NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Mengatasi Game Android Lag - Aulaku

Cara Mengatasi Game Android Lag - Saat sedang bermain game, hal paling menyebalkan selain kekalahan adalah ketika Android tiba-tiba menjadi lag atau lemot. Jika sudah begitu, bermain game tidak lagi menjadi hal yang menyenangkan, sehingga diperlukan cara mengatasi game Android lag.

Cara Mengatasi Game Android Lag

Lag pada game bisa terjadi karena beberapa faktor. Tak melulu soal performa smartphone, lag juga bisa terjadi karena jaringan yang tidak stabil. Untuk itu, simak pembahasan berikut ini untuk mengatasi lag saat bermain game di Android:

1.     Keluarkan Semua Aplikasi

Cara mengatasi game Android lag yang pertama adalah dengan mengeluarkan semua aplikasi yang sedang berjalan. Saat sedang menjalankan aplikasi, kapasitas RAM di smartphone akan berkurang. Jika sisa RAM terlalu sedikit, kemungkinan besar akan terjadi lag.

Maka dari itu, pastikan untuk mengeluarkan semua aplikasi yang ada di recent apps sebelum menjalankan game. Game dengan genre Battle Royale biasanya memerlukan RAM yang cukup lega agar bisa dimainkan dengan lancar.

Di beberapa smartphone sudah memiliki fitur gaming mode yang bisa memaksimalkan penggunaan RAM untuk bermain game. Di HP yang belum memiliki fitur ini bisa menggunakan aplikasi RAM booster yang terdapat di Play Store.

2.     Pastikan HP Tetap Dingin

Android menjadi lag saat memainkan game juga bisa terjadi karena overheat atau terjadi kenaikan suhu pada HP tersebut. Jika suhu di HP terlalu tinggi, processor akan menurunkan kinerja hardware agar suhu bisa turun. Penurunan kinerja inilah yang menyebabkan Android menjadi lag.

Jika hal ini terjadi sebaiknya jangan memainkan game terlebih dahulu dan tunggu beberapa saat sampai suhu di HP kembali normal. Jika suhu tiba-tiba panas di tengah permainan, sebaiknya cari ruangan dengan suhu yang dingin atau sediakan kipas angin di dekat HP tersebut.

Di beberapa kasus cara ini cukup efektif untuk mengatasi lag pada Android. Agar tidak terlalu sering mengalami kenaikan suhu yang terlalu tinggi, sebaiknya pilihlah smartphone dengan prosesor tertentu. Pasalnya, terdapat smartphone dengan prosesor tangguh, tetapi mudah panas.

3.     Gunakan Jaringan yang Stabil

Jika game yang dimainkan membutuhkan koneksi internet, pastikan koneksi yang digunakan dalam keadaan baik. Terkadang game tidak membutuhkan koneksi yang cepat, tetapi cukup dengan koneksi normal tetapi stabil.

Cara ini bisa dilakukan dengan melihat status koneksi di layar HP apakah stabil di jaringan tertentu atau berubah-ubah. Jika terjadi masalah jaringan saat bermain, cobalah untuk mematikan sementara paket data selama 20 detik, lalu nyalakan kembali setelahnya.

Bisa juga dengan merestart modem selama beberapa saat jika jaringan yang digunakan adalah jaringan Wifi. Biasanya cara ini akan membuat koneksi menjadi lebih baik dan game pun bisa dimainkan dengan lancar.

4.     Turunkan Tampilan Grafis di Dalam Game

Cara mengatasi game Android lag berikutnya bisa dengan mengubah tampilan grafis dari game tersebut. Untuk menampilkan grafis dengan kualitas HD diperlukan kerja prosesor yang cukup tangguh. Jika HP yang digunakan tidak mendukung, tentu saja game akan menjadi lag.

Meski begitu, dalam sebuah game biasanya terdapat pengaturan grafis yang bisa diubah. Jika menggunakan settingan high membuat game menjadi berat, maka ubahlah settingan ke medium atau low agar game bisa lebih ringan saat dimainkan.

Game-game dengan genre MOBA, battle royale, atau racing biasanya memiliki grafik yang cukup tinggi, sehingga untuk HP dengan spesifikasi medium sebaiknya menggunakan settingan menengah atau low saja.

5.     Update Game

Di beberapa kasus sering terjadi lag untuk game yang belum dilakukan pembaruan di dalamnya. Untuk itu, selalu cek status game di Google Play Store, apakah memiliki pembaruan atau tidak. Jika terdapat pembaruan, segera download dan mainkan versi terbarunya.

Selain memberikan fitur-fitur tambahan, pembaruan juga dapat mengatasi bug atau kesalahan yang terjadi pada game. Mungkin saja lag yang terjadi akibat kesalahan pada game itu sendiri yang hanya bisa diatasi dengan pembaruan tersebut.

Agar tidak ketinggalan dalam melakukan update pada game, sebaiknya aktifkan notifikasi dari Google Play Store. Biasanya, Google Play Store akan memberikan notifikasi jika terdapat pembaruan pada aplikasi atau game yang diinstall.

6.     Ganti HP

Opsi terakhir yang bisa dilakukan jika semua cara sudah dicoba, tetapi game masih saja lag saat dimainkan adalah dengan membeli HP yang baru. Belilah HP dengan spesifikasi yang lebih tinggi dan bisa menjalankan banyak aplikasi terbaru.

Sebuah game atau aplikasi bisa dilakukan pembaruan kapan saja, sehingga setiap kali diupdate akan membutuhkan kemampuan hardware yang lebih tinggi. Jika update game sudah dilakukan semakin jauh, bisa saja HP yang digunakan sudah tidak kompatibel lagi untuk memainkannya.

Maka dari itu, belilah HP baru yang memiliki spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan game tersebut.

Keenam cara mengatasi game Android lag di atas bisa diterapkan jika lag yang terjadi cukup mengganggu. Kalian juga bisa membaca tips tips seputar game di segitekno.com. Selamat mencoba!

Share This Article :
Moh. Shahibul 'Ulum

Seseorang yang paham dengan dunia teknologi,parabola,pendidikan,operator, media sosial,paket internet. dan parabola sesuai dengan skill yang di miliki.

3673083153873386998
.....KLIK 2X (CLOSE).....