NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

[Berhasil} 5 Cara Ampuh Merawat Printer Agar Tetap Awet Hingga 5 Tahun

Cara Ampuh Merawat Printer Agar Tetap Awe- Saya disini tertarik untuk mempublishnya karena dengan beberapa alasan yang sangat nyata, maklum saja mereka kan sudah berpengalaman di dunia printing, siapa lagi kalau tidak FastPrintFastprint merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan Tinta Printer dan bukan hanya itu saja, mereka pastinya menciptakan alat-alat yang mana untuk keperluan Printing kita. 

Cara Merawat Printer Agar Tetap Awet


Printer merupakan perangkat wajib untuk dimiliki dan untuk mendukung proses bisnis yang kita jalani. Tidak hanya di lingkungan perkantoran saja, sekarang ini banyak yang mempunyai printer pribadi untuk mereka pakai jika ada hal yang mereka perlukan nantinya, misal dalam pembuatan makalah, skripsi, laporan itupun bagi mereka yang masih bersekolah, printer sekarang juga digunakan untuk mendukung usaha cetak foto, cetak kaos dan sebagainya.

Tingginya penggunaan printer tidak disertai dengan cara perawatan Printer dan alat yang benar.  maka jika kita tidak memperhatikan masalah tersebut anda akan menemukan beberapa hal, seperti :
  1. Printer Macet
  2. head Tersumbat
  3. Print Putus-putus
  4. dll

Saya akan berikan cara atau tips yang saya ambil dari artikel fast Print. Insyaallah pasti manjur, karena Fastprint sendiri sudah melakukan riset-riset  ini dari dulu, karena mereka fokus dengan Printer. 

Berikut 5 Cara Merawat Printer Agar Tetap Awet .

1. Gunakan Printer Secara Rutin

Langkah sederhana untuk menjaga printer Anda tetap awet adalah dengan menggunakan printer Anda secara rutin untuk mencetak. Di dalam body printer, terdapat banyak sekali gear spare part penggerak printer yang dilapisi oleh Grease Pelumas Mekanik. Jika printer tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, pelumas tersebut akan perlahan mengering! Jika gear bergerak tanpa pelumas maka dapat dipastikan dengan cepat gear akan mengalami kerusakan seperti Patah ataupun tersendat.

Selain itu, dengan mencetak secara rutin maka Kualitas Cartridge dan Head Printer akan tetap terjaga karena bekerja menyemprotkan tinta secara rutin. Perlu Anda ketahui, beberapa jenis tinta bisa menyebabkan kebuntuan pada Cartridge atau Head Printer jika dalam kurun waktu tertentu printer tidak digunakan. Maka dari itu lebih cermatlah Anda dalam memilih jenis tinta yang digunakan.

2. Jangan Gunakan Printer Mencetak Terlalu Banyak

Biasanya kita sebagai pembuat skripsi atau laporan yang tidak sedikit pada halaman yang akan kita print, kita menggunakan cara pintas, dengan cara print sampe puluhan bahkan ratusan, padahal hal ini tidak diperbolehkan, Jangan paksa printer Anda mencetak dokumen terlalu banyak dalam sekali proses cetak.

Mengapa ini sangat penting? Ya! karena jika Anda amati setiap printer mempunyai masa jeda jika digunakan untuk mencetak dalam jumlah yang banyak. Fungsi ini digunakan untuk printer memberikan istirahat kepada Gear Printer untuk mendinginkan permukaannya dan Head Printer untuk melakukan cleaning otomatis agar hasil cetak terjamin kualitasnya.

Namun banyak orang yang menggunakan printer untuk langsung mencetak misal 100 lembar, jika ini Anda tetap Anda lakukan maka Gear Printer akan lebih cepat panas dan Head Printer tidak melakukan Cleaning Otomatis yang berakibat juga kepada hasil cetak yang putus - putus atau warna tidak tajam.

Perhatikan! jika Anda mencetak dalam jumlah yang banyak misal 50 lembar. Maka proses cetak halaman 1 - 25 terlebih dahulu, lalu berikan jeda kepada printer kurang lebih 3 menit dan lanjutkan untuk mencetak halaman 26 hingga selesai.

3. Gunakan Tinta Printer yang Tepat

Perlu diketahui bahwa pemilihan tinta yang tepat dapat menjaga keawetan printer. Banyak tinta yang beredar dipasaran dapat menyebabkan kebuntuan pada Cartridge atau Head Printer apabila printer tidak digunakan dalam kurun waktu yang lama. Jadi, sebaiknya Anda lebih cermat untuk memilih tinta yang akan digunakan. Sesuaikan dengan aplikasi hasil cetak Anda apakah untuk Cetak Dokumen, Cetak Foto ataupun kebutuhan cetak Grafik lainnya.

Setiap merk dan jenis tinta memiliki tingkat kekentalan yang berbeda - beda. Maka dari itu pastikan Anda tetap memakai tinta yang sama dengan tinta yang pertama kali Anda gunakan. Jika Anda terpaksa mengganti tinta dari Tinta Original lalu menggunakan Tinta Compatible, maka sebaiklah konsultasikan dengan Teknisi Printer terdekat atau dengan Tim Fast Print dengan klik link ini.

