saluran whatsapp aulaku

Download RPP Kimia SMA Kelas X XI XII Kurikulum 2013 Revisi

Berikut ini Penyajian Perangkat Mengajar atau RPP Kimia SMA Kurikulum 2013 Revisi yang bisa dijadikan bahan untuk menyusun RPP berdasarkan susunan atau format alternatif di atas bisa Anda unduh melalui tautan berikut ini :
RPP Kimia SMA Kurikulum 2013 Revisi – Pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan baik apabila guru merencanakannya dengan baik. Perencanaan pembelajaran ini dikenal dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP. Apabila guru menyusun RPP lengkap dan sistematis, maka pembelajaran dapat berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa sebagaimana diharapkan pada Standar Proses. Oleh karena itu, setiap guru wajib menyusun RPP lengkap dan sistematis.

MASBABAL.COM


Komponen RPP

Pada Permendikbud Nomor 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran dinyatakan bahwa RPP merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, dan buku panduan guru. Adapun komponen RPP sesuai dengan Permendikbud tersebut paling sedikit memuat:
  1. Identitas sekolah, mata pelajaran, dan kelas/semester;
  2. Alokasi waktu;
  3. KI, KD, indikator pencapaian kompetensi;
  4. Materi pembelajaran;
  5. Kegiatan Pembelajaran (*);
  6. Penilaian; dan
  7. Media/alat, bahan, dan sumber belajar.
Selanjutnya, dalam Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, bahwa komponen RPP terdiri atas :
  1. Identitas sekolah, identitas mata pelajaran, kelas/semester, materi pokok, alokasi waktu
  2. Tujuan pembelajaran
  3. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
  4. Materi Pembelajaran
  5. Metode Pembelajaran
  6. Media Pembelajaran
  7. Sumber Belajar
  8. Langkah-langkah pembelajaran
  9. Penilaian hasil pembelajaran.

Alternatif Penyajian RPP

Berdasarkan dua Permendikbud tersebut yaitu Permendikbud Nomor 103 tahun 2014 tentang pembelajaran dan Permendikbud Nomer 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses RPP dapat dikembangkan menggunakan tiga alternatif penyajian RPP :

  1. RPP yang mengacu pada komponen Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014
  2. RPP yang mengacu pada komponen Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, dan
  3. RPP yang memadukan komponen dari Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 dan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 (saling melengkapi).
Susunan atau format alternatif penyajian  RPP Kurikulum 2013 terbaru berdasarkan permendikbud Nomer 103 tahun 2014 dan permendikbud Nomer 22 tahun 2016 bisa Anda baca selengkapnya melalui tautan di bawah ini :

Kelengkapan administrasi pengajaran dan pembelajaran selain komponen utamanya yaitu RPP, biasanya dilengkapi dengan perangkat mengajar lainnya, seperti Program Semester, Program Tahunan, Silabus, Penetapan Indikator Pencapaian Kompetensi, Penentuan KKM dan lain-lain. Keseluruhan susunan RPP dan kelengkapan lainnya seringkali disebut dengan Perangkat Mengajar. Adapun item perangkat mengajar / RPP yang kami sajikan berikut ini terdiri dari komponen berikut ini :
  1. Cover
  2. Silabus
  3. Penetapan Indikator Pencapaian Kompetensi
  4. Analisis Keterkaitan KI dan KD dengan Indeks Pencapaian Kompetensi dan Materi pembelajaran
  5. Pemetaan Kompetensi dan teknik Penilaian
  6. Jurnal Mengajar Guru
  7. Penentuan KKM
  8. Analisis Alokasi waktu
  9. Kalender Pendidikan
  10. Analisis Kompetensi
  11. Program Tahunan
  12. Program Semester
  13. RPP
  14. Kode Etik Guru
  15. Lembar Penilaian
Berikut ini Penyajian Perangkat Mengajar atau RPP Kimia SMA Kurikulum 2013 Revisi yang bisa dijadikan bahan untuk menyusun RPP berdasarkan susunan atau format alternatif di atas bisa Anda unduh melalui tautan berikut ini :

  1. Download RPP KIMIA Kelas X    : Download RPP 
  2. Download RPP KIMIA Kelas XI  : Download RPP 
  3. Download RPP KIMIA Kelas XII : Download RPP 


Saya adalah orang yang sangat suka dengan hal hal yang baru Suka travelling dan tempat tempat bersejarah. Instagram : nuzulrhmn_ Jangan Lupa Difollow