NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Perlu Diketahui UU Cipta Kerja Pegawai Yang Kena PHK Dapat Jaminan Kehilangan Pekerjaan

Perlu Diketahui UU Cipta Kerja Pegawai Yang Kena PHK Dapat Jaminan Kehilangan Pekerjaan

Perlu Diketahui UU Cipta Kerja Pegawai Yang Kena PHK Dapat Jaminan Kehilangan Pekerjaan

Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan informasi mengenai Perlu Diketahui UU Cipta Kerja Pegawai Yang Kena PHK Dapat Jaminan Kehilangan Pekerjaan. Jadi bagi anda yang penasaran mengenai informasi ini silahkan baca sampai selesai ya.

DPR RI telah mengesahkan Rancangan Undang-undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja menjadi undang-undang pada hari ini, Senin (5/10/2020). 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan melalui RUU Cipta Kerja terdapat skema perlindungan baru terhadap korban pemutusan hubungan kerja (PHK) barupa program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP). 

"Pandemi Covid tidak hanya memberikan dampak besar terhadap perekonomian, tetapi membutuhkan skema perlindungan baru. Dan skema perlindungan ini adalah program jaminan kehilangan pekerjaan yang memberikan manfaat, yaitu cash benefit," ujar Airlangga ketika memberikan paparan usai pengesahan RUU Cipta Kerja dalam Rapat Paripurna.

Selain uang tunai, korban PHK juga akan mendapatkan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan sekaligus mendapatkan akses infromasi untuk kembali masuk ke pasar tenaga kerja. 

"Dengan demikian, bagi pekerja atau buruh yang mengalami PHK tetap terlindungi dalam jangka waktu tertentu sambil mencari pekerjaan baru yang lebih sesuai," jelas Airlangga. Program JKP tersebut berbeda dengan pesangon atau uang penghargaan masa kerja. 

Baca Juga : Yang Belum Perna Lolos Jangan Sedih, Inilah Bocoran Kuota Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11 Akan Dibuka

Di dalam draft UU Cipta Kerja pasal 46A dijelaskan program tersebut diselenggarakan oleh badan penyelenggara jaminan sosial ketenagakerjaan, dalam hal ini adalah BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek. 

“Pekerja/buruh yang mengalami pemutusan hubungan kerja berhak mendapatkan jaminan kehilangan pekerjaan,” tulis Pasal 46A ayat 1 beleid tersebut.

Meski demikian, tak semua pekerja bisa mendapatkan jaminan tersebut. Hanya oemerja yang telah membayar iuran di BPJamsostek yang akan memperoleh jaminan tersebut. 

Sumber pendanaan jaminan kehilangan pekerjaan berasal dari modal awal pemerintah; rekomposisi iuran program jaminan sosial; dan/atau dana operasional BPJS Ketenagakerjaan. 

“Peserta Jaminan Kehilangan Pekerjaan adalah setiap orang yang telah membayar iuran,” tulis Pasal 46C UU Cipta Kerja. Adapun ketentuan lebih rinci mengenai JKP tersebut akan tertuang dalam aturan turunan, yakni berupa Peraturan Pemerintah (PP).

Baca Juga : Anda Harus Tau, Susu Sapi Atau Susu Kedelai, Mana Yang Paling Baik Untuk Tubuh?

Baca Juga :

Ayo Mengenal Program Ke-5 BPJS, Yaitu Jaminan Kehilangan Pekerjaan 

Inilah Penjelasan Kepala BKN Mengenai Pengumuman Kelulusan CPSN 2019

Ayo Mengenal Program Ke-5 BPJS, Yaitu Jaminan Kehilangan Pekerjaan 

Download Contoh Soal PTS Kelas 1,2,3,4,5 & 6 K13 Disertai Kunci Jawaban

Share This Article :
Lutfi

Blog ini menyajikan informasi tentang pendidikan, tutorial, tips & trik serta renungan. Dan pastinya masih banyak hal-hal lain yang yang ada disini. Semoga Bermanfaat.

3673083153873386998
.....KLIK 2X (CLOSE).....