Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Segera Daftar! Diklat Gratis dan Bersertifikat 40 JP: Peran Guru dalam Upaya Mewujudkan Merdeka Belajar dengan Memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar!

Segera Daftar! Diklat Gratis dan Bersertifikat 40 JP: Peran Guru dalam Upaya Mewujudkan Merdeka Belajar dengan Memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar! e-Guru.id akan menyelenggarakan Diklat gratis bersertifikat 40 JP yang berjudul “Peran Guru dalam Upaya Mewujudkan Merdeka Belajar dengan Memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar.”

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27-31 Mei 2022, pukul 13.30 WIB melalui Zoom meeting dan siaran langsung di YouTube. Peserta yang mendaftar akan mendapatkan berbagai fasilitas, diantaranya adalah sertifikat 40 JP, undangan, materi, rekap daftar hadir, dan laporan kegiatan, termasuk akses Zoom meeting.


Adapun narasumber Diklat bersertifikat 40 JP ini datang dari penggiat dan praktisi Pendidikan untuk meningkatkan semangat guru dalam memanfaatkan media pembelajaran, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Prof.Dr. Dinn Wahyudin, M.A. selaku Ketua Umum HIPKIN / Himpunan Pengembang Kurikulum Indonesia
  • David Moto Lele, S.S., M.Pd. selaku Kasie Kurikulum Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Sumba Barat, NTT)
  • Zulhijjah, S.Pd. selaku Instruktur e-Guru.id
  • Dr. Luluk Elyana, M.Si. selaku Wakil Rektor 1 Universitas IVET Semarang

Dengan mengikuti kegiatan Diklat bersertifikat 40 JP, peserta akan banyak belajar dan mendapatkan ilmu tentang berbagai hal mengenai bagaimana memaksimalkan peranannya dalam rangka mensukseskan merdeka belajar melalui platform merdeka mengajar.


Sekilas Tentang Platform Merdeka Mengajar

Platform Merdeka Mengajar merupakan platform teknologi yang telah dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi untuk mendukung satuan pendidikan dalam melakukan proses pembelajaran dan pengembangan kapasitas guru dan tenaga pendidikan.


Platform ini dapat digunakan oleh guru di seluruh satuan pendidikan di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama yang memiliki Akun Pembelajaran yang sudah aktif.


Merdeka Mengajar sebagai suatu platform, dirancang untuk membantu guru meningkatkan kompetensi dan melaksanakan pembelajaran dengan Kurikulum Merdeka.


Namun, materi yang tersedia dalam platform tetap relevan untuk digunakan oleh guru yang menggunakan kurikulum lainnya.


Merdeka Mengajar sebagai Penunjang Profesi dan Kinerja Guru

Kemendikbud melalui Nadiem Makarim dalam paparannya menjelaskan bahwa platform Merdeka Mengajar adalah platform edukasi yang menjadi teman penggerak untuk guru dalam mewujudkan Pelajar Pancasila. Platform ini menyediakan referensi bagi guru untuk mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka.


Platform Merdeka Mengajar memberikan kesempatan yang setara bagi guru untuk terus belajar dan mengembangkan kompetensinya kapan pun dan di mana pun. Kemudian platform ini juga diharapkan dapat mendorong guru untuk terus berkarya dan menyediakan wadah berbagi praktik baik.


Platform ini juga menyediakan beragam materi mengajar yang dapat diterapkan langsung di kelas, serta beragam materi pelatihan yang bisa menunjang guru dalam berkarya dan meningkatkan kompetensi, sehingga dapat menunjang profesi dan kinerja guru.


Selain guru, kepala sekolah, Dinas Pendidikan dan guru madrasah bisa menggunakan platform Merdeka Mengajar selama memiliki Akun Google dengan domain https://belajar.id (Akun Pembelajaran) atau https://madrasah.kemenag.go.id  (Akun Madrasah).


Data pengguna pada platform ini dijamin keamananya. Dalam hal ini Kemendikbudristek menjelaskan bahwa untuk menyediakan layanan dengan cara yang andal dan bertanggung jawab.


