NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Ini Alasan Kenapa Jumlah Umat Islam Tumbuh Pesat di Jepang

AULAKU.COM - Edukasi kali ini adalah kenapa sih masyarakat jepang bosa menerima islam dengan pesat? yuk kita bahas.

kontrasaceh.net

 

Walaupun agama islam adalah agama yang berasal dari negeri timur, yaitu arab, bukan berarti tidak bisa menyebar kemana-mana yah gengs.

Jadi begini, beberapa tahun terakhir ini sudah banyak sekali orang-orang yang mempromosikan agamanya, tentang keyakinannya. di era sekarang banyak sekali cara mempromosukan agama kita, kalau di dalam islam itu disebut dengan istilah Dakwah. ya kita bisa berkwah kapan saja, dan dimana saja.

Semua agama di dunia adalah fondasi moral dan kepercayaan yang membantu membentuk masyarakat dengan cara yang positif. Faktanya, Islam memiliki potensi besar untuk mengatasi masalah sosial  seperti rasisme, ketidaksetaraan, dan perbedaan gender di antara banyak lainnya. 

Orang-orang lebih memahami Islam dan ini menjadikannya salah satu agama dengan pertumbuhan tercepat di dunia. 

Faktanya, di negara Asia Timur seperti Jepang, hampir 112 ribu hingga 230 ribu orang telah memeluk Islam sehingga menjadikannya salah satu negara tempat agama berkembang pesat.  

Meskipun Jepang tidak menyambut baik Muslim di masa lalu, dalam beberapa tahun terakhir, mereka menjadi lebih menerima dalam hal pemahaman agama atau budaya yang berbeda dari mereka. Muslim di Jepang berasal dari berbagai latar belakang kebangsaan, etnis, budaya dan gaya hidup.   

Beberapa Muslim Jepang secara ketat mengikuti tradisi mereka seperti sholat dan puasa, sementara yang lain lebih liberal. Banyak faktor yang mendorong pertumbuhan pesat populasi Muslim di Jepang yaitu sebagai berikut:

Pertama, di Jepang, sekitar setengah dari Muslim yang menetap telah menikah.  Ini menunjukkan bahwa Jepang akan memiliki lebih banyak Muslim generasi kedua dan ketiga di masa depan. 

Muslim generasi baru ini akan dihadapkan pada latar belakang budaya dan sosial yang beragam dan akan menjadi kunci untuk menjembatani masyarakat tradisional Jepang dengan komunitas Muslim. 

Kedua, pertumbuhan ekonomi. Alasan besar kedua mengapa populasi Muslim terkonsentrasi di Jepang adalah karena pertumbuhan ekonomi. Orang-orang dari negara mayoritas Muslim seperti Iran, Pakistan, Indonesia, Bangladesh, dan lainnya datang ke Jepang sebagai pekerja. 

Ketiga, menjamurnya masjid. Berbicara tentang masuknya imigran Muslim dan masjid, tempat ibadah tersebut memiliki sejumlah fungsi komunitas. Ini termasuk menawarkan kesempatan bagi non Muslim Jepang untuk bersosialisasi dan belajar tentang agama.  

Saat ini semakin banyak masjid sedang dibangun dan menerima tur dari non Muslim Jepang sehingga keyakinan Islam tersebar ke masyarakat. Namun, dengan bertambahnya jumlah masjid di seluruh Jepang, perselisihan juga muncul di berbagai kota.

Keempat, Islamofobia. Salah satu aspek yang paling menarik adalah persepsi anti-Islam di seluruh dunia berdampak pada peningkatan umat Islam di Jepang. Orang-orang menjadi penasaran dan ingin tahu bagaimana salah satu agama besar di seluruh dunia telah memicu kekerasan atau tidak.  

Masjid-masjid tersebut mengalami peningkatan jumlah pengunjung Jepang non Muslim di tempat itu, yang menunjukkan motivasi orang Jepang untuk belajar lebih banyak tentang Islam.

Kelima, wisata bebas visa. Di beberapa negara Muslim seperti Indonesia dan Malaysia, wisatawan tidak memerlukan visa untuk bepergian ke Jepang. Meningkatnya perjalanan dengan pesawat berbiaya rendah juga menjadi penyebab orang-orang dari negara-negara Muslim menikmati tur di Jepang.

Keenam, meningkatnya fasilitas untuk Muslim. 

Untuk melayani konsumen Muslim dengan lebih baik dari seluruh dunia, banyak restoran telah berusaha lebih keras untuk memastikan bahwa mereka memiliki makanan halal. 

Mereka juga berusaha untuk mendapatkan sertifikasi halal dari berbagai organisasi Jepang.  Dalam hal tersebut, Jepang melakukan upaya maksimal dalam menjaga sikap yang lebih netral dan ramah terhadap Muslim. 

Ketujuh, tingkat perpindahan agama yang rendah. Perpindahan agama relatif rendah di masyarakat Muslim dan hal yang sama berlaku untuk Muslim Jepang. Secara umum, umat Islam yang lahir dari orang tua Muslim terlepas dari tempat lahirnya, cenderung menganut agama Islam. 

Bahkan jika mereka tidak mengikuti keyakinan mereka sepenuhnya, mereka kebanyakan mengidentifikasi sebagai Muslim sehingga memunculkan Muslim Jepang di Jepang.

Ini adalah kebenaran dan diakui secara universal bahwa apa yang dipikirkan seseorang tentang agama sangat bergantung pada apa yang kita anggap sebagai agama. 

Oleh karena itu, Jepang jelas meningkatkan upaya mereka untuk memperkenalkan lebih banyak toleransi, penerimaan, dan harmoni dalam masyarakat mereka untuk memahami Islam, yang terus menerus disalahpahami oleh dunia.

Jadi gimana gengs, edukasi kali ini cukup ya kan menambah wawasan kita sebagai anak milenial yang ingin sekali menambah wawasan tentang penyebaran agama islam.

 

Referensi artikel, Republika.co.id

Share This Article :
Nuzulur Rahman

Saya adalah orang yang sangat suka dengan hal hal yang baru Suka travelling dan tempat tempat bersejarah. Instagram : nuzulrhmn_ Jangan Lupa Difollow

3673083153873386998
.....KLIK 2X (CLOSE).....