saluran whatsapp aulaku

RPP Biologi SMA 1 Lembar Daring / Luring Lengkap Kelas X, XI, XII K-13 Revisi 2020

Berikut ini adalah kumpulan RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ) Biologi SMA kelas X, XI dan XII PDf yang bisa didownload :
RPP Biologi SMA 1 Lembar Daring / Luring Lengkap Kelas X, XI, XII K-13 Revisi 2020 - RPP 1 Lembar pelajaran Biologi IPA  memang banyak diminati pada awal tahun pembelajaran 2020/2021, karena saat ini revisi terbaru mengenai RPP sudah menggunakan RPP 1 Lembar.
RPP Biologi SMA 1 Lembar Daring / Luring Lengkap Kelas X, XI, XII K-13 Revisi 2020
RPP Biologi SMA 1 Lembar Daring / Luring Lengkap Kelas X, XI, XII K-13 Revisi 2020
RPP adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan managemen pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus.

RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan.

Komponen RPP Meliputi :

Identitas Mata Pelajaran

  • Satuan Pendidikan
  • Kelas
  • Semester
  • Program Studi
  • Mata Pela­jaran atau Tema Pelajaran
  • Jumlah Pertemuan.

Standar Kompetensi

Merupakan kualifikasi kemam­puan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan/atau semester pada suatu mata pelajaran. SK (Standar Kompetensi) dituliskan dengan memakai Kata Kerja + Kata Benda, sehingga rumusnya adalah SK=KK + KB

Kompetensi Dasar

Kompetensi dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran ter­tentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompe­tensi dalam suatu pelajaran. KD (Kompetensi Dasar) dituliskan dengan memakai Kata Kerja + Kata Benda, sehingga rumusnya adalah KD=KK + KB

Indikator Pencapaian Kompetensi

Indikator Pencapaian Kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilai­an mata pelajaran.  Indikator merupakan penanda pencapaian KD yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi. Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian. Kata Kerja Operasional (KKO) indikator dimulai dari tingkatan berpikir mudah ke sukar, sederhana ke kompleks, dekat ke jauh, dan dari konkret ke abstrak (bukan sebaliknya)

Tujuan Pembelajaran

Menggambarkan proses dan ha­sil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.

Materi Ajar

Memuat fakta, konsep, prinsip, dan pro­sedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompe­tensi.

Alokasi Waktu

Ditentukan sesuai dengan keperluan un­tuk pencapaian KD dan beban belajar.

Metode Pembelajaran

Digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembela­jaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan. Pemi­lihan metode pembelajaran disesuaikan dengan situ­asi dan kondisi peserta didik, serta karakteristik dari setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran.

Kegiatan Pembelajaran :

  • Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan un­tuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
  • Inti
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran di­lakukan secara interaktif, inspiratif, menyenang­kan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
  • Penutup
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan un­tuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau simpul­an, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindaklanjut.
  • Penilaian hasil belajar
Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indikator pencapaian kom­petensi dan mengacu kepada Standar Penilaian. Penilaian diisikan dengan jelas jika tes tertulis terdiri dari apa sajakah tertulisnya sesuaikan dengan uraian pada kolom indikator, apakah bisa ESSAY, PILIHAN GANDA, PENYUSUNAN LAPORAN atau lainnya yang sifatnya tertulis. Jika Tes-nya berbentuk Lisan demikian pula tes lisan nya apa saja.
  • Sumber Belajar
Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kom­petensi. Sumber Belajar wajib dituliskan lengkap Judul Buku, Modul apa, yang ke-berapa serta Pengarang dan Penerbitnya

Berikut kumpulan lengkap :

RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ) Biologi SMA kelas X, XI dan XII PDf yang bisa didownload :
  1. Download RPP 1 Lembar BIOLOGI SMA Kelas X       :  Download RPP
  2. Download RPP 1 Lembar BIOLOGI SMA Kelas X       :  Download RPP
  3. Download RPP 1 Lembar BIOLOGI SMA Kelas X       :  Download RPP
Sekian artikel tentang RPP Biologi SMA 1 Lembar Daring / Luring Lengkap Kelas X, XI, XII K-13 Revisi 2020 semoga bermanfaat.
Saya adalah orang yang sangat suka dengan hal hal yang baru Suka travelling dan tempat tempat bersejarah. Instagram : nuzulrhmn_ Jangan Lupa Difollow