NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Keuntungan dan kerugian menggunakan VPN di Android

Saat ini penggunaan VPN atau Virtual Private Network di Android OS sudah umum dan banyak digunakan oleh semua kalangan dari berbagai profesi. Ini juga tidak terlepas dari kemudahan menggunakan VPN. Misalnya VPN dapat digunakan secara gratis dengan hanya akses internet untuk dapat mengunduh aplikasi VPN dari App store atau Play Store. Jadi Anda bisa menggunakan akses internet dengan aman. Bagi Anda yang tidak tahu apa itu VPN? VPN (Virtual Private Network) adalah teknologi modern untuk dapat mengakses internet di seluruh dunia melalui koneksi yang aman dan tanpa filter.

Seperti yang kita ketahui, tidak ada pengguna internet di seluruh dunia yang kebal terhadap peretasan komputer dan semua upaya untuk mencuri data. Beberapa peretas memiliki kemampuan untuk mengganggu komputer pihak ketiga setelah berhasil mengidentifikasi alamat IP terakhir. Untuk mencegah kejadian seperti ini, Anda mungkin perlu menggunakan VPN. Namun, sebenarnya di balik semua manfaat yang diberikan oleh aplikasi berbasis VPN, pasti ada kelemahan. Di mana ada beberapa kelemahan untuk menggunakan aplikasi dan tampaknya sangat berbahaya.

Keuntungan dan kerugian menggunakan VPN


Mungkin Anda sebagai pengguna VPN sudah tahu kelebihan menggunakan aplikasi dan bahkan merasakannya sendiri. Namun, alangkah baiknya sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan alat teknologi tertentu, pastikan kekuatan dan kelemahannya. Ini dapat menghindari hal-hal yang tidak Anda inginkan. Bagi Anda yang sudah menggunakan Virtual Private Network di Smartphone Anda atau hanya ingin menggunakannya, belum terlambat. Penjelasan di bawah ini akan membantu Anda membiasakan diri dengan VPN.

Baca Juga : Harga Samsung M10 dan M20 Mengejutkan Publik

Manfaat menggunakan VPN di Android :

1. Akses sumber daya tertentu dengan mudah


Sekarang banyak perusahaan telah menggunakan VPN untuk memungkinkan karyawan mengakses file, aplikasi, printer, dan sumber daya lainnya di jaringan kantor dengan aman. Namun, manfaat ini juga dapat dirasakan untuk pengguna biasa, Anda dapat mengatur VPN Anda sendiri dan mengakses jaringan. Anda juga dapat dengan mudah menggunakannya tanpa kesulitan berarti karena teknologi ini mudah dan cepat. Baca Juga : Penampilan Ponsel Black Shark 2 Pro Di Indonesia

2. Dapat mengakses situs yang diblokir oleh pemerintah


Beberapa dari kita mungkin telah mencoba mengakses situs tertentu. Lalu ada notifikasi notifikasi bahwa situs online itu dilarang untuk diakses. Bagi sebagian orang yang gampang menyerah, pasti pada saat itu ia langsung meninggalkan situs. Namun, bagi orang yang cerdas dan penasaran, mereka akan berusaha keras untuk bisa membukanya. Saat itulah VPN dapat diandalkan, karena dapat mengatasi kesulitan-kesulitan ini.

3. Mengatasi geoblocks

Keuntungan selanjutnya adalah mengatasi Geoblocks. Untuk memahami hal ini, kita perlu mendiskusikan apa tujuan dari geoblocking. Grup atau situs tertentu yang mempraktikkan geoblocking adalah strategi untuk mencegah pengguna mengakses konten mereka hanya berdasarkan lokasi geografis mereka. Wartawan dan pembangkang politik menggunakan VPN untuk mendapatkan sensor yang disponsori oleh negara. Dalam kasus BBC iPlayer, VPN Inggris diperlukan jika Anda tidak dapat menemukan program yang diinginkan di Netflix atau Hulu Plus.

4. Melindungi privasi online

"Privasi" adalah kata kunci utama di dunia internet. Keberadaan VPN lebih unggul dalam menangani kebutuhan tersebut. Misalnya, kami selalu ingin terhubung ke internet saat bepergian menggunakan Hostpot publik. Namun, sebagian besar hotspot tidak aman dan dapat digunakan oleh mereka yang memiliki niat buruk untuk mengetahui kata kunci yang Anda miliki. Kemudian, VPN bermanfaat. Karena mengenkripsi lalu lintas di internet Anda, VPN dapat membantu mencegah orang-orang yang tidak bertanggung jawab menangkap kata kunci serta informasi pribadi Anda yang lain.

