-->
NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Melihat Hard Disk MBR Atau GPT Menggunakan CMD Di Laptop

Cara Melihat Hard Disk MBR Atau GPT Menggunakan CMD -Hard drive adalah salah satu media penyimpanan yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan berbagai kebutuhan data digital. Khususnya pada Laptop atau PC Desktop, hard drive masih merupakan media penyimpanan utama. Apalagi di era saat ini, sudah ada berbagai jenis penyimpanan, seperti HDD dan SSD.

Cara Melihat Hard Disk MBR Atau GPT


Bagi Anda yang tidak tahu, bahwa pada media penyimpanan seperti HDD atau hard drive SSD memiliki skema partisi. Ada dua jenis skema partisi hingga saat ini, yaitu GPT dan MBR. Perbedaan antara GPT dan MBR sebagai skema partisi tentu saja didasarkan pada kebutuhan setiap pengembangan perangkat keras.

Pada dasarnya skema partisi GPT dan MBR memiliki peran utama, yaitu menyesuaikan kinerja media penyimpanan dengan perangkat firmware. Misalnya, saat ini perangkat komputer yang menggunakan dua jenis firmware sistem, yaitu BIOS (Legacy BIOS) dan UEFI. Teknologi UEFI adalah teknologi yang lebih baru dan memiliki prosedur kerja yang berbeda untuk sistem operasi. Oleh karena itu, untuk mendukung kinerja UEFI, skema partisi yang lebih baru, GPT juga diperlukan. Sederhananya, tipe partisi MBR hadir untuk menyertai firmware BIOS, dan GPT hadir untuk menemani firmware UEFI.

Cara Melihat Hardisk MBR Atau GPT Menggunakan CMD (Diskpart):

1. Buka CMD dengan menekan tombol Win + R

2. Setelah CMD dibuka, ketik " diskpart "lalu klik Enter


3. Kemudian ketik lagi: list disk. Fungsinya untuk menampilkan informasi dari partisi hard disk yang digunakan.


4. Setelah itu kamu tekan Enter seperti gambar di bawah ini.


5. Nah setelah kamu ikuti beberapa cara di atas untuk mengetahui hardisk MBR atau GPT.maka setelah hasilnya seperti gambar berikut maka hardisk yang terdapat di laptop yaitu hardisk jenis MBR. Namun jika di bawah tulisan GPT  ada tanda Bintang maka Hardisk yang terdapat di laptop GPT.

Penutup:

Jadi, sebagai kesimpulan dari cara diatas bahwa jenis partisi Hardisk yang ada saat ini hanya ada dua, yaitu GPT dan MBR. Dengan demikian, jika jenis partisi Hardisk komputer anda bukan GPT, maka sudah pasti adalah MBR dan begitu juga sebaliknya. Selain itu, jenis partisi hardisk ini tidaklah paten, melainkan anda dapat mengubahnya. Anda dapat melakukan convert GPT ke MBR dan sebaliknya untuk mengubah jenis partisi Hardisk.

Itulah cara mudah untuk cek jenis partisi hardisk yang terpasang pada Laptop anda. Sekali lagi bahwa jika anda hendak melakukan install ulang Windows, maka sebaiknya anda memeriksa jenis partisi hardisk terlebih dahulu untuk menyesuaikan dengan jenis installer yang dibuat.



Share This Article :
Moh. Shahibul 'Ulum

Seseorang yang paham dengan dunia teknologi,parabola,pendidikan,operator, media sosial,paket internet. dan parabola sesuai dengan skill yang di miliki.

3673083153873386998
.....KLIK 2X (CLOSE).....