NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Hati-hati, TikTok dan 53 Aplikasi Ini Bisa Mengintip Password, Rekening dan Uang Kripto

AULAKU.COM - Anda hobi TikTok? Sebaiknya baca kabar ini. Beta publik pertama sistem operasi iPhone, iOS 14 mengungkapkan,  TikTok dapat mengaksesclipboard. Berbahaya jika kebetulan Anda menyalin ninformasi penting, seperti nomor rekening bank atau nomor jaminan sosial. Clipboard adalah suatu tempat di memori  untuk menyimpan sementara hasilcopy. Jadi setiap kita mencopy gambar atau teks maka saat itu juga gambar atau teks itu akan disimpan didalam clipboard
Foto : Pixabay

TikTok merupakan aplikasi video berdurasi pendek yang sangat populer. Bahkan menjadi aplikasi paling populer di App Store dan Play Store. Namun, Peterson Institute for International Economics menyebutnya sebagai masalah besar dalam hal keamanan.
Pada bulan Februari, sejumlah pengembang menemukan masalah terkait sistem copy paste di iOS yang membuat informasi sensitif tidak terlindungi. Salah satu pengembang yang menemukan masalah ini, Tommy Mysk, mengatakan kepada Digital Trends, pada konferensi pengembang WWDC 2020, masalah tersebut telah diperbaiki berkat fitur di iOS 14 yang menampilkan peringatan spanduk kepada pengguna iPhone ketika aplikasi sedang membaca clipboard mereka. 
Maret lalu peneliti keamanan siber membedahi masalah privasi terhadap sekitar 48 aplikasi iOS termasuk TikTok. Kala itu TikTok mengak berjanji akan memperbaiki sistemnya. Namun dari berbagai sumber, aplikasi asal China itu beserta 53 aplikasi lain ditemukan masih mengakses data sensitif para pengguna iPhone. Mengutip Ars Technica pekan lalu, data yang dapat dibaca oleh TikTok dan 53 aplikasi lain tersebut meliputi password, alamat dompet mata uang  kripto, tautan akun, hingga pesan pribadi yang berada dalam clipboard.
Lalu apa penjelasan TikTok?

Kepada Telegraph Maret lalu TikTok menyatakan, akan menghentikan praktik seperti itu. Begitu juga aplikasi lain. Namun Telegraph pekan lalu melaporkan, ketika versi beta iOS 14 dirilis awal bulan ini, sistem operasi Apple itu mendeteksi, TikTok masih melakukan pengintaian. Begitu juga aplikasi seperti AccuWeather, AliExpress, Call of Duty Mobile, Google News, Overstock, Patreon dan TikTok. 
Chief Emoji Officer  Emojipedia, Jeremy Burge, melalui akun Twitter-nya mengunggah seberapa sering TikTok mengakses clipboard iPhone miliknya. Video tersebut menunjukkan  setiap satu hingga tiga ketukan, TikTok berusaha mengambil konten clipboard Burge. Setiap kali TikTok mencoba tindakan ini, Jeremy menerima peringatan. Video lain yang diposting oleh Ryan Jones menunjukkan bagaimana iOS 14 memperingatkan pengguna ketika clipboard mereka sedang dimata-matai.
Share This Article :
Nuzulur Rahman

Saya adalah orang yang sangat suka dengan hal hal yang baru Suka travelling dan tempat tempat bersejarah. Instagram : nuzulrhmn_ Jangan Lupa Difollow

3673083153873386998
.....KLIK 2X (CLOSE).....