Tim Kemendikbudristek memproses dan menyimpan informasi pengguna pada server yang telah terjamin keamanannya, sesuai dengan standar dan ketentuan hukum yang berlaku. Kebijakan privasi dapat dilihat pada tautan https://guru.kemdikbud.go.id/policy.


Tujuan Platform Merdeka Mengajar

Platform Merdeka Mengajar merupakan langkah lanjutan dari upaya transformasi pendidikan berbasis digital di Indonesia, serta disediakan untuk menjadi teman penggerak bagi guru dalam mengajar, belajar, dan berkarya.


Fitur Platform Merdeka Belajar

Platform Merdeka Mengajar terdiri dari 4 (empat) fitur dengan tujuan dan manfaat penggunaannya sebagai berikut:

1. Perangkat Ajar

Perangkat Ajar adalah kumpulan bahan ajar, modul ajar, modul proyek, atau buku teks. Melalui produk Perangkat Ajar, Guru dapat dengan mudah menemukan inspirasi materi pembelajaran sesuai dengan domain dan fase dimana Guru mengajar. Selanjutnya, Guru dapat menggunakan produk Perangkat Ajar untuk:

  • mengunduh perangkat ajar ke ponsel atau gawai lainnya masing-masing;
  • membagikan tautan Perangkat Ajar melalui WhatsApp, surat elektronik (email), atau kanal lainnya;
  • memberikan umpan balik jika Guru merasa terbantu dengan suatu perangkat ajar;
  • mengetahui tingkat rekomendasi suatu Perangkat Ajar, dengan melihat berapa kali suatu Perangkat Ajar disukai dan diunduh oleh guru lain; dan
  • menandai modul ajar/Rencana Pelaksanaan Pengajaran (RPP+) pilihan, agar bisa mengaksesnya kembali dengan mudah di platform ini.


2. Laman Kelas dan Asesmen Murid

Asesmen Murid berisi kumpulan paket soal yang telah dipetakan berdasarkan fase dan mata pelajaran tertentu. Laman Kelas berisi daftar murid berdasarkan kelompok kelas tertentu sebagai target distribusi asesmen murid.


Melalui produk Asesmen Murid, Guru dapat mengetahui level kompetensi masing-masing murid dan level kompetensi kelas secara keseluruhan. Dengan demikian diharapkan tercapai pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik murid.


Asesmen murid yang tersedia saat ini adalah literasi dan numerasi. Guru dapat mencari asesmen berdasarkan fase dan mata pelajaran untuk kemudian dibagikan kepada murid secara daring (online) maupun luring (offline).


3. Pelatihan Mandiri dan Video Inspirasi

Pelatihan Mandiri merupakan bagian dari platform Merdeka Mengajar, yang memuat berbagai materi pembelajaran untuk digunakan secara mandiri dalam upaya meningkatkan kompetensi Guru sebagai pendidik.


Materi pembelajaran dibuat secara singkat dan sesuai kebutuhan, untuk mempermudah guru melakukan pelatihan mandiri di manapun dan kapanpun.


Melalui Video Inspirasi, Guru dapat menonton berbagai video singkat yang dapat menjadi inspirasi untuk mengembangkan kompetensi Guru baik dalam aspek profesional maupun personal.


4. Bukti Karya Saya

Bukti Karya Saya merupakan wadah dokumentasi karya bagi Guru. Karya menggambarkan kinerja, kompetensi, serta prestasi yang dicapai selama menjalankan profesi guru maupun kepala sekolah. Selanjutnya, Guru dapat menggunakan produk Bukti Karya Saya untuk:

  • Menyimpan dan mengelola rekam jejak dalam melaksanakan tugas utama, sebagai penunjang dalam pengembangan diri dan karier; dan
  • Berbagi karya dengan rekan sejawat untuk mendapat umpan balik, agar dapat saling belajar praktik baik, serta bertukar ide atau pikiran.


Produk Kegiatan Belajar Mengajar pada Merdeka Mengajar

Saat ini, tersedia dua produk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pada platform Merdeka Mangajar. Produk Kegiatan Belajar Mengajar meliputi:


Asesmen Murid, Membantu guru melakukan analisis diagnostik literasi dan numerasi dengan cepat sehingga dapat menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan peserta didik.


