NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Doa Rasulullah SAW Di Bulan Rajab Bulan Yang Penuh Istimewa Untuk Menghadapi Bulan Ramadhan

Doa Rasulullah Di Bulan Rajab Bulan Yang Penuh Istimewa Untuk Menghadapi Bulan Ramadhan - Sesuai dengan kalender atau penanggalan Hijriah, Kita Ummat Islam sudah memasuki bulan Rajab yang mana bulan Rajab ini termasuk bulan yang di haramkan oleh Allah Swt di dalam Al-qur'an dari 12 bulan Hijriyah. Di bulan Rajab ini kita ummat islam sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadhan yaitu bulan  yang penuh barakah dari Allah Swt.

Doa Rasulullah SAW Di Bulan Rajab
Sumber: Nu Online

Awal bulan Rajab sesuai dengan penanggalan hijriah tepatnya pada malam Selasa, 1 Rajab 1441H atau dalam penanggalan Masehi tepatnya  pada hari Selasa, 25 Februari 2020. Menurut pendapat yang di lansir dari Lembaga Lajnah Falakiyah NU penetapan tanggal 1 Rajab yaitu sebagai berikut:

"Awal Rajab 1441 H bertepatan dengan hari Selasa Legi (mulai malam Selasa), 25 Februari 2020 atas dasar istikmal, sebab rukyah pada Ahad petang tidak dapat melihat hilal," demikian antara lain disampaikan Lajnah Falakiyah NU, melalui rilisnya beberapa hari lalu.

Dalil Dalam Al-Qur'an yang di haramkan Allah Swt:


Dalam Quran surat At Taubah ayat 36, Allah SWT berfirman mengenai bulan-bulan yang diagungkan, salah satunya bulan Rajab.

 اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا  فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ


Artinya: Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ada dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangi lah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.

Lalu, apa istimewanya atau keutamaan bulan Rajab bagi ummat Islam? 


Yang jelas, bulan ketujuh dalam kalender Hijriah ini memang adalah salah satu bulan istimewa, salah satunya karena pada bulan inilah (27 Rajab) terjadinya Peristiwa Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW yang melahirkan perintah ibadah shalat 5 waktu yaitu Shalat Dhuhur, Sholat Asar, Shalat Maghrib, Shalat Isya' dan Shalat Subuh.


Lebih dari itu, Rajab juga diketahui merupakan salah satu dari empat bulan yang haram (yang disucikan) yang antara lain disebutkan di dalam Al-Quran surah At-Taubah ayat 36 yaitu Muharram, Rajab, Dzulqaidah, dan Zulhijah. Bahkan, memperjelas ayat tersebut, sebagaimana diriwayatkan Al-Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW telah bersabda:

"Sesungguhnya zaman telah berputar seperti keadaannya di hari saat Allah Ta'ala menciptakan langit dan bumi, satu tahun ada dua belas bulan. Di situ terdapat empat bulan yang diharamkan atau disucikan Allah. Tiga bulan tersebut adalah Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab adalah bulan yang terletak antara Jumadil Akhir dan Sya'ban."

Doa Rasulullah Di Bulan Rajab :

Sebagai bukti lain bahwa Rajab adalah bulan yang istimewa, bahkan diketahui ada doa khusus yang senantiasa dibaca Nabi Muhammad SAW di tiap-tiap datangnya bulan Rajab. Berikut doa bulan Rajab yang biasa dibaca Rasulullah SAW tersebut:

أللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَان


Artinya: Ya Allah, berkahilah umur kami di bulan Rajab dan Syaban, serta sampaikan lahh (umur) kami hingga bulan Ramadhan.

Doa bulan Rajab tersebut, menurut Ustadz Yusuf Mansyur memiliki derajat hadist dhaif atau ringan. Walaupun begitu, doa bulan Rajab ini bisa diamalkan karena meminta keberkahan dari Allah SWT sepanjang bulan Rajab, Syaban hingga masuk Ramadhan.

Semoga kita semua ummat islam di beri oleh Allah Swt akan keberkahan bulan Rajab dan Sya'ban untuk di sampaikan ke bulan Ramadhan tahun 1441H /2020 M. sekian artikel yang dapat kami berikan seputar Doa Rasulullah di bