Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Peralatan Tukang Las Dan Fungsinya Lengkap

Peralatan tukang las dan fungsinya menjadi informasi yang penting untuk Anda yang ingin bergelut dalam dunia pengelasan. Karena semua profesi tentunya membutuhkan informasi mengenai profesi yang digeluti seperti halnya tukang las. Banyak barang yang dibutuhkan sebagai tukang las.


Nah, barang-barang tersebut harus diketahui nama dan fungsinya. Hal tersebut bertujuan agar Anda ketika mengerjakan profesi pengelasan tidak salah barang dan fungsinya. Jika Anda salah mengetahui fungsinya bisa terjadi hal yang berbahaya. Apalagi jika bisa menimbulkan percikan api.

Untuk mengetahui lebih lengkap apa saja peralatan tukang las beserta fungsinya Anda bisa membaca paragraf selanjutnya.

Pelataran Tukang Las Beserta Fungsinya

Berikut ini beberapa Peralatan tukang las yang umumnya digunakan untuk usaha bengkel pembuatan pagar, tralis, kanopi dan produk yang terbuat dari logam lainnya.

Berbagai Peralatan tukang las dan fungsinya sudah Anda pahami bukan? Jadi jika Anda ingin bisnis pengelasan sebaiknya meneliti terlebih dahulu apa saja peralatan yang dibutuhkan.

1.  Kabel elektroda

Kabel yang memiliki fungsi untuk menghantarkan listrik dari mesin las ke holder. Dengan demikian nantinya akan menghasilkan nyala busur listrik yang bekerja pada benda yang disentuhkan. Sebaiknya kabel las ini memiliki beberapa bagian yaitu kawat tembaga, lead dan lapisan karet. Selain itu kebal las juga harus bersifat fleksibel

2.  Kabel massa

Kabel yang diinginkan untuk mengalirkan arus listrik dari mesin las ke logam induk atau benda yang dikerjakan.

3.  Klem massa

Alat yang berfungsi untuk menghubungkan kabel massa ke logam induk. Alat tersebut biasanya terbuat dari tembaga. Tapi bisa juga terbuat dari logam lainnya yang pada intinya menghantarkan listrik dengan baik. Klem massa tersebut terdapat di bagian pegas yang memiliki kegunaan untuk  menjepit benda agar tidak mudah lepas.

4.  Holder atau pemegang kawat las

Holder tersebut berfungsi pemegang kawat las ketika dipakai untuk mengelas benda. Holder tersebut terbuat dari bahan yang tahan panas dengan tekanan tinggi. Sesuai dengan fungsinya yang berdekatan dengan kawat las cair. Suhunya Dapat mencapai 2000 derajat Celsius. Pada holder juga terdapat pegas yang difungsikan untuk menjepit elektroda dan menguncinya agar tidak mudah bergerak ketika melakukan pengelasan.

5.  Sikat baja

Sikat yang berfungsi untuk membersihkan benda yang akan dilas dari oli, karat dan benda pengotor lainnya. Sikat tersebut juga digunakan untuk membersihkan hasil las dari slag dan debu.

6.  Palu las

Palu tersebut digunakan untuk membersihkan hasil las dari slag (terak las) . Biasanya slag ini muncul ketika melakukan pengelasan dengan perlindungan spatter (percikan) dan flux. Cara menggunakan alat tersebut dengan menaklukkannya atau menggoreskannya pada bagian slag dan spatter. Alat tersebut berbentuk bulat pada ujungnya dan tipis lancip.

7.  Masker

Masker ini berfungsi untuk melindungi bagian wajah agar terhindar dari asap las. Pembakaran yang dihasilkan ketika pengelasan dapat menimbulkan asap las yang dapat berbahaya bagi organ paru-paru. Untuk itu sebaiknya tukang las memakai masker ketika melakukan pengelasan.

8.  Sarung tangan las

Sarung tangan berfungsi untuk melindungi tangan tukang las dari percikan las. Gunakan sarung tangan yang dapat menutup sampai pergelangan tangan Anda agar tidak terkena percikan api.

9.  Apron las

Apron merupakan pelindung badan yang biasanya terbuat dari kulit hewan yang bisa menutup bagian depan badan. Selain itu pakaian tersebut jika pada menutup bagian tangan tukang las. Apron perlu digunakan oleh tukang las untuk melindungi dari percikan api yang dapat membakar bagian tubuh Anda.

10.  Magnet

Magnet digunakan untuk mempermudah Anda ketika melakukan pengelasan yang berbentuk sudut. Bisa untuk pengelasan sudut siku lancip atau sudut lainnya. Magnet ini sangat membantu dalam proses pengelasan jadi jangan sampai Anda tidak memilikinya.

11.  Genset

sebenarnya genset tergolong barang tukang las yang kadang diperlukan kadang juga tidak. Karena melakukan pengelolaan biasanya membutuhkan daya listrik. Nah ketika listrik padam Anda bisa menggunakan genset untuk tetap empuk pekerjaan.