Cara Periksa NISN dan NPSN Sekolah Untuk Persiapan Registrasi Akun Masuk Perguruan Tinggi LTMPT dan SNMPTN Tahun 2021

Cara Periksa NISN dan NPSN Sekolah Untuk Persiapan Registrasi Akun Masuk Perguruan Tinggi LTMPT dan SNMPTN Tahun 2021 – Persiapan Registrasi akun LTMPT dan SNMPTN yang dibuka pada tanggal 4 Januari 2021 sampai dengan 1 Februari 2021, yang mana LTMPT merupakan kepanjangan dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi dan SNMPTN adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Cara Periksa NISN dan NUPTK Sekolah Untuk Persiapan Registrasi Akun Masuk Perguruan Tinggi LTMPT dan SNMPTN Tahun 2021

Registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 dibuka hingga 1 Februari.

Untuk melakukan registrasi, calon peserta harus mempersiapkan data berupa Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan tanggal lahir.

NISN adalah kode nomor unik yang dipakai sebagai tanda pengenal siswa yang bersifat unik, sehingga setiap siswa memiliki kode yang berbeda.

Kode ini dimiliki oleh semua siswa yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

NPSN adalah kode pengenal sekolah Indonesia yang bersifat unik sehingga rangakaiannya berbeda pada setiap sekolah. Kode ini berlaku secara nasional dan dimiliki semua sekolah Indonesia yang terdaftar oleh Kemendikbud.

Data NISN dan NPSN dapat dicari secara online. Untuk NISN bisa dilihat melalui situs resmi Regerensi Data Kemendikbud ).

Setelah mengakses situs tersebut, siswa tinggal mengisi data diri berupa nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, serta nama ibu. Dengan mengisi data tersebut siswa akan bisa langsung mengakses NISN.

Bagi siswa yang bersekolah di jenjang pendidikan menengah (SMA, SMK dan sederajat), maka dapat mencari NPSN sekolahnya di laman ini (https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php).

Data NPSN pada laman tersebut bisa dicari dengan menginput nama sekolah pada kolom pencarian atau mencari sekolah dengan memeriksa data instansi pendidikan di setiap daerah.

Sementara untuk siswa di jenjang pendidikan khusus (SLB dan sederajat) dapat melihat NPSN di laman ini (https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index41.php), dengan cara pencarian data yang sama.

Registrasi akun LTMPT sendiri sifatnya wajib jika siswa ingin mendaftarkan diri sebagai peserta SNMPTN. Bagi siswa yang punya kendala kesalahan data, bisa mengadukan ke LTMPT hingga 15 Januari.

:

1. Registrasi akun LTMPT: 4 Januari-1 Februari 2021
2. Penetapan peringkatan siswa oleh sekolah: 4 Januari-8 Februari 2021
3. Pengisian PDDS: 11 Januari-8 Februari 2021
4. Pendaftaran SNMPTN: 15-24 Februari 2021
5. Pengumuman hasil SNMPTN: 22 Maret 2021
6. Pendaftaran ulang peserta lulus SNMPTN: lihat di situs masing-masing PTN

Catatan : seluruh kegiatan pada hari yang sudah ditentukan akan diakhiri pukul 15.00 WIB.

Sumber

https://m.cnnindonesia.com/nasional/20210105130129-20-589624/cara-periksa-nisn-dan-npsn-untuk-registrasi-ltmpt-snmptn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *