Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(Terbaru) 5 Cara Mengatasi HP Terkena Air Supaya Tidak Mati Total

Cara Mengatasi HP Terkena Air-Tidak selamanya kerusakan hp hanya bisa diperbaiki di (counter hp), kecuali kerusakan hp cukup parah. Saat ini mungkin HP kamu mati karena hujan atau jatuh di kamar mandi, tapi tenang saja karena ada 6 cara mengatasi HP terkena air yang mudah dilakukan.

Kasus menjatuhkan hp ke air seringkali mengecewakan, karena bisa menyebabkan hp mati total jika ditangani dengan tidak tepat. Air dengan barang elektronik seperti ponsel dapat merusak perangkat secara instan. Ibarat dua kutub magnet yang sama, tidak akan pernah cocok dan selalu bertolak belakang.


Masih ada harapan smartphone kamu yang terkena air bisa bertahan, jika dilakukan dengan penanganan yang tepat. Seperti jangan langsung hidupkan, jangan terlalu banyak memindahkan ponsel, dan banyak lagi lainnya.

Kecuali jika ponsel tersebut adalah ponsel canggih dengan sertifikat tahan air, seperti Samsung galaxy S7 dan seri Experia Z.

Meski terendam air, ponsel tidak akan mati dan tetap bisa digunakan dengan normal. Jika smartphone jenis Anda tidak memiliki sertifikat kedap air, maka akan ada 3 kemungkinan jika suatu saat smartphone Anda terkena air.
  • Mati total.
  • Dapat menyala namun dalam kondisi tidak normal.
  • Blank (menyala namun berwarna putih).

Apakah HP terkena air bisa diperbaiki?

Tidak selamanya kerusakan hp hanya bisa diperbaiki di service hp (counter hp), kecuali kerusakan hp cukup parah. Casing ponsel yang jatuh ke air sering mengecewakan Anda, karena dapat menyebabkan ponsel mati sepenuhnya jika tidak ditangani dengan benar. Meski terendam air, ponsel tidak mau mati dan masih bisa digunakan secara normal.

Baiklah mari kita bahas Cara Mengatasi HP Terkena Air lengkap di bawah ini agar supaya HP kita tidak mati total.

1. Matikan HP

Setelah hp terkena air, mungkin kalian akan langsung mengecek kondisi hp karena panik. Namun alangkah baiknya matikan dulu ponsel Anda.

Karena sifat air yang selalu bertolak belakang dengan perangkat elektronik, jika tetap menghidupkan smartphone kemungkinan terjadinya kerusakan akan sangat besar.

2. Lepaskan Baterai, Kartu SIM, dan Kartu Memori

Keluarkan baterai android, SIM card dan memory card secepatnya untuk meminimalisir kerusakan akibat short atau short setelah handphone terkena air.

Jika Anda berpengalaman dalam membongkar ponsel, ada baiknya Anda melepas komponen satu per satu.

Tempatkan komponen yang telah dibongkar di atas kain kering. Perlu kamu ingat, kamu harus benar-benar mahir jika tidak ingin menambah kerusakan pada ponsel.

3. Keringkan bagian luar HP

Setelah menyelesaikan urusan internal, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengeringkan bagian luar ponsel, terutama pada bagian LCD.

Biasanya LCD sering rusak setelah terkena air karena mengandung filamen lembut yang tidak tahan lembab. Jika dibiarkan terlalu lama, bintik hitam akan muncul di LCD.

Anda harus melakukannya dengan perlahan dan jangan terlalu sering menggerakkan ponsel. Semakin sering ponsel dipindahkan, semakin besar kemungkinan air masuk lebih dalam ke komponen ponsel. Hal tersebut tentunya akan menambah kerusakan pada ponsel.

4. Masukkan Dalam Beras

Jadi, gunakan baskom, kotak bekal, atau wadah lain untuk menyimpan sementara ponsel Anda di beras. Pastikan ponsel tenggelam di antara nasi dan diamkan selama 24-48 jam. Jangan coba-coba menyalakannya, oke! Setelah beberapa hari, keluarkan ponsel dari beras.

5. Hidupkan kembali HP


Hidupkan HP Anda, apakah masih bisa digunakan atau tidak bisa dihidupkan kembali. Selamat jika hp kalian bisa dihidupkan kembali dan masih dalam kondisi normal, jika hp kalian belum dinyalakan lepaskan dan segera cari smartphone pengganti.

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Ponsel Terkena Air

  1. Jangan nyalakan smartphone sesaat saat terkena air, karena air adalah kebalikan dari barang elektronik.
  2. Jangan sambungkan smartphone ke daya listrik.
  3. Jangan menekan tombol apapun selain tombol matikan, jika anda menekan tombol lain kemungkinan besar air akan masuk.
  4. Jangan terlalu sering memindahkan ponsel, agar air tidak merusak komponen lainnya.
  5. Jangan memanaskan smartphone Anda menggunakan pengering rambut atau oven, karena panasnya akan merusak smartphone Anda.

Demikian cara mengatasi / cara mengatasi hp yang terkena air dan mati total. Langkah ini dilakukan untuk menghindari tidak sedikit air pada biaya servis ponsel. Namun jika sudah yakin tidak bisa menanganinya sendiri, lebih baik bawa ke loket hp. Semoga bermanfaat.