NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Ingin Bangun Startup? Gunakan Ekstensi Domain .Tech

Startup concept on mobile application. online store smartphone concept suitable for banner application. Premium Vector
Sumber: freepik.com

Saat ini jumlah ekstensi domain total sudah mencapai lebih dari 100 macam. Namun, tentunya konsumen perlu memilih ekstensi mana yang cocok untuk bisnis masing-masing. Salah satu ekstensi yang banyak dipakai oleh pebisnis maupun komunitas berkonsep teknologi adalah .tech. Ada banyak kalangan pendiri startup yang antusias membeli domain tersebut.

Setiap kali orang yang sudah lama berkecimpung di dunia internet mendengar website dengan ekstensi .tech, pasti yang terbayang dalam pikirannya adalah website yang berisikan konten maupun menjual teknologi. Menggunakan ekstensi .tech juga lebih mudah diingat oleh pengunjung website, karena singkat dan citra teknologi langsung melekat di benak pengunjung.

Apa Itu Domain .Tech?

Ekstensi .tech adalah ekstensi yang penggunanya sebagian besar berasal dari brand, perusahaan, individu, murid yang berantusias terhadap teknologi. Isi dari website dengan ekstensi tersebut bisa sangat bervariasi dan intinya tetap berfokus pada teknologi. Ini bisa lebih luas konsepnya dibandingkan dengan website dengan ekstensi .IO atau .AI yang spesifik.

Mencari nama domain menggunakan .tech lebih mudah daripada website dengan akhiran .com dan .net yang sudah ada lebih dahulu ada sejak beberapa dekade lalu. Penggunaan dari .tech juga bisa membuat perusahaan dapat mengembangkan bisnis yang berhubungan dengan perkembangan teknologi, tanpa harus mengubah nama domain maupun brand.

Adakah Website Terkenal dengan Ekstensi .Tech?

Sebagian besar orang yang hendak membeli nama domain dalam bentuk ekstensi .tech pasti berpikir dahulu tentang ada tidaknya website yang sudah populer menggunakan ekstensi tersebut. Itu adalah pertanyaan yang lazim diajukan bagi setiap konsumen yang hendak memakai .tech. Kamu bisa lihat banyak contohnya di bawah ini:

1.    Website Viacom

Viacom.tech website adalah salah satu contoh website yang sangat terkenal di Amerika Serikat sebagai perusahaan pemasangan jaringan kabel. Perusahaan tersebut memilih ekstensi .tech, karena memang bisnisnya berkecimpungan di dunia yang berhubungan dengan teknologi.

2.    Website Intel Corporation

Hampir semua generasi milenial kenal dengan perusahaan Intel, terutama di dunia teknologi laptop, smartphone, IoT, dan lain-lain. Perusahaan tersebut juga memiliki website dengan ekstensi .tech dengan URL www.insight.tech.

3.    Website Tech Influencer

Austin Evans adalah salah satu influencer di Youtube dengan jumlah subscriber sekitar 4 juta. Ia juga menggunakan URL  www.austinevans.tech untuk bisa menuju ke chanel Youtubenya secara langsung.

Sebuah Startup Lebih Cocok Pakai .Tech atau .Com?

Kamu harus memahami bahwa .com diciptakan untuk website dengan sifat komersial. Ekstensi tersebut sifatnya sangat mirip secara komersial, seperti .edu, .website, dan lain-lain. Beberapa ekstensi komersial yang sudah disebutkan tadi diciptakan sudah lebih dari 3 dekade lalu.

Sangat sulit mencari nama domain sekarang dengan menggunakan ekstensi yang bersifat komersial. Kamu perlu keberuntungan yang tinggi dan juga kreativitas tanpa batas. Jika startup yang didirikan berbasis di dunia teknologi, mengapa tidak kamu menggunakan nama domain yang diinginkan dengan ekstensi .tech.

Ekstensi tersebut memang diciptakan untuk membuat peluang bagi pendatang baru di dunia internet, sehingga mereka bisa membuat website dengan nama domain yang mereka inginkan. Website berbasis .com lebih ditujukan pada tujuan komersial.

Sedangkan website dengan basis .tech lebih ditujukan untuk penggunaan pada perusahaan yang berbasis teknologi dan perkembangannya. Kamu bisa tentukan sendiri untuk mengarahkan bisnis ke arah komersial atau berfokus pada teknologi.

Pendapat Orang Berpengalaman tentang .Tech

Untuk membuat kamu yakin tentang penggunaan .tech bisa membuat website menjadi populer, maka perlu mendengarkan apa kata ahli atau orang yang berpengalaman. Penasaran tentang apa saja kata orang yang ahli atau berpengalaman, maka kamu bisa simak ini:

1.    Jeff Joseph

Tanggapan dari Jeff Joseph, seorang Vice President CES, mengenai .tech domain adalah CES sebagai perusahaan yang berinovasi di bidang teknologi dengan senang hati menggunakan domain .tech. Ekstensi tersebut menjadi image dari perusahaan CES yang memang berkecimpung di dunia teknologi.

2.    Heather Stratford

Ada juga pendapat lain dari para ahli tentang domain .tech yakni Heather Stratford yang seorang CEO di Stronger. Sekilas informasi tentang perusahaan Stronger adalah perusahaan yang memberikan pelatihan online berkaitan dengan perkembangan teknologi. Misalkan saja training tentang Security Awareness, Enterprise, Anti-Pembobolan (Hacker), dan lain-lain.

Ia berpendapat bahwa menggunakan .io itu membuat orang awam yang tidak berasal dari industri teknologi kurang paham dengan artinya. Sedangkan perusahaan ini memiliki target menjadi perusahaan internasional yang memang bergerak di bidang teknologi. Akhirnya .tech adalah ekstensi yang  tepat dan memberikan pencitraan yang kuat tentang teknologi.

Apabila kamu ingin memiliki website yang berisikan tentang berita teknologi, maka tidak ada salahnya juga menggunakan ekstensi .tech. Ekstensi ini juga cocok bagi perusahaan maupun startup yang berkecimpung di dunia teknologi. Jika kamu memang berminat untuk membeli .tech, bisa kamu wujudkan melalui hosting DomaiNesia.

Share This Article :
Moh. Shahibul 'Ulum

Seseorang yang paham dengan dunia teknologi,parabola,pendidikan,operator, media sosial,paket internet. dan parabola sesuai dengan skill yang di miliki.

3673083153873386998
.....KLIK 2X (CLOSE).....