-->
NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Berikut Penjelasan, Mengapa Penderita Asam Urat Dilarang Makan Emping

Aulaku.com - Bagi orang yang menderita asam urat itu sangat banyak lho ternyata pantangan asam urat mulai dari konsumsi makanan misal emping. Emping sendiri sudah sangat dikenal sangat tidak boleh bagi penderita asama urat untuk mengonsumsinya. Alasan ini dikarenakan emping terbuat dari melinjo yang memiliki kandungan yang dapat membuat asam urat jadi kambuh yang mana rasa nyeri serta bengkak pada persendian di seluruh tubuh.

Emping mlinjo
Emping Mlinjo

Meskipun begitu ternyata masih ada yang masih mempertanyakan apakah emping benar-benar menjadi makanan penyebab asam urat. Dan hal inilah yang masih menjadi keraguan oleh semua orang.

Berikut penjelasan kenana emping menjadi makanan penyebab asam urat.

Asam urat sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh uric acid, yakni senyawa yang diperoleh tubuh saat memecah purin yang menumpuk di persendian. Asam urat sendiri biasanya akan larut dalam bentuk darah yang kemudian hilang lewat urin.

Proses tersebut biasanya tidak berjalan dengan baik dan membuat darah maupun ginjal hanya bisa melepas asam urat ke dalam urin dalam jumlah yang sedikit. Hal ini berakibat menumpuknya asam urat serta mengkristalnya asam urat pada persendian yang mengitari jaringan, sehingga menjadi nyeri, peradangan dan juga pembengkakan.

Asam urat sendiri bisa dibilang sampingan dari purin dan purin ini bisa ditemukan pada aneka jenis makanan penyebab asam urat. Aneka makanan ini juga memiliki kandungan purin tinggi, maka dari itu jenis makanan seperti inilah yang perlu dijauhi. Salah satu makanan yang cukup tinggi zat purin ialah emping.

Purin ialah senyawa alami yang ada pada makanan dan minuman yang dapat diurai oleh asam urat dalam tubuh. Dan jika mengkonsumsi makanan serta minuman yang memiliki zat purin yang sangat tinggi maka sistem pencernaan menjadi lebih banyak memproduksi asam urat dan inilah yang menyebabkan kambuhnya asam urat.

Ada baiknya penderita asam urat tidak mengkonsumsi emping. Hal ini dikarenakan kadar purin dalam 100 gram emping dapat mencapai sekitar 150-800 mg. Dengan jumlah yang sangat tinggi itu dapat membuat tubuh memproduksi asam urat dalam jumlah yang banyak pula dalam memecah purin.

Makanan lain yang memiliki kandungan purin dan perlu dihindari oleh penderita asam urat ialah jeroan, kaldu daging, sosis, bebek, burung, ikan sarden, ikan makerel dan aneka makanan laut misal seperti kerang, udang, dan juga cumi.


Share This Article :
Arie Poller
3673083153873386998
.....KLIK 2X (CLOSE).....