Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantes Di Tunda, Ternyata Ini Alasan Persipura Vs Madura United Batal Bertanding Tadi Malam

Berikut ini kronologi dari awal kenapa Persipura dinyatakan kalah WO dari Madura United di Liga 1, Senin (21/2/2022).


Perispura Jayapura dinyatakan kalah WO karena tidak hadir dalam laga tunda pekan ke-22 Liga 1 2021/2022.

Pasalnya, skuad Persipura Jayapura tidak datang ke Stadion Kapten I Wayan Dipta sampai waktu dilakukannya sepakmula (kick-off).

Pertandingan ini adalah jadwal baru setelah kedua tim harusnya berlaga pada laga pekan ke-22.

Saat itu, pemain Madura United tidak cukup untuk melakukan pertandingan sesuai regulasi Liga 1 2021-2022.

Dalam pasal 57 disebutkan jika jumlah pemain yang ada minimal ada 14 orang termasuk pemain cadangan.

Namun saat pertandingan hal menarik terjadi. Pemain Madura United masuk ke lapangan dan mulai foto dengan tim. Sementara tidak ada pemain Persipura yang hadir pada laga ini. Madura United akhirnya kembali ke ruang ganti setelah berunding dengan wasit.

Persipura sebelumnya menuliskan surat permohonan pertandingan BRI Liga 1 Persipura vs Madura United yang bernomor 004/Persipura/II/2022.

Surat tersebut tertanggal 20 Februari 2022.

Isi surat itu menjelaskan bahwa mereka tidak bisa bertanding seusai menyebutkan hasil tes PCR yang dilakukan pada 20 Februari 2022 menunjukkan sembilan personel tim dinyatakan positif.

Sembilan personel itu terdiri dari 3 ofisial dan 6 pemain.

Pada surat tersebut juga menyebutkan, “maka kami berkoordinasi dengan LIB untuk dilakukan Tes pembanding pada Senin, 21 Februari 2022, apabila hasil tes pembanding masih ada beberapa pemain dengan status Positif Covid-19, maka Tim Persipura Jayapura TIDAK DAPAT BERTANDING dikarenakan (1) jumlah pemain akan sangat banyak yang berhalangan untuk dimainkan (2) menghilangkan azas fairness.”

PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan Satgas Covid-19 di BRI Liga 1 2021/2022 pun melakukan tes ulang.

Hasilnya, sesuai dengan surat yang dikirimkan LIB dengan nomor 100/LIB-KOM/II/2022 menyebutkan bahwa hasil negatif : 21 pemain dan 7 ofisial. Sedangkan hasil positif : 6 pemain, 3 ofisial.

LIB Menolak Laga Ditunda

Dengan begitu, dalam surat yang dikirimkan LIB ke manajemen Persipura pada 21 Februari 2022 tersebut dijelaskan bahwa didapati pemain yang negatif berjumlah lebih dari 14 orang sehingga tidak memenuhi unsur Pasal 52 ayat 7 Regulasi BRI Liga 1 - 2021/2022 dan tidak perlu diadakan emergency meeting.

“Tidak ada kejadian luar biasa terkait covid. Ini kasusnya seperti pertandingan Persikabo 1973 versus Bali United, beberapa pekan yang lalu. Pertandingan tetap dilanjutkan,” tegas Direktur Operasional LIB, Sudjarno, Senin malam (21/2).

“Dari kami pun juga sudah siap semuanya. LOC, wasit, keamanan, sudah berada di stadion. Tim Madura United juga sudah datang di stadion,” kata Sudjarno dalam keterangan resminya, Senin (21/2/2022.

Sementara itu, Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita menegaskan, terkait status pertandingan yang batal digelar tersebut, semua harus dikembalikan pada regulasi yang sudah dibuat.

“Kami akan mengonsultasikannya hal ini dengan PSSI terlebih dulu,” tegas Akhmad Hadian Lukita.

Respon Ketum Persipura

Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mano menyatakan bahwa skuad Mutiara Hitam tidak siap menghadapi laga.

“Hasil rapid test, banyak sekali pemain kita yang positif covid-19,” kata BTM kepada awak media Tribun-Papua.com.

Selanjutnya, manajemen Persipura meminta agar laga tersebut ditunda kembali terlebih dahulu akibat kondisi di atas.

“Kita lagi berusaha menyurati PSSI untuk pertandingan ini dapat ditunda,”ujarnya.

Terakhir, Benhur yang juga menjabat sebagai Wali Kota Jayapura itu meminta dukungan pada seluruh elemen pecinta Mutiara Hitam.

“Mohon dukungannya dan doa restu seluruh Masyarakat Papua agar Persipura keluar dari zona degradasi,”katanya. (*)


Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Kronologi Persipura Kalah WO dari Madura United, Alasan PT LIB, Hinggar Respon Benhur Tomi Mano, https://jateng.tribunnews.com/2022/02/22/kronologi-persipura-kalah-wo-dari-madura-united-alasan-pt-lib-hinggar-respon-benhur-tomi-mano?page=3.