Langsung Masuk BIOS secara lengkap di bawah ini.

Cara Mengatasi Laptop Langsung Masuk BIOS 

Ketika laptop tiba-tiba masuk ke BIOS, maka kita tidak bisa menggunakan laptop. Nah, kali ini saya akan memberikan langkah termudah untuk mengatasi masalah ini.

Sebenarnya ada banyak langkah yang bisa digunakan, tetapi saya hanya akan memberikan langkah-langkah yang saya ketahui. Berikut langkah-langkahnya:

1. Cek Sistem Operasi Laptop

Jika laptop Anda asus dengan Windows 8 asli dan belum pernah diinstal ulang sebelumnya. kemudian pastikan tipe sistemnya adalah x64 bit.Selain itu juga  di situs web ASUS menyatakan bahwa laptop ini dengan Windows 8 asli belum versi PRO. 

Jadi untuk memperbaikinya, instal ulang laptop Anda lalu pilih jenis sistem x64 bit. Untuk membuatnya lebih mudah untuk menginstal Anda dapat menggunakan flashdisk.

2.  Reset Pengaturan BIOS Laptop

Pengaturan BIOS yang salah dapat membuat kesalahan tertentu muncul di laptop. Salah satunya adalah laptop yang tidak bisa boot dan masuk ke BIOS.

Pengaturan ini tentu akan sulit untuk dikembalikan jika kita tidak mengerti. Karena itu, Anda dapat mencoba opsi reset.
Itu mudah dilakukan. Di BIOS hanya mencari opsi reset ke default. Kemudian semua pengaturan BIOS akan kembali ke default.

3. Reset Baterai CMOS Laptop

Untuk mengatur ulang CMOS di laptop sebenarnya sangat mudah. Kami hanya perlu mencabut baterai laptop dan CMOS secara otomatis diatur ulang. Setelah itu, Anda bisa menyalakan laptop seperti biasa.

Jika laptop masih memasuki BIOS secara langsung, ada kemungkinan baterai CMOS telah habis. Jadi, Anda harus menggantinya dengan yang baru. Anda dapat membelinya di layanan laptop terdekat.

4. Cek Penyimpanan Hardidisk Laptop

Seperti yang saya katakan sebelumnya, tujuan penyimpanan ini adalah hard disk atau SSD.

Pertama-tama kita harus memeriksa apakah sudah dibaca atau belum. Biasanya di kolom prioritas boot kita bisa mengetahuinya.

Nah, bagaimana jika itu tidak dapat dibaca? Solusinya harus diganti dengan yang baru. Dijamin laptop nanti bisa normal kembali.

Selain benar-benar langsung masuk ke BIOS, biasanya laptop juga bisa memunculkan pesan kesalahan tertentu.

5. Install Ulang Windows Laptop

Dan yang terakhir direkomendasikan jika sistem operasi Windows pada laptop Anda rusak. Opsi instal ulang bisa dibilang yang paling efektif.

Melalui penginstalan ulang, masalah sistem dijamin akan hilang. Jika sebelumnya rusak, maka setelah sistem diganti laptop harus dapat melanjutkan ke proses boot seperti biasa.

Penutup

Demikianlah diskusi tentang bagaimana  Cara Mengatasi Laptop Langsung Masuk BIOS ketika baru saja dimulai. Coba periksa semua poin di atas.

Jika semuanya baik-baik saja, laptop harusnya normal kembali. Tetapi jika tidak berhasil, coba tanyakan lagi melalui komentar di bawah ini.

Semoga bermanfaat.



Seseorang yang paham dengan dunia teknologi,parabola,pendidikan,operator, media sosial,paket internet. dan parabola sesuai dengan skill yang di miliki.