Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapan Jadwal Pelaksanaan Ujian Madrasah MI, MTs dan MA Tahun 2022?

Kapan Jadwal Pelaksanaan Ujian Madrasah MI, MTs dan MA Tahun 2022?

Banyak warganet bertanya kapan waktu dan jadwal pelaksanaan Ujian Madrasah (UM) untuk tingkat jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) pada tahun 2022.

Waktu dan jadwal pelaksanaan Ujian Madrasah (UM) ini ditunggu baik siswa, guru maupun orang tua.

Pasalnya jadwal pelaksanaan Ujian Madrasah (UM) ini menjadi acuan agar para peserta bisa mempersiapkan ujian dengan baik.

Tak hanya itu jadwal pelaksanaan Ujian Madrasah (UM) juga menjadi acuan para tenaga pelajar maupun panitia untuk mempersiapkan gelaran ujian tahun 2022.
POS Ujian Madrasah

Sementara belum lama ini Kementerian Agama melalui Ditjen Pendidikan Islam telah menerbitkan POS Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022.

Dimana isinya terkait regulasi prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022.

Dari keterangan SK Ditjen Pendis Nomor 455 Tahun 2022 menyebutkan jika penyelenggaraan Ujian Madrasah tahun ini diserahkan kepada masing-masing satuan pendidikan atau Madrasah. Termasuk dengan penentuan waktu dan jadwal pelaksanaan ujian Madrasah.
Sedangkan pada POS Ujian Madrasah, hanya memberikan batasan-batasan yang wajib diperhatikan oleh Madrasah dalam menetapkan waktu dan jadwal ujian
Aplikasi PDUM

Dari POS Ujian Madrasah tersebut, pendataan peserta ujian dilaksanakan melalui Aplikasi PDUM untuk melakkan validasi data perserta ujian.

Aplikasi PDUM ini sudah bisa diakses dan digunakan untuk input validasi data siswa sejak tanggal 21 Februari 2022.

Selainn untuk validasi, Aplikasi PDUM juga digunakan untuk cetak daftar peserta UM dan cetak kart peserta ujian setelah madrasah penyelenggara menetapkan peserta UM melalui SK Kepala Madrasah. 


Begitupula dengan pengumuman kelulusan, disadur Beritamataraman.com dari ayomadrasah.id disebutkan Pada POS Ujian Madrasah, pada Bab VII pengumuman kelulusan akan dilakukan oleh masing-masing satuan pendidikan atau madrasah.
Adapun waktu pelaksanaan pengumuman diperkirakan pada tanggal berikut:

Pengumuman kelulusan MA diperkirakan tanggal 28 Mei 2022
Pengumuman kelulusan MTs diperkirakan tanggal 4 Juni 2022
Pengumuman kelulusan MI diperkirakan tanggal 11 Juni 2022
Berdasarkan panduan pada awal pendataan peserta dan waktu pengumuman kelulusan, maka Ujian Madrasah bisa dilakukan antara bulan Maret sampai Mei 2022.
Pelaksanan ujian juga disesuaikan dengan hari libur keagaamaan dan hari libur nasional. Sehingga jika madrasah telah membuat kalender libur dan ujian maka sekolah wajib mensosialisasikan ke para peserta yang akan mengikuti ujian.