-->
NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

{Terbaru} 5 Cara Mengatasi RAM Tidak Terbaca di Laptop & Komputer Sangat Ampuh

Cara Mengatasi RAM Tidak Terbaca-RAM adalah salah satu perangkat keras komputer yang memiliki peran sangat penting, yaitu untuk menyimpan data sementara. Jadi begini, ketika Anda menjalankan aplikasi Google Chrome misalnya, data Google Chrome akan disimpan dalam RAM (saat aplikasi sedang berjalan).

Cara Mengatasi RAM Tidak Terbaca di Laptop & Komputer


Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa tanpa RAM maka suatu aplikasi tidak akan dapat berjalan. Tidak hanya aplikasi, tanpa sistem operasi RAM juga tidak akan bisa boot. RAM mulai berfungsi ketika laptop dihidupkan karena ketika laptop dihidupkan banyak program akan berjalan di latar belakang laptop atau komputer Anda. 

Mulai dari mengoperasikan OS seperti windows, linux, dan OS lainnya hingga mengoperasikan game-game berat yang sedang Anda mainkan. RAM akan berhenti bekerja ketika laptop atau komputer benar-benar mati. Karena ketika laptop mati, tidak akan ada program yang berjalan di latar belakang.

Dalam hal kesempurnaan, tidak ada yang namanya nama sempurna di dunia tanpa terkecuali di dunia elektronik seperti laptop dan komputer. Perangkat keras (hardware) juga memiliki kekurangan seperti RAM yang memiliki penyakit seperti RAM tidak terbaca meskipun diinstal dengan benar.

Baiklah mari kita bahas Cara Mengatasi RAM Tidak Terbaca di Laptop & Komputer yang wajib anda lakukan agar supaya laptop yang anda punya berjalan dengan benar serta tidak bermasalah ketika mengoperasikan laptop anda.

Penyebab RAM Tidak Terbaca di Laptop & Komputer

Menurut analisa saya pribadi untuk penyebab RAM tidak terbaca di laptop kebanyakan di karenakan PIN pada RAM tidak terbaca. Namun ada juga beberapa penyebab lain yang dapat menyebab RAM tidak terbaca. Berikut ini beberapa penyebab RAM tidak terbaca.

1. Pin Pada RAM Kotor

Ini biasanya merupakan kejadian umum, sebagian besar yang mengalami Pin RAM  kotor adalah pengguna yang jarang atau bahkan tidak pernah membersihkan perangkat mereka.


Ya, itu wajar jika menjadi kotor, karena seiring waktu akan ada banyak debu yang masuk ke perangkat dan menyebabkan perangkat keras menjadi kotor.

2. Slot Pada RAM Rusak

Kerusakan pada RAM dan slot RAM dapat terjadi. Namun, ketika Anda telah mencoba metode pertama dan tidak bisa, jangan langsung menganggap bahwa RAM atau slot RAM Anda rusak karena tidak pasti.

Ketika RAM telah dibersihkan tetapi masih belum terdeteksi, coba curigai bahwa slot RAM mungkin kotor. Slot RAM yang kotor tidak akan dapat membaca pin RAM dengan benar dan benar. Biasanya slot RAM dapat menambahkan debu atau kotoran kecil lainnya.

3. Tegangan Pada RAM Berbeda

Ini sering ditemukan dalam RAM DDR3. Mungkin Anda berpikir bahwa semua RAM DDR3 adalah sama, tetapi tidak. Jika Anda perhatikan, ada 2 jenis RAM DDR3, DDR3 dan DDR3L.

Huruf L tambahan untuk Low Voltage. Masalah ini biasanya terjadi pada laptop yang baru saja mengubah RAM dan tidak memperhatikan apakah RAM itu normal atau bertegangan rendah.

4. Bermasalah di Jumlah Bit

Jika sebelumnya Anda menggunakan 2GB RAM dan ingin meningkatkan ke 8GB, mungkin benar ketika RAM tidak sepenuhnya dapat digunakan jika laptop Anda masih 32-bit.

