Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Perpustakaan Terbaik di Dunia, Bikin Penasaran!

Perpustakaan tidak hanya dikenal sebagai tempat menyimpan dan membaca buku. Saat ini, perpustakaan telah diubah menjadi ruang serbaguna yang menyenangkan bagi orang-orang.



Selain sebagai ruang baca, perpustakaan juga memiliki kafe, restoran, serta menyuguhkan pertunjukan budaya dan film. Bagi yang suka membaca, perpustakaan yang nyaman memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Berikut adalah perpustakaan terbaik di dunia.

1. Perpustakaan Kongres-Washington DC, Amerika Serikat

Perpustakaan Kongres di Washington DC, AS bertempat di tiga gedung Capitol Hill. Bangunan yang terkenal di Library of Congress adalah Thomas Jefferson Building.

Gedung Thomas Jefferson dibuka pada tahun 1897, dapat digunakan sebagai ruang baca utama. Ruang baca utama berbentuk kubah yang merupakan pusat akses koleksi perpustakaan dan terbuka untuk peneliti.

Library of Congress, didirikan pada tahun 1800, memiliki 162 juta koleksi dalam lebih dari 450 bahasa yang berbeda. Perpustakaan ini telah memenangkan Guinness World Record untuk buku anak-anak terkecil di dunia, Old King Cole, yang dicetak pada tahun 1985.

2. Perpustakaan Trinity College-Dublin, Irlandia

Perpustakaan Trinity College adalah perpustakaan terbesar di Irlandia dan didekorasi dengan panel kayu gelap dan langit-langit melengkung yang tinggi. Perpustakaan ini mendapatkan gelar perpustakaan hak cipta. Ini memberikan perpustakaan hak untuk memiliki materi yang diterbitkan di negara tersebut secara gratis.

Selain itu, Perpustakaan Perguruan Tinggi Trinity adalah rumah bagi Kitab Kell. Kitab Kells adalah manuskrip bergambar indah yang berisi empat Injil dalam bahasa Latin. Buku ini diyakini telah dibuat sejak 800 tahun yang lalu. Perpustakaan yang memiliki 6 juta koleksi ini tersebar di beberapa gedung. Namun yang paling dikagumi adalah perpustakaan tua yang dirancang oleh Thomas Burgh.

3. Perpustakaan Umum Boston-Boston, Massachusetts-Amerika Serikat

Didirikan pada tahun 1848, Perpustakaan Umum Boston memiliki 22 juta koleksi. Perpustakaan ini terdiri dari dua gedung, Gedung Johnson dan Gedung McKim, yang menampung koleksi penelitian dan pameran perpustakaan.

Dibangun pada tahun 1895, Gedung McKim berisi banyak lukisan dinding yang indah, termasuk lukisan terkenal Edward Abbey yang menggambarkan legenda Cawan Suci. Ruang utama Gedung McKim, Bates Hall, juga dilengkapi dengan plafon unik.

Lebih dari 1,7 juta barang langka berada dalam koleksi penelitian di McKim, termasuk manuskrip abad pertengahan, incunabulas, Shakespeare awal termasuk Folio Pertama, catatan kolonial Boston, dan koleksi utama Daniel Defoe.

4. Perpustakaan Nasional Austria-Wina, Austria

Seperti Perpustakaan Kongres di Amerika Serikat, Perpustakaan Nasional Austria bertanggung jawab untuk mengelola koleksi publikasi di Austria.

Karya-karya yang menonjol khususnya termasuk koleksi Globe, buku-buku langka yang berasal dari abad ke-4, item dari Program Memori Dunia UNESCO (Wina Dioscurides, manuskrip bercahaya abad ke-6 yang mengeksplorasi pengobatan dan penyembuhan), koleksi peta pada tanggal 16 abad. Perpustakaan Nasional Austria memiliki 7,4 juta koleksi.