NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Tutorial Setting Jaringan LAN Lengkap Dengan Gambar Terbaru,Ikuti Ini Agar Berhasil

Tutorial Setting Jaringan LAN- LAN adalah singkatan dari Local Area Network yaitu sebuah jaringan pribadi di dalam seuah perusahan,sekolah maupun instansi pemerintah.jaringan  LAN ini dapat di gunakan antara sekolah A dan sekolah B untuk saling mengirim data dan dokumen penting yang bersifat pribadi.

Membuat jaringan LAN sangatlah mudah edasakan pengalaman yang telah saya lakukan ketika praktikum di kelas XI Smk Umar Mas'ud Bawean Gresik, untuk membuat  jaringan LAN ini memerlukan sebuah alat-lat ataua perangkat untuk membuat jaringan LAN.

Bagi anda yang ingin setting jaringan LAN anda harus mempersiapkan alat-alat atau perangkat untuk mensetting jaringan LAN yang akan saya bahas perangkat jaringan LAN di bawah ini.

Alat-Alat atau Bahan Jaringan LAN:

1.Komputer atau Laptop
2.Kabel UTP
3.Konektor RJ-45
4.Tang Trimping
5.Hub/Switch

Landasan Teori:

1.Komputer atau Laptop

Komputer atau Laptop merupakan suatu perangkat yang paling penting di dalam mengakses jaringan LAN,karena dengan perangkat komputer ini kita bisa melakukan proses mentrasnfer data,file dan lain sebagainya, Dan di dalam proses mengakses jaringan LAN ini Komputer atau Laptop bisa menjadi Server dan Clien.

2.Kabel UTP

Kabel UTP merupakan kabel yang memiliki 8 jenis kabel serta memiliki warna yang berbeda-beda dan fungsi yang berbeda di dalam proses mengakses jaringan LAN,dan kabel UTP ini merupakan kepanjangan dari Unshielded Twisted Pair yaitu kabel yang tidak mempunyai pengaman atau tidak terbungkus, lain halnya dengan kabel STP yang sama jenis dengan kabel UTP,akan tetapi kabel STP ini keadaannya terbungkus.

Berikut macam-macam jenis kabel yang terdapat pada kabel UTP :

1.Putih Orange
2.Orange
3.Putih Hijau
4.Biru
5.Putih Biru
6.Hijau
7.Putih Coklat
8.Coklat
3.Konektor RJ-45

Konektor RJ-45 merupakan konektor yang perlu kita pakai ketika ingin mengakses jaringan LAN pada topologi Stars,dan konektor RJ-45 ini di gunakan juga bersama kabel UTP,serta Konektor RJ-45 ini mempunyai akses yang sangat bagus dari pada konektor T-BNC.

4.Tang Trimping

Tang Trimping yaitu tang yang di gunakan oleh kita untuk Mengepres kabel terhadap konektor RJ-45,agar supaya kabel Lan yang kita buat, bisa mentrasfer data ke komputer lainnya.

5.Hub atau Switch

Hub atau Switch merupakan suatu jenis modem yang sangat berperan peting di dalam proses pengiriman data atau file dari komputer satu ke komputer lainnya,serta Hub atau Switch merupakan perangkat yang apabila terjadi masalah pada Hub atau Switch semua jaringan akan terganggu,maka dari Hub atau Switch sangat berperan penting bagi proses ini.

Setelah mengetahui tentang fungsi dari perangkat-perangkat di atas kita bisa melakukan langkah selanjutnya yaitu langkah Mengakses jaringan LAN.Maka dari itu saya akan memberikan caranya  di bawah ini dengan cara yang sangat ringkas dan dapat di paham oleh kalian semua. 

Langkah – Langkah Praktek Setting Jaringan LAN:


di dalam melakukan praktek mengakses jaringan LAN,karena pada Bab ini kami dari kelompok 3 akan memberikan cara mengakses jaringan LAN dari awal proses pembuatan Ala-alat atau Bahan Sampai cara setting konfigusi Ip address yang terdapat pada komputer atau laptop.

Di bawah ini kami akan memberikan cara proses pembuatan Alat-alat atau Bahan terlebih dahulu secara detail serta kalian bisa melihat pada gambar di bawah ini:

1). Pertama kalian silahkan mengupas kulit luar yang terdapat pada kulit luar pada kabel UTP seperti gambar di bawah ini.


