NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Bagaimana Caranya Supaya Bisa Mendaftar Sebagai Siswa Penerima PIP atau Mendapatkan Bantuan PIP

Bagaimana Caranya Supaya Bisa Mendaftar Sebagai Siswa Penerima PIP atau Mendapatkan Bantuan PIP -  Ditengah badai pandemi Covid-19 ini banyak orang tua siswa yang ingin anaknya terdaftar kedalam program Indonesia Pintar, karena dengan adanya PIP ini bisa meringankan beban orang tua dalam hal masalah biaya sekolah yang mesti adanya pandemi tetap dengan biaya yang seperti sebelum pandemi, maka dari itu saat ini banyak yang bertanya kepada saya bagaimana caranya untuk mendaftar atau terdaftar sebagai siswa penerima bantuan Program Indonesia Pintar / PIP.

Bagaimana Caranya Supaya Bisa Mendaftar Sebagai Siswa Penerima PIP atau Mendapatkan Bantuan PIP

Nah, disini saya akan bercerita mengenai pengalaman saya yang waktu itu masih pertama kali menjadi seorang Operator Sekolah yang mengurus pendataan mulai dari Dapodik, PMP, Vervalpd, vervalptk, Eds, dan PiP.

PIP adalah kepanjangan dari Program Indonesia Pintar yang mana program ini dikhususkan bagi anak yang kurang mampu, seperti yatim, piatu, siswa rentan miskin, rumah kebakaran, kecelakaan dan lainnya, dengan adanya program PIP ini pemerintah berharap bisa membantu masalah orang tua yang tidak mampu dalam melakukan pembayaran di sekolah tempat anaknya sekolah, program ini diluncurkan oleh presiden jokowi yang mana rilis pertama nama KIP yang kepanjangannya Kartu Indonesia Pintar.

Untuk siswa yang ingin mendapatkan bantuan PIP harus mempunyai 3 kartu khusus diantaranya adalah :

  1. KIP ( Kartu Indonesia Pintar )
  2. KIS ( Kartu Indonesia Sehat )
  3. KKS ( Kartu Keluarga Sejahtera )
Program ini sepertinya untuk penerbitan kartunya sudah tidak tersedia lagi, dan siswa yang menerima pada waktu itu ditahun 2014an kalau tidak salah. Nah, untuk siswa yang mempunyai salah satu kartu tersebut bisa mendaftar sebagai penerima Bantuan PIP ( Program Indonesia Pintar ), maka dari itu untuk bisa mendapatkan PIP tahap yang harus dilakukan :
  1. Pada waktu pendataan di sekolah baik itu Emis atau Dapodik siswa sudah dimintai nomor unik dari 3 kartu tersebut, maka dari itu pihak orang tua harus aktif menanyakan kepada sekolah apakah anaknya sudah di daftarkan di dapodik sebagai siswa penerima PIP atau tidak.
  2. Jika orang tua atau siswa tidak mempunyai ketiga kartu tersebut, masih bisa melakukan pendaftaran sebagai siswa penerima bantuan PIP dengan syarat perekonomian orang tua memang benar-benar tidak memungkinkan, maka dari itu orang tua bisa denga membuat surat SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu / kurang Mampu) ke desa dimana anak tersebut tinggal, maka setelah anak tersebut dapat surat SKTM dari kelurahan bisa mengajukan pengajuan sebagai siswa penerima Bantuan PIP dengan cara diberikan kepada petugas data yaitu Operator Sekolah Dapodik atau Emis.
Nah, bagaimana cukup mudah bukan untuk bisa terdaftar sebagai siswa penerima bantuan Program Indonesia Pintar (PIP).

Sekian artikel mengenai Bagaimana Caranya Supaya Bisa Mendaftar Sebagai Siswa Penerima PIP atau Mendapatkan Bantuan PIP semoga bermanfaat.

Share This Article :
Moh. Shahibul 'Ulum

Seseorang yang paham dengan dunia teknologi,parabola,pendidikan,operator, media sosial,paket internet. dan parabola sesuai dengan skill yang di miliki.

3673083153873386998
.....KLIK 2X (CLOSE).....