saluran whatsapp aulaku

Cara Untuk Melengkapi Biodata Diri PPG di SIMPKB Persiapan Seleksi Administrasi PPG

Cara Untuk Melengkapi Biodata Diri PPG di SIMPKB Persiapan Seleksi Administrasi PPG - Berikut ini kami bagikan Cara Melengkapi Biodata Diri PPG di SIMPKB Untuk Seleksi Administrasi PPG. Pendaftaran dan pengiriman berkas Calon Peserta PPG Daljab 2022 sudah bisa dilihat di akun SIMPKB masing-masing sejak kemarin tanggal 12 februari 2022.
Cara Untuk Melengkapi Biodata Diri PPG di SIMPKB Persiapan Seleksi Administrasi PPG

Setelah mengalami sedikit penundaan waktu akhirnya kini teman-teman guru sudah bisa bernafas lega setelah terundang menjadi calon peserta PPG 2022. Langkah selanjutnya adalah melengkapi data Biodata Diri sebagai Syarat awal untuk mengikuti pre-test PPG.

Mengisi biodata diri PPG gampang-gampang susah, gampang jika anda membaca dan memahami dengan seksama panduan yang diberikan. Jika anda asal mengisi data, bisa-bisa ajuan anda ditolak.

Selain melihat kebenaran data yang diberikan, verifikator akan melihat linieritas mata pelajaran PPG dengan ijazah S1/D-IV yang anda miliki.

Sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 8 yang menyebutkan bahwa Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan merupakan salah satu kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyelesaikan dan menuntaskan sertifikasi guru dalam jabatan, sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru & Dosen.

Tujuan pemberian bantuan biaya pendidikan PPG Dalam Jabatan (Daljab) ini adalah untuk memfasilitasi dan memberikan kesempatan bagi Guru yang belum memiliki sertifikat pendidik untuk mengikuti Pendidikan Profesi Guru untuk mendapatkan Sertifikat Pendidik.

Salah satu metode yang digunakan untuk melaksanakan Program Pendidikan Profesi Guru adalah dengan melakukan diklat secara daring. Diklat secara daring ini akan ditunjang dengan penggunaan LMS yang telah disediakan.

Berikut ini adalah Panduan Resmi Melengkapi Biodata Diri Untuk Ajuan PPG di SIMPKB

A. Login ke Halaman SIM PPG 

1. Akses laman https://ppg.kemdikbud.go.id/ pada browser perangkat Anda.

2. Klik menu Login untuk mengakses laman login

3. Masukkan alamat surel dan kata sandi dari akun Anda

4. Klik tombol Masuk.

5. Jika alamat surel dan kata sandi yang dimasukkan sesuai, maka Anda akan diarahkan menuju laman beranda.

Kumpulan Link Resmi LPTK PPG Kemendikbud dan Kemenag Tahun 2021

  B. Melengkapi Biodata Diri

Pada saat pertama kali pengguna yang terundang sebagai calon peserta PPG Dalam Jabatan mengakses SIM PPG, peserta akan diminta untuk melengkapi Biodata diri dan mengunggah berkas-berkas pendukung. Berikut adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk melengkapi biodata diri

1. Login kedalam SIM PPG menggunakan akun dengan email no UKG Anda

2. Saat pertama kali mengakses SIM PPG akan ditampilkan notifikasi status data pesyaratan PPG Dalam Jabatan 2022, apabila data Anda sudah memenuhi persyaratan, maka Anda diwajibkan untuk melengkapi Biodata Diri dan Berkas Pendukung

3. Klik pada tombol Lengkapi Profil

4. Sistem akan menampilkan jendela konfirmasi pendaftaran, pilih YA untuk melanjutkan pengisian profil.

5. Anda akan diarahkan menuju laman biodata diri. Klik Lengkapi pada bagian biodata diri

6. Anda akan diarahkan menuju form untuk melengkapi Biodata Diri

7. Isikan data diri Anda, kemudian Klik Simpan

8. Selanjutnya lengkapi informasi Linieritas S1/D4 dengan Bidang Studi PPG dengan cara klik pada bagian Linieritas S1/D4 dengan Bidang Studi PPG

9. Klik Lengkapi pada bagian Linieritas

10. Isikan Data Linieritas Anda, kemudian klik Simpan

11. Klik Unggah pad bagian Berkas Ijazah

12. Pilih berkas pindaian, kemudian klik Simpan

13. Selanjutnya silakan lengkapi informasi Bidang Studi PPG dengan cara klik pada bagian Bidang Studi PPG

14. Klik Lengkapi pada bagian Bidang Studi PPG

15. Isikan JenjangBidang Studi dan Bidang Studi PPG Anda

16. Klik Simpan

17. Setelah mengisikan informasi-informasi Biodata Diri Anda, langkah selanjutnya adalah mengunggah berkas pendukung. berkas yang harus diunggah diantaranya adalah (1) Pindaian SK Pengangkatan Pertama, (2) Pindaian SK Pengangkatan/Kenaikan Pangkat Terakhir, (3) Pindaian SK Pembagian tugas mengajar, dan (4) Pakta Integritas

18. Klik tombol Unggah Berkas pada jenis berkas pindaian yang akan diunggah

19. Pilih berkas pindaian dengan format pdf

20. Klik Simpan

Agar lebih mudah memahami cara melengkapi Biodata diri PPH di SIMPKB, sudah kami sediakan tutorial bergambar yang bisa anda download secara gratis melalui link yang sudah kami sediakan di bawah ini.

Modul Pengayaan UP Mahasiswa PPG 2022 Semua Mata Pelajaran

> Downlod File Disini

Gabung di Grup Berbagi PPG Channel PPG 2022

Demikian artikel kami kali ini mengenai Panduan Resmi Melengkapi Biodata Diri Untuk Ajuan PPG di SIMPKB. Semoga Bermanfaat.


Sumber : https://www.sangkolan.com/cara-melengkapi-biodata-diri-ppg-di-simpkb-untuk-seleksi-administrasi-ppg/

Seseorang yang paham dengan dunia teknologi,parabola,pendidikan,operator, media sosial,paket internet. dan parabola sesuai dengan skill yang di miliki.

Posting Komentar

Terimakasih anda sudah berkunjung