NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

UN 2020 Ditiadakan, Kenali Soal-soal Asesmen Pengganti UN Ini

Aulaku.Com - Setelah LTMPT resmi menunda pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK),  Ujian Nasional (UN) untuk tahun 2020 resmi dibatalkan.

Peniadaan UN menjadi penerapan kebijakan pembatasan sosial (social distancing) untuk memotong rantai penyebaran virus Covid-19.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas pembahasan UN melalui video conference, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (24/3/2020).

UN ditiadakan untuk tingkat  sekolah menengah atas (SMA) atau setingkat madrasah aliyah (MA), sekolah menengah pertama (SMP), atau setingkat madrasah tsanawiyah (MTs), dan sekolah dasar (SD) atau setingkat madrasah ibtidaiyah (MI).

"Kebijakan peniadaan UN perlu diikuti oleh partisipasi aktif warga dalam penerapan perilaku social distancing, yaitu kerja dari rumah, belajar dari rumah, dan ibadah di rumah," lanjut Presiden.

Dengan begitu, UN tahun lalu adalah UN yang terakhir. Sedangkan tahun depan, UN resmi digantikan oleh Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Survei Karakter. Seperti apa soalnya?

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, AKM dapat menjadi penilaian yang lebih komprehensif untuk mengukur kemampuan minimal yang dibutuhkan  siswa.

Nantinya, AKM akan berisi materi yang meliputi tes kemampuan literasi, numerasi dan pendidikan karakter.

Hal tersebut juga ditegaskan oleh Plt Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Perbukuan Totok Suprayitno di Gedung Kemendikbud, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, soal AKM akan sangat berbeda dengan soal UN sehingga siswa maupun  guru lebih menyiapkan diri.

Soal-soal AKM sendiri akan terbagi atas soal Numerasi dan Literasi. AKM Numerasi terdiri dari beberapa level, yakni level pemahaman konsep, level aplikasi konsep, dan level penalaran Konsep.

Sedangkan AKM Literasi terbagi atas level penalaran konsep, level mencari informasi dalam teks, serta level literasi membaca.

Berikut beberapa contoh soal Asesmen Kompetensi Minimum yang disiarkan oleh Kemendikbud.

Contoh soal AKM Numerasi

Level: Pemahaman Konsep

Level: Aplikasi Konsep



Level: Penalaran Konsep



Contoh soal AKM Literasi

Level: Mencari Informasi dalam Teks



Level: Memahami Teks




Level: Mengevaluasi dan Merefleksi Teks



Share This Article :
Nuzulur Rahman

Saya adalah orang yang sangat suka dengan hal hal yang baru Suka travelling dan tempat tempat bersejarah. Instagram : nuzulrhmn_ Jangan Lupa Difollow

3673083153873386998
.....KLIK 2X (CLOSE).....