NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Mendaftar dan Aktifkan Akun Pembelajar belajar.id Untuk Siswa, Guru, Tenaga Kependidikan, dan Operator Satuan Pendidikan

Cara Mendaftar / Mendapatkan Akun Pembelajar Untuk Siswa, Guru, Tenaga Kependidikan, dan Operator Satuan Pendidikan di Website belajar.id - Kabar gembira untuk para guru, siswa, tenaga kependidikan, dan Operator Satuan Pendidikan yang mana untuk saat ini ada yang namanya layanan pembelajaran berbasis elektronik yang disajikan secara gratis oleh PUSDATIN ( Pusat Data dan Teknologi Informasi.

Cara Mendaftar dan Aktifkan Akun Pembelajar belajar.id Untuk Siswa, Guru, Tenaga Kependidikan, dan Operator Satuan Pendidikan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Pusat Data dan Teknologi Informasi ( PUSDATIN ) memberikan akses layanan pembelajaran berbasis Online / Elektronik yang mana untuk biaya free alias gratis berupa akun pembelajaran dengan domain belajar.id.

Laman belajar.id dibuat untuk mempermudah pembelajaran yang dilakukan oleh para guru atau pendidik dan peserta didik pada masa pandemi Covid-19 dengan menggunakan konsep pembelajaran daring atau belajar dirumah dengan menggunakan sistem online.

Akun Pembelajar di laman belajar.id dapat digunakan oleh siswa dan guru juga tenaga kependidikan mulai jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK, Paket A, Paket B, dan Paket C. Untuk Tenaga Kependidikan atau Tendik yang dimaksud adalah Kepala Sekolah dan Operator Sekolah.

Berikut Peserta yang bisa menggunakan Akun Pembelajar di laman belajar.id :

  1. Seluruh peserta didik SD dan Program Paket A kelas 5 dan kelas 6, 
  2. Jenjang SMP dan Program Paket B kelas 7,8 dan 9, 
  3. Jenjang SMA dan Program Paket C kelas 10 ,11 dan 12, 
  4. Jenjang SMK kelas 10 sampai dengan kelas 13, dan SLB kelas 5, 6, 7,8, 9, 10, 11, 12; 
  5. Pendidik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah; 
  6. Tenaga kependidikan yang ada pada satuan pendidikan meliputi  kepala satuan pendidikan dan operator sekolah.

Akun pembelajar mempunyai batas waktu yang mana jika anda tidak mengakses akun ini sampai bulan Juni 2021 maka sistem dari website belajar.id tidak akan bisa diakses dan akan dinonaktifkan secara otomatis.

Akun pembelajaran belajar.id berbentuk akun google dengan domain @belajar.id secara otomatis dapat menggunkan program G suite for education. Selain itu Akun pembelajaran belajar.id bersifat gratis atau bebas biaya dalam pembuatan akunnya. Jutaan akun yang dikelola oleh google memiliki tingkat keamanan yang sangat baik atau bertingkat tinggi. Yang tidak kalah pentingnya adalah bahwa Akun pembelajaran belajar.id dapat digunakan untuk mengakses layanan-layanan yang dimiliki oleh kemdikbud misalnya rumah belajar dan lain-lain.

Lalu bagaimana caranya untuk mengakses dan mengaktifkan akun pembelajar belajar.id? 

Jenis-jenis layanan pembelajaran yang seperti apa yang dapat diakses dengan Akun Pembelajaran di antaranya adalah sebagai berikut antara lain sebagai berikut:

  1. SUREL surat elektronik (email), 
  2. Penyimpanan dan pembagian dokumen secara elektronik, 
  3. Pengelolaan administrasi pembelajaran secara elektronik, 
  4. Penjadwalan proses pembelajaran secara elektronik, 
  5. Pelaksanaan proses pembelajaran secara daring, 
  6. Baik secara sikronus maupun asinkronus, 

Dan Rumah Belajar Kemendikbud untuk materi pembelajaran yang akan dilaksanakan bersama peserta didik, sehingga pembelajaran kaya akan materi dan aktivitas.

Berikut ini adalah  layanan pembelajaran yang dapat diakses dengan menggunakan Akun Pembelajaran belajar.id adalah sebagai berikut:

  1. quizizz
  2. Salamender Soft
  3. PBS learning media
  4. Knovation learning
  5. Flat for Edu
  6. Quipper
  7. Rumah Belajar
  8. Google Classroom
  9. Google Hangout
  10. Google Slides
  11. Google Sheet
  12. Google Drive
  13. Google Doc
  14. Zoom
  15. Zenius
  16. Khan Academy
  17. Bahaso
  18. Pahamify
  19. Pintaria
  20. Udemy
  21. Coursera
  22. Ruang Guru
  23. Buncee
  24. CK 12
  25. DataClassroom
  26. Drawp for School
  27. Formative
  28. LanSchool
  29. Rediker
  30. Schoolrunner
  31. Story Jumper
  32. Sycamore school
  33. RealSmart
  34. Tes Blendspace
  35. Tynker
  36. Unicheck

Berikut ini adalah cara dalam mengakses dan mengaktifkan Akun Pembelajaran belajar.id?

  1. Operator satuan pendidikan masuk ke laman pd.data.kemdikbud.go.id 
  2. Silahkan anda login mengunakan akun yang terdaftar pada sdm.data.kemdikbud.go.id
  3. Setelah masuk laman tersebut, 
  4. silahkan anda pilih tombol “Unduh Akun” untuk mengunduh dokumen CSV yang berisi daftar nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) Akun Pembelajaran di satuan pendidikan yang bersangkutan.
  5. Akun yang sudah berhasil diunduh silahkan anda bagikan  Akun Pembelajaran tersebut kepada setiap pengguna Akun Pembelajaran di satuan pendidikan yang bersangkutan;
  6. Untuk melakukan aktivasi Akun Pembelajaran, pengguna menggunakan user ID dan password Akun Pembelajaran untuk login di laman mail.google.com; 
  7. Pengguna menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan 
  8. Akun Pembelajaran serta mengganti password Akun Pembelajaran belajar.id
  9. Setelah akun anda aktif silahkan anda melakukan aktivitas untuk melakukan dan memanfaatkan akun tersebut dalam pembelajaran. Berikut ini adalah beberapa materi berkaitan dengan Cara mendapatkan dan mengaktifkan akun pembelajaran belajara.id.
  10. Materi 1 salinan persejen
  11. Materi 2 Surat edaran sesjen
  12. Materi 3 paparan sesjen

Sekian artikel mengenai Cara Mendaftar dan Aktifkan Akun Pembelajar belajar.id Untuk Siswa, Guru, Tenaga Kependidikan, dan Operator Satuan Pendidikan semoga bermanfaat.

Share This Article :
Moh. Shahibul 'Ulum

Seseorang yang paham dengan dunia teknologi,parabola,pendidikan,operator, media sosial,paket internet. dan parabola sesuai dengan skill yang di miliki.

3673083153873386998
.....KLIK 2X (CLOSE).....