Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MENGATASI HILANGNYA SIARAN SAAT HUJAN LEBAT

CARA MENGATASI HILANGNYA SIARAN SAAT HUJAN LEBAT

 Halo pemirsa pengguna parabola digital jumpa lagi dengan saya dalam membahas masalah yang sering d hadapi pemirsa pengguna parabola ketika musim hujan.
Ketika musim hujan terkadang banyak orang yang mengalami siaran hilang atau kualitas menurun apa lagi saat mendung dan angin. Terutama untuk pengguna parabola mini yang kebanyakan lock siaran K-Vision, NINMEDIA, Nex parabola dll.

Apabila kualitas sinyal memburuk tentu juga berdampak pada siaran yang di tonton, terkadang siaran seperti CD macet atau CD rusak.
Di sini saya bagikan tips cara untuk mendapatkan sinyal dengan kualitas yang cukup meski saat hujan 

1.Maksimalkan Kualitas Sinyal
Saat mengatur parabola sebaiknya kita mentracking itu ketika cuaca bagus dan maksimal kan Sampai dapat sekitar 82% atau lebih .sebab apa meskipun ketika hujan atau angin tetap bagus karena biasanya ketika musim hujan menurun paling tidak ke 65% .dan itu jadi minimalis kualitas karena kalau kurang dari 60% akan berdampak pada buruk nya siaran 
Perlu kesabaran dan ketekunan untuk menangkap sinyal terbaik. Terakhir adalah memastikan semua baut terpasang kuat sehingga dish tidak bergeser saat hujan deras disertai angin badai.
Pastikan juga jangkauan dish parabola anda jauh dari pepohonan atau gedung tinggi
Kkrena bisa saja terhalang dishnya sebaiknya dipotong saja. Terkadang ada juga daun yang menumpuk pada dish hingga mengotori parabola. Selain itu banyak kasus parabola yang rusak akibat keambrukan pohon setelah hujan berangin.


Selain itu juga sangat perlu untuk mengecek kualitas LNB . Bersihkan karat yang mungkin muncul di konektor.  Pastikan saat memasang di pasang pula pelindung bisa juga memakai penutup dengan botol AQUA untuk menghadapi musim hujan agar LNB tidak kemasukkan air.

Ganti Dish yang Lebih Lebar
Ini khusus untuk pemakai ku-band baik K-Vision atau NEX Parabola yang hanya menggunakan dish parabola berukuran 45 cm. Meskipun sudah dapat menglock sinyal satelit Measat 3a ataupun SES 9. Namun saat musim hujan dan angin pasti mengalami penurunan yang sangat besar karena terlalu kecik cakupan area nya
Hal yang dapat di lakukan saat mengalami ini adalah dengan mengganti dish dengan yang lebih lebar. Dish solid berd100cm cukup bagus untuk Pay TV jalur Ku-band. Jadi semakin besar dish nya semaki. Bagus cakupan area nya.

Beralih ke C-band atau S-band
Apabila anda memakai ku-band dengan dish kecil menghilang saat turun hujan, cara termudah adalah beralih ke C-band. Pita frekuensi C memang lebih tahan terhadap curah hujan tinggi. Alasan inilah mengapa di Indonesia lebih banyak pengguna parabola jaring.