Perangkat Ajar, yang memuat berbagai materi pengajaran untuk mendukung kegiatan belajar mengajar, seperti bahan ajar, modul ajar, modul proyek, atau buku teks.


Merdeka Mengajar sebagai Dukungan Implementasi Kurikulum

Pemerintah pusat, perguruan tinggi, serta komunitas dan organisasi pendidikan yang memberikan layanan peningkatan kapasitas guru merupakan sistem pendukung yang sangat penting peranannya dalam membantu implementasi Kurikulum Merdeka di satuan pendidikan.


Implementasi kurikulum di berbagai negara selalu membutuhkan dukungan besar dari pemerintah. Platform Merdeka Mengajar dibangun untuk membantu pendidik mengimplementasikan kurikulum. Dukungan berbagai perangkat ajar juga disediakan untuk menjadi contoh-contoh penerapan Kurikulum Merdeka di satuan pendidikan.


Penguatan kompetensi pendidik dan kapasitas satuan pendidikan untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka yang diberikan oleh Kemendikbud dilakukan melalui:

  • pelatihan oleh dinas pendidikan dan atau universitas;
  • belajar secara mandiri dan microlearning melalui berbagai sumber seperti Platform Merdeka Mengajar, https://kurikulum.kemdikbud.go.id dan sumber lain yang relevan;
  • program pengembangan keprofesian berkelanjutan oleh pemerintah pusat;
  • memanfaatkan help desk; dan
  • guru-guru dapat pula melakukan penelitian tindakan kelas untuk terus berkarya dan meningkatkan kompetensinya.

Dukungan tersebut disampaikan baik melalui media berbasis teknologi digital (high tech) dan juga melalui tatap muka (high touch) yang disesuaikan dengan situasi dan kebutuhan guru dan satuan pendidikan.


Selain itu, Kemdikbud juga menyediakan layanan pengaduan jika mengalami kendala saat menggunakan platform Merdeka Mengajar. Untuk menyampaikan pertanyaan atau laporan, silakan ikuti langkahlangkah berikut:

  • Buka halaman Pengaturan pada platform Merdeka Mengajar, lalu klik Pusat Bantuan;
  • Jika Anda menggunakan browser web, klik Bantuan pada bagian bawah halaman awal platform Merdeka Mengajar;
  • Telusuri artikel yang tersedia untuk menemukan jawaban atas pertanyaan; dan
  • Buka salah satu artikel yang dirasa sesuai. Jika jawaban tidak ditemukan, klik Hubungi Bantuan di bagian bawah halaman, kemudian pilih “Pertanyaan seputar platform Merdeka Mengajar”


Konsep Utama Merdeka Belajar

Kurikulum Merdeka banyak menerapkan konsep merdeka belajar dalam penerapannya. Terlihat pada keleluasaan bagi peserta didik dan pendidik dalam melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).


Dengan begitu Kurikulum Merdeka tidak hanya memberikan kemerdekaan untuk guru dalam mendesain dan mengadaptasi pembelajarannya sesuai dengan kemampuan peserta didiknya.


Akan tetapi, Kurikulum Merdeka juga secara eksplisit membangun kemerdekaan guru dan peserta didik agar mampu melek terhadap teknologi dan informasi di era digital ini, salah satunya melalui platform Merdeka Mengajar.


Segera daftarkan diri Anda untuk mengikuti Diklat media pembelajaran. Diklat gratis bersertifikat 40 JP: “Peran Guru dalam Upaya Mewujudkan Merdeka Belajar dengan Memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar” akan dilaksanakan mulai tanggal 27-31 Mei 2022, pukul 13.30 WIB.


Klik di sini untuk mendaftar


Unduh undangannya di sini

Posting Komentar untuk "Segera Daftar! Diklat Gratis dan Bersertifikat 40 JP: Peran Guru dalam Upaya Mewujudkan Merdeka Belajar dengan Memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar!"