saluran whatsapp aulaku

Mulai Tgl 22 Juli, 3 Puasa Sunah dengan Pahala Luar Biasa Jelang Idul Adha Berikut Niat dan Pahal yang Didapat

Ibadah sunah tersebut ialah puasa. Menjelang Idul Adha, terdapat 3 puasa sunah yang dianjurkan bagi umat muslim yang tidak melaksanakan ibadah haji, agar dapat merasakan kenikmatan yang sama seperti para jamaah haji. Masing-masing puasa yang dianjurkan memiliki ganjaran pahala yang berbeda-beda.
AULAKU.COM - Hari Raya Idul Adha selalu menjadi momen bahagia bagi para umat Muslim. Tanggalnya ditentukan oleh Kementrian Agama. Tapi sudah tahukah kamu terdapat ibadah sunah yang luar biasa besar pahalanya sebelum kita melaksanakan salat ied dan berkurban di Hari Raya?


Ibadah sunah tersebut ialah puasa. Menjelang Idul Adha, terdapat 3 puasa sunah yang dianjurkan bagi umat muslim yang tidak melaksanakan ibadah haji, agar dapat merasakan kenikmatan yang sama seperti para jamaah haji. Masing-masing puasa yang dianjurkan memiliki ganjaran pahala yang berbeda-beda.

Ini dia 3 puasa sunah menjelang Idul Adha:

1. Puasa Dzulhijjah

Puasa ini dilakukan selama 7 hari dimulai sejak tanggal 1 Dzulhijjah 7 Dzulhijjah. Meskipun dilakukan selama 7 hari berturut-turut, keutamaan yang didapat saat puasa Dzulhijjah berbeda-beda setiap harinya.

1 Dzulhijjah : Pada hari itu, Allah SWT mengampuni Nabi Adam AS di Arafah, maka diampunilah pula dosa-dosa orang yang berpuasa di hari itu.

2 Dzulhijjah : Pada hari itu, Allah SWT mengabulkan doa Nabi Yunus AS dan mengeluarkannya dari perut ikan nun, maka jika berpuasa di hari itu, seperti beribadah dan berpuasa satu tahun tanpa maksiat.

3 Dzulhijjah : Pada hari itu, Allah SWT mengabulkan doa dari kesabaran Nabi Zakariya AS yang memohon dikaruniai keturunan, maka akan dikabulkanlah doa umat yang berpuasa di hari itu.

4 Dzulhijjah : Pada hari itu, Nabi Isa AS lahir ke dunia, maka diberkahilah mereka dengan dihilangkan segala kesusahan, dan dikumpulkanlah mereka nanti bersama orang-orang mulia di hari kiamat.

5 Dzulhijjah : Pada hari itu, Nabi Musa AS dilahirkan, dan diangkat derajatnya. Maka terlepaslah mereka dari sifat munafik dan siksa kubur bagi yang melaksanakan puasa di hari itu.

6 Dzulhijjah : Pada hari itu, Allah SWT membukakan pintu kebaikan semua Nabi. Maka bagi mereka yang melakasakan puasa di hari itu, akan dipandang Allah SWT dengan penuh rahmat dan kasih sayang.

7 Dzulhijjah : Mereka yang berpuasa di hari itu, akan dihindarkan dari 30 pintu kesukaran dan dibukakan 30 pintu kemudahan untuknya.

Jangan lupa membaca niat puasa Dzulhijjah ya:
"Nawaitu shauma syahri dhilhijjati sunnatan lillahi ta’ala"

2. Puasa Tarwiyah


Puasa Tarwiyah dilakukan sehari setelah puasa Dzulhijjah, yakni 8 Dzulhijjah. Berdasarkan hadist, Nabi Muhammad SAW bersabda, barang siapa yang menjalankan puasa Tarwiyah maka akan dihapus dosa satu tahun silam yang telah terlewati.

Ini dia niat puasa Tarwiyah:
"Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillahi ta’ala"

3. Puasa Arafah

Ada juga puasa Arafah yang dilaksanakan pada 9 Dzulhijah. Puasa Arafah merupakan puasa sunah yang dilaksanakan pada hari Arafah yakni pada saat diberlangsungkannya wukuf di tanah Arafah.

Keutamaan puasa Arafah tertuang dalam riwayat Abu Qatadah Rahimahullah. Nabi Muhammad SAW bersabda: "Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang". (HR. Muslim)

Jangan lupa membaca niat puasa Arafah ya,
“Nawaitu shouma ‘arofata lillaahi ta’aalaa”

Saya adalah orang yang sangat suka dengan hal hal yang baru Suka travelling dan tempat tempat bersejarah. Instagram : nuzulrhmn_ Jangan Lupa Difollow