Tinta Compatible yang baik adalah tinta yang memiliki tingkat kekentalan yang sama dengan Tinta Original. Anda dapat menggunakan Tinta Dye Based Photo Premium dari Fast Print yang terbukti memiliki kekentalan yang sama dengan Tinta Original. Dengan harga 50% lebih murah, Anda bisa mendapatkan hasil cetak yang Tajam, Pekat Sempurna dan Anti Luntur daripada Tinta Original Epson.

4. Ganti Selang Infus Secara Berkala


Selang printer atau Selang CISS Infus Modif memiliki masa penggunaan. Lama masa penggunaan selang bergantung dengan jenis tinta yang Anda gunakan. Pada bagian ini, selang printer berperan penting dalam menyalurkan tinta dari Tabung Infus menuju Cartridge Printer. Sering kali sebagian orang menganggap selang printer dianggap masih layak digunakan selama dapat mengalirkan tinta. Namun anggapan ini adalah salah!

Selang yang tidak diganti dalam waktu yang cukup lama akan menyebabkan selang tersebut menjadi keras sehingga gerak selang menjadi tidak teratur dan dapat tersangkut saat proses mencetak. Intensitas penggantian selang bergantung pada jenis tinta yang digunakan. Semakin kental jenis tinta yang digunakan, semakin cepat pula intensitas penggantian selang printer.

Pada jenis tinta yang kental seperti Tinta Sublim, Tinta Pigment, dan Tinta Art Paper idealnya penggantian selang dilakukan selama 5-6 bulan sekali. Berbeda jika Anda menggunakan tinta yang lebih cair seperti Tinta Dye Based atau Anti UV penggantian selang printer dilakukan selama 12 bulan sekali.

5. Gunakan Head Cleaner


Perawatan yang paling penting adalah selalu sedia Head Cleaner dirumah Anda!

Head Cleaner adalah cairan khusus untuk membersihkan atau mengatasi permasalahan kebuntuan pada Head Printer Anda.

Perlu Anda ketahui, Head Cleaner tidak hanya untuk membersihkan Head Printer yang buntu namun juga bisa menjaga kondisi Head Printer dalam keadaan prima saat printer tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Dibawah ini ada 2 macam Head Cleaner yang bisa anda beli supaya anda bisa merawat Head Printer anda dengan baik dan tahan lama.

1. Head Cleaner Premium

Produk BEST SELLER dari Fast Print! Head Cleaner terbaik yang mampu membersihkan kebutuan Head Printer yang parah sekalipun dalam waktu kurang dari 30 menit. Head Cleaner Premium mempunyai formula khusus yang dapat membersihkan kerak tinta yang mengering di dalam Head Printer dengan cepat tanpa meninggalkan sisa sedikitpun.

Head Cleaner Premium support dengan SEMUA JENIS TINTA yang ada di Indonesia seperti Tinta Dye Based, Anti UV, Tinta Original, Tinta Pigment Durabrite / Art Paper, Tinta Sublim hingga Tinta Textile DTG.

Selain itu Head Cleaner Premium Fast Print dapat digunakan untuk SEMUA TYPE PRINTER yaitu:

Epson: T13X, T60, T1100, R230, R1390, R1800 Dll (semua printer Epson).
Epson L Series: L100, L110, L111, L120, L130, L200, L210, L211, L220, L300, L301, L310, L350, L351, L353, L355, L358, L360, L365, L380, L455, L550, L551, L555, L558, L565, L800, L810, L850, L1300, L1800 Dll (semua printer Epson).

Canon: IP2770, IP3680, IP4870, IP4970, IP7270, IX6560, MG6170, MP237, MP258, MP287 Dll (semua printer Canon).
Canon G Series: G1000, G2000, G3000 (semua printer Canon).

HP: HP 1000, Photo Smart 3110, OfficeJet Pro K550 Dll (semua printer Brother).

Brother: DCP J125, J100, J200, MFC J220, J430W, J5910 Dll (semua printer Brother).

2. Head Cleaner Extra Protection

Sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin menjaga kondisi Head saat printer sudah tidak lagi digunakan. Keunggulan dari Head Cleaner ini adalah selain dapat membersihkan Head yang buntu, Head Cleaner juga sudah dilengkapi dengan Formula Terbaru Extra Protection.

Formula tersebut mampu menjaga keadaan Head Printer tetap dalam kondisi terbaik walau tidak digunakan dalam jangka waktu 1 Tahun. Kondisi perlindungan aktif adalah saat head printer baru dicuci Head Cleaner Extra Protection Fast Print dan tidak dicampur dengan tinta serta tidak terpasang cartridge.

Nah, itu dia caranya untuk merawat printer anda dari kebuntuan, sudah biasa kita selalu dihadapi dengan buntunya Head setiap kita mengeprint kertas yang terlalu banyak. Semiga dengan artikel ini bermanfaat dan membantu anda semua.


Share This Article :
Moh. Shahibul 'Ulum

Seseorang yang paham dengan dunia teknologi,parabola,pendidikan,operator, media sosial,paket internet. dan parabola sesuai dengan skill yang di miliki.

3673083153873386998
.....KLIK 2X (CLOSE).....