NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Daftar PPG Tahun 2021 dan Syarat Daftar PPG Dalam Jabatan Tahun 2021

Cara Mendaftar PPG Tahun 2021 dan Syarat Daftar PPG Dalam Jabatan Tahun 2021 - PPG Tahun 2021 akan dilaksanakan sebentar lagi, maka dari itu segera siap-siap untuk Guru yang sudah mempunyai SK mulai dari Tahun 2015 untuk bisa mengikuti Pendaftaran PPG Tahun 2021.

Cara Daftar PPG Tahun 2021 dan Syarat Daftar PPG Dalam Jabatan Tahun 2021

PPG Dalam Jabatan Tahun 2021 adalah : Program pendidikan yang diselenggarakan setelah program sarjana atau sarjana terapan bagi Guru Dalam Jabatan untuk mendapatkan sertifikat Pendidik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Persyaratan Calon Peserta Program PPG Dalam Jabatan 2021 adalah :

  • Memiliki kualifikasi akademik S-1 / D-IV
  • Guru dalam jabatan yang diangkat sampai dengan bulan Desember 2015.
  • Guru dalam jabatan pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat, Daerah, atau satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat.
  • Terdaftar sebagai guru pada data pokok pendidikan seperti Aplikasi Dapodik
  • Sudah memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan ( NUPTK )
  • Melengkapi Dokumen persyaratan.

Cara Mendaftar PPG Dalam Jabatan Tahun 2021 :

  1. Calon Mahasiswa Program PPG Dalam Jabatan melakukan pendaftaran melalui Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan ( SIMPKB ).
  2. Mengunggah Dokumen Administrasi Ijazah Akademik
  3. Menunggah Dokumen Administrasi Surat Keputusan Pengangkatan Guru Dalam Jabatan.
  4. Mengikuti Seleksi Tahap 1
  5. Mengikuti Seleksi Kemampuan Akademik
  6. Mengikuti Seleksi Tahap 2

Ujian Tahap 1 Seleksi Administrasi :

  • Direktur Jenderal melakukan verifikasi dan validasi dokumen administrasi sebagaimana dimaksud dalam pasal 9 huruf b
  • Dalam melakukan verifikasi dan validasi dokumen administrasi sebagaimana dimaksud dalam huruf a, direktur jenderal dibantu oleh tim verifikasi dan validasi dari LPMP
  • Berdasarkan hasil verifikasi dan validasi direktur jenderal menetapkan calon mahasiswa Program PPG dalam jabatan yang lulus seleksi administrasi Tahap 1 untuk mengikuti seleksi kemampuan akademik.

Seleksi Kemampuan Akademik :

  1. Tes materi profesional, Pedagogik, dan tes potensi akademik berbasis komputer
  2. Wawancara
  3. Seleksi kemampuan akademik dilaksanakan di daerah masing-masing sesuai dengan tempat tinggal atau domisili masing-masing Calon Mahasiswa Program PPG Dalam Jabatan Tahun 2021

Ujian Tahap 2 Seleksi Administrasi :

  • Fotokopi Ijazah pendidikan terakhir yang telah dilegalisir oleh perguruan tinggi yang mengeluarkan ijazah atau lembaga layanan pendidikan tinggi atau dinas pendidikan.
  • Fotokopi surat keputusan SK pertama dan Surat Keputusan SK dua tahun terakhir yang mempunyai ketentuan bahwa guru tersebut memang benar-benar sebagai guru Induk atau guru tetap yayasan.
  • Surat ijin dari kepala sekolah tempat anda mengajar yang mana mengijinkan menjadi mahasiswa program PPG dalam jabatan.
  • Pakta Integritas dari calon mahasiswa bahwa berkas atau dokumen yang diserahkan benar benar dapat dipertanggung jawabkan.
  • Surat penyetaraan dari direktorat jenderal yang menyelenggarakan urusan dibidang pendidikan tinggi bagi maha siswa yang memiliki ijazah kualifikasi akademik S1/D4 dari luar negeri.
Untuk lebih jelasnya anda bisa download file permendikbud No 30 tahun 2020 mengenai PPG Tahun 2021. 

Sekian artikel mengenai Cara Daftar PPG Tahun 2021 dan Syarat Daftar PPG Dalam Jabatan Tahun 2021 semoga bermanfaat.

Share This Article :
Moh. Shahibul 'Ulum

Seseorang yang paham dengan dunia teknologi,parabola,pendidikan,operator, media sosial,paket internet. dan parabola sesuai dengan skill yang di miliki.

3673083153873386998
.....KLIK 2X (CLOSE).....