-->
NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cek HPmu, Siap-siap 15 September 2020 Kuota Internet Gratis 50 GB Kemendikbud Disalurkan

Aulaku.Com - Untuk kegiatan belajar mengajar secara online, pemerintah akan meluncurkan program bantuan kuota internet kepada siswa, guru, mahasiswa dan dosen. Proses pembagianya diawali dengan pendataan nomor telpon yang langsung dilaporkan ke pihak sekolah atau kampus.



Pendataan ini dilakukan sejak Agustus dan diperpanjang hingga 11 September 2020. Kuota ini akan diberikan setiap bulan untuk Siswa 35GB, Guru 40GB, Mahasiswa 50GB dan Dosen 50GB. Kabar baiknya pembagian kuota internet ini akan disalurkan mulai tanggal 15 September 2020 ini berlaku untuk semua operator di tanah air.

Pemberian kuota internet gratis ini melalui Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) selama empat bulan mulai September hingga Desember 2020. Cara penyaluran kuota Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD-Dikdasmen) Kemendikbud, Jumeri menjelaskan mengenai cara alokasi subsidi kuota internet. 

Yakni peserta didik yang punya nomor ponsel kemudian didaftarkan oleh sekolah. Sekolah segera mengidentifikasi nomor telepon siswa dan guru, kemudian segera dimasukkan di data pokok pendidikan (dapodik).

"Nantinya, dari dapodik akan memilah setiap operator seluler misalnya dari A sampai Z. Setiap nomor, nanti akan diisi pulsa data internet," terangnya. Rencananya, awal September kuota internet itu akan sampai pada nomor telepon siswa dan guru. Namun, bagaimana jika anak tidak punya ponsel dan memakai nomor orang tuanya?

Jumeri memberikan penjelasan bahwa nomor yang didaftarkan boleh memakai nomor orang tuanya. Tak hanya itu saja, jika nantinya masih ada siswa yang belum mendapatan subsidi kuota internet ini, maka masih ada tahapan berikutnya. Artinya, siswa yang mengikuti PJJ semua bakal mendapatkan kuota internet. 

"Kami berharap, orang tua nantinya mau membimbing dan mengawasi anak-anaknya. Anak tidak boleh dibiarkan. Jadi kalau kuota habis untuk hal-hal lain diluar PJJ, ya bisa meminta kuota orang tuanya," jelas Jumeri. Dengan kata lain, Kemendikbud meminta agar setiap orang tua dapat membimbing putra dan putrinya dalam mengakses pembelajaran jarak jauh ini.

Syarat Penerima: 


1. Siswa akitf per tahun ajaran 2020/2021.
2. Terdata di aplikasi Dapodik, dan
3. Melengkapi data diri (menuliskan nomor telepon yang aktif).

Cara Mendapatkan Untuk mahasiswa Perguruan Tinggi.


1. Mahasiswa terdaftar aktif di masing-masing PT,
2. Mendaftarkan nomor telepon ke pihak kampus, dan
3. Operator seluler akan menyalurkan bantuan internet gratis.

Untuk siswa sekolah: 


1. Sekolah mendata nomor tiap siswa dan guru. Bagi anak yang tidak memiliki ponsel, nomor yang didaftarkan boleh n omor orang tuanya.
2. Data yang telah terkumpul disetorkan kepala satuan pendidikan,
3. Nomor itu diinput ke Data Pokok Pendidikan (Dapodik)
4. Pemilahan tiap nomor, dan
5. Penyaluran data ke nomor masing-masing siswa atau guru.

Pemberian kuota internet dari pemerintah bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan jarak jauh (PJJ).
Share This Article :
Nuzulur Rahman

Saya adalah orang yang sangat suka dengan hal hal yang baru Suka travelling dan tempat tempat bersejarah. Instagram : nuzulrhmn_ Jangan Lupa Difollow

3673083153873386998
.....KLIK 2X (CLOSE).....