Kerugian menggunakan VPN di Android :

1. Mengandung Malware


Pernahkah Anda berpikir bahwa aplikasi VPN gratis dapat berisi Malware di dalamnya yang tentu saja dapat menginfeksi Android Anda? Jika demikian, apa dampaknya? Ini dapat merusak sistem dan memperlambat kinerja ponsel Anda. Bahkan tanpa Anda sadari, Anda dapat menginstal aplikasi aneh yang tidak Anda harapkan.

2. Adanya Pencurian Data


Banyak masalah yang bisa kita temui di dunia internet. Salah satunya adalah adanya pencurian data. Ini bukan fenomena baru di dunia internet, alih-alih bahkan memberikan layanan yang aman malah mereka mencuri data dari pengguna aplikasi. Mengapa ini terjadi? karena setiap kali Anda terhubung melalui server penyedia VPN, maka pengaruhnya secara tidak langsung dapat membaca semua situs yang Anda kunjungi dan mencurinya. Selain itu, ini juga memengaruhi data pribadi Anda di smartphone. Baca Juga : 7 Aplikasi Pembersih RAM Android Terbaik 2019

3. Penjualan Data


Penjualan data sangat merugikan. Dan ini sendiri telah menjadi "rahasia terbuka". Misalnya, secara umum, setiap perusahaan yang menyediakan layanan seperti ISP, Google, Facebook, dan lainnya telah secara tidak langsung mengakui bahwa mereka telah menjual data pelanggannya kepada pihak ketiga. Bahkan hal ini tidak dapat dipungkiri bahwa hal itu juga dapat terjadi dalam layanan VPN ini. Salah satu aplikasi yang telah dikenal untuk menjual data pengguna adalah Hotspot Shield, yang menjual data ke pihak ketiga.

4. Mengakses Data


Mengakses data pengguna, pernahkah Anda mendengar atau membaca persyaratan yang mengharuskan jika Anda ingin mengunduh aplikasi? Di setiap situs, tentu saja ada berbagai kondisi. Salah satunya adalah tentang di mana mereka akan meminta akses untuk dapat membaca semua riwayat termasuk data Anda dan sebagainya. Memang, tidak semua perusahaan penyedia layanan ini akan meminta izin seperti itu, tetapi sebagian besar akan melakukannya. Termasuk VPN sesuai dengan poin diskusi kami sebelumnya.

Deskripsi di atas adalah informasi lengkap tentang efek positif dan negatif dari penggunaan VPN. Mengetahui yang baik dan buruk dari VPN dapat membantu Anda memutuskan apakah aplikasi VPN tepat untuk Anda gunakan di ponsel, laptop, komputer, dan berbagai perangkat elektronik Anda? Apa kerugian yang sama untuk semua perangkat elektronik? Dampak penggunaan VPN pada smartphone Android atau untuk kasing pada PC adalah sama, karena kita sudah tahu sifat VPN yang sudah pada skala universal, efeknya bisa sama.

Baca Juga : Spesifikasi Smartphone Oppo F9 Dengan Spek Dewa

Jika Anda masih ingin menggunakan VPN ini, pengingat yang baik adalah Anda tidak boleh tergoda untuk mengunduh aplikasi VPN pihak ketiga selain Play Store. Karena dampaknya akan sangat berbahaya. Misalnya, apakah Anda ingin semua aktivitas di Android Anda dilihat oleh pembuat aplikasi VPN? Suka rekening bank, riwayat penelusuran, unduhan file, dan semua data pribadi Anda? tidak ingin itu benar? Kemudian unduh secara resmi di Play Store. Dari sekian banyak kelebihan yang ditawarkan, kita juga harus pintar melihat dari sisi kekurangannya. Semoga informasi ini bermanfaat dan hati-hati!

Share This Article :
Moh. Shahibul 'Ulum

Saya seorang orang yang suka membaca, menulis, dan melakukan hal yang berkaitan dengan Dunia Teknologi. serta khususnya Search Engine Optimization.

3673083153873386998