Bagi mereka yang ingin menggunakan RAM di atas 4GB, disarankan untuk menggunakan Windows versi 64-bit.

5. Bermasalah Ketika Upgrade RAM

Ini sering terjadi ketika Anda memutakhirkan RAM laptop bahkan setelah memutakhirkan, kadang-kadang komputer bukannya normal justru akan menyebabkan berbagai masalah seperti gagal boot, tidak meningkatkan kapasitas, layar Biru.

Ini disebabkan oleh perangkat keras yang tidak mendukung dan juga perangkat lunak yang tidak mendukung, jadi sebelum Anda memutakhirkan, pastikan semuanya cocok dan mendukung spesifikasi mainboard dan sistem operasi yang digunakan, jika ada satu yang tidak mendukung masalah maka dapat dipastikan- bahwa masalah akan terjadi.

Setelah mengetahui penyebab dari RAM tidak terbaca, selanjutya mari kita baca secara lengkap Cara Mengatasi RAM Tidak Terbaca di bawah ini secara lengkap.

Cara Mengatasi RAM Tidak Terbaca di Laptop & Komputer

Berikut beberapa solusi yang dapat anda praktekkan ketika mengalami permasalahan RAM tidak terbaca secara mudah dan lengkap.

1. Membersihkan RAM Kotor

Cara Membersihkan RAM Kotor

Untuk cara memperbaikinya dengan mudah, harap lepaskan RAM dari slot. Kemudian bersihkan bagian pin (kuningan RAM ) menggunakan penghapus karet sampai bersih.

Bersihkan juga slot RAM menggunakan sikat untuk membersihkan. Setelah itu, silakan instal ulang RAM di slot. Untuk langkah singkat kira-kira seperti ini:
  1. Lepaskan RAM dari slot.
  2. Bersihkan pin RAM menggunakan penghapus karet.
  3. Bersihkan slot RAM menggunakan kuas.
  4. Pasang kembali RAM di slot.
  5. Selesai
Silakan coba nyalakan perangkat Anda apakah RAM sudah dibaca atau tidak. Jika belum, silakan lihat metode selanjutnya.

2. Memperbaiki Slot RAM Yang Rusak

Memperbaiki Slot RAM Rusak

Silakan coba RAM Anda di laptop atau komputer teman Anda yang memiliki slot RAM yang sama, jika RAM Anda DDR3 ya silakan coba di slot DDR3. Jika Anda bisa, kemungkinan slot RAM Anda bermasalah.

Tapi tunggu, coba pasang RAM teman Anda di laptop atau komputer Anda. Jika itu benar-benar tidak berhasil, silakan merujuk ke metode selanjutnya.

Hanya untuk info tambahan, sebagian besar laptop sekarang memiliki 2 slot RAM. Jadi, kita dapat memeriksa menggunakan salah satu slot. Biasanya, proses shutdown dan restart akan memakan waktu lama ketika salah satu RAM tidak dapat dibaca.

3. Memperbaiki Tegangan Pada RAM Berbeda

Memperbaiki Tegangan Pada RAM Berbeda

Cara mengatasinya adalah memasang RAM yang sesuai dengan laptop Anda. Jika laptop Anda mendukung RAM DDR3L maka instal DDR3L. Jika Anda mendukung RAM DDR3 maka instal DDR3. Karena jika DDR3L RAM diinstal pada laptop DDR3 RAM tidak akan berfungsi.

Mengapa? karena tegangannya berbeda. RAM DDR3 memiliki tegangan 1,5 volt sedangkan DDR3L memiliki tegangan 1,3 volt. Sesuatu seperti itu.

4. Upgrade Jumlah Bit OS

Upgrade Jumlah Bit OS

Jika Anda sudah tahu laptop / Windows yang Anda gunakan, maka Anda sudah tahu cara mengatasinya. Jika laptop Anda masih menggunakan Windows 32-bit dan ingin menggunakan RAM di atas 4GB, maka solusinya adalah meng-upgrade ke Windows 64-bit. Untuk memutakhirkan sangat mudah, Anda dapat menginstalnya kembali.

5. Upgrade RAM

Upgrade RAM

Untuk permasalahan RAM tidak terbaca setelah anda mengupgrade RAM Laptop & Komputer berikut ini beberapa solusi yang dapat anda lakukan agar membantu anda.

  1. Bila kamu menggunakan 2 keping memory (RAM) 2x4GB saat mengupgrade pastikan slotnya mendukung dual chanel, tripel chanel, quad chanel, dan pasangkan kedua keping RAM tersebut ke slot yang memiliki warna yang sama, misal 1 keping ke slot yang berwarna merah maka satu kepingnya lagi ke slot merah. Dan jangan lupa RAM yang di upgrade tadi harus support dengan mainboard, pastikan juga RAM yang di upgrade memiliki spesifikasi yang sama dengan RAM disebelahnya baik seri, kecepatan frekuensi, kapasitas, bahkan mereknya pun harus sama hal ini dilakukan agar supaya mendapatkan hasil yang maksimal dan seimbang.
  2. Bila kamu mengupgrade dengan cara menganti RAM, artinya RAM yang digunakan 1 keping pastikan spesifikasinya sesuai dengan mainboard. Misal mainboard ada memiliki kapasitas perslotnya 4GB maka kamu harus mencari RAM 4GB dengan spesifikasi yang sesuai mainboard. jangan seperti, misal kapasitas perslot RAM kamu 4GB lalu kamu mengupgrade RAM 1 keping dengan kapasitas sebesar 8GB jelas ini tidak akan bisa terbaca. jika seperti itu lebih baik kamu mengupgradenya 2 keping, misal kapasitas perkeping 2x4GB kalau seperti ini baru bisa terbaca oleh mainboard. Intinya tidak boleh melebihi min-max spesifikasi mainboard.
  3. Bila 2 keping RAM tidak ada yang terbaca salah satunya cobalah untuk mencabut salah satu RAM, dan cek satu-satu, bila kedua 2 RAM tersebut terbaca jika dipasang 1, maka Mainboard kamu tidak support bila dipasang 2 keping RAM maka dari itu cek dulu spesifikasi mainboard sebelum membeli RAM .
  4. Kapasitas RAM hanya terbaca separuh padahal kamu sudah mengupgrade RAM sebesar 8GB, kapasitas terbaca separuh diakibatkan kamu menggunakan sistem operasi 32 bit, sedangkan sistem operasi 32 bit ini hanya dapat membaca kapasitas RAM maksimal 4GB lebih dari itu maka takkan bisa. Solusi agar kapasitas bisa terbaca semuanya ialah menginstall sistem operasi 64 bit, jadi RAM yang diatas 4GB lebih baik menggunakan sistem operasi 64 bit.
  5. Bila kamu sudah menggunakan Windows versi 64bit tapi masih menggunakan Graphic onboard dari processor, maka itulah yang menyebabkan RAM kamu tidak terbaca sepenuhnya. Karena RAM akan share dalam jumlah tertentu untuk Graphic, solusinya gunakan VGA Card (Graphic Card).
  6. Bila kamu sudah melakukan ini itu tapi RAM masih saja tak terbaca dan kapasitasnya tetap tak bertambah maka bisa diakibatkan oleh berbagai hal seperti slot RAM yang sudah rusak, RAM tidak kompatibel dan spesifikasinya tak sesuai dengan mainboard.
Demikian pembahasan lengkap Cara Mengatasi RAM Tidak Terbaca di Laptop & Komputer  yang dapat anda praktekkan ketika mengalami masalah RAM tidak terbaca di Laptop & Komputer agar berhasil. Semoga dengan artikel di atas membantu dan bermanfaat.


Share This Article :
Moh. Shahibul 'Ulum

Seseorang yang paham dengan dunia teknologi,parabola,pendidikan,operator, media sosial,paket internet. dan parabola sesuai dengan skill yang di miliki.

3673083153873386998
.....KLIK 2X (CLOSE).....