2).Setelah kalian lakukan seperti Gambar,langkah selanjutnya kalian urutkan susunan kabel menjadi susunan kabel Straigh yang memiliki urutan seperti urutan dibawah ini :

1. Putih Orange
2. Orange
3. Putih Hijau
4. Biru
5. Putih Biru
6. Hijau
7. Putih Coklat
8. Coklat

3).Setelahkan  kalian  urutkan maka kalian selanjutnya lakukan proses pemotongan kabel,supaya kabel UTP tersebut menjadi rata serta  di dalam proses pemasangan menjdi mudah,serta kalian bisa lihat Gambar di bawah ini.


4).Setelah proses pemotongan telah di lakukan oleh kalian selanjutnya lakukan proses pemasangan kabel ke RJ-45.seperti di gambar berikut.


5).Proses pemasangan kabel ke RJ-45 sudah selesai kalian lakukan,proses yang paling terpintang pada proses  pembuatan kabel ini kalian lakukan proses pengepresan kabel dengan Tang Trimping,proses ini di lakukan agar supaya kabel bisa terkoneksi pada Hub atau Switch serta Komputer. Seperti gambar berikut ini.


6).Setelah langkah pengepresan kabel selesai,maka proses pembuatan kabel sudah selesai dan bisa kita gunakan untuk melakukan proses mengakses jaringan LAN. Seperti gambar berikut ini .
Ngepres Kabel UTP

7).Pada proses ini kalian lakukan proses pemasangan kabel pada Hub atau Switch yang terdapat port-port.seperti di gambar ini.


8).Proses selanjutnya kalian juga memasang kabel pada port yang terpada komputer atau laptop.seperti gambar berikut ini.


Setelah langkah –langkah tersebut telah di lakukan oleh kalian, silahkan lakukan proses selanjutnya  yaitu melakukan proses setting konfigurasi Ip address pada komputer atau laptop kalian,dengan alamat atau Ip address yang berbeda-beda.

Cara Setting Konfigurasi Ip Address:


1).Silahkan terlebih dahulu hidupkan komputer atau laptop kalian,dan selanjutnya kalian kilk ikon seperti di gambar ini. Selanjutnya kalian klik Open Network and Sharing Center.

2).Setelah kalian lakukan cara yang pertama,maka pada komputer atau laptop kalian akan muncul seperti gambar di bawah ini.silahkan kalian klik Change adapter settings.


3).Langkah selanjutnya setelah proses di atas,maka kalian akan menemukan jendela seperti gambar di bawah ini.selanjutnya kalian klik pada  Local Area Connection serta klik kanan,maka akan muncul seperti gambar di bawah pilih menu Properties.


4).Setelah memilih menu Properties maka akan muncul jendela Local Area Connection dan kalian pilih menu Network, di bawah dari menu Network akan muncul beberapa pilihan kalian silahkan pilih Internet Connection Version 4 (TCP/IP v4)

5). Setelah memilih (TCP/IP v4) kalian silahkan klik dua kali dan selanjutnya muncul menu seperti gambar  di bawah ini,maka pada menu ini kalian lakukan pengisian Ip address pada komputer atau laptop kalian yang belum ada pada komputer atau laptop lainnya.

6).Setelah proses pengisian Ip address sudah selesai,kalian silahkan buka aplikasi atau software Command Prom,yang bisa kalian buka dengan  cara Windows + R,Tuliskan CMD maka akan muncul seperti ini.

7).Di program Command Prom ini merupakan proses paling penting di dalam proses Konfigurasi Ip address karena di sinilah bagaimana proses pengkonfigurasi Ip address kita bisa berjalan dan bisa melakukan transfer file ke komputer lainnya,dengan cara kita mengetikkan Ping(Ip address). Seperti gambar dibawah ini.
8). Setelah proses Ping Ip address berjalan dengan lancar maka akan muncul tulisan seperti gambar yaitu Reply, maka apabila seperti itu proses mentransfer file ,data,dan lain sebagainya bisa kita lakukan.

9).Dan sebelumnya itu di program CMD akan muncul Gateway dari Ipaddress dari Hub yang kita gunakan.maka  dengan  muncul Gateway yang terdapat pada Hub atau Switch kita bisa lakukan proses Pengirman file  atau data.

Nah,setelah proses Konfigurasi Ip address selesai,kalian langsung bisa lakukan proses Transfer data ke komputer lainnya. dengan cara kita menuliskan Ip address komputer atau laptop yang inginkan. semoga dengan artikel di atas bermanfaat.

Share This Article :
Moh. Shahibul 'Ulum

Saya seorang orang yang suka membaca, menulis, dan melakukan hal yang berkaitan dengan Dunia Teknologi. serta khususnya Search Engine Optimization.

Terimakasih anda sudah berkunjung dan jangan lupa share artikelnya
3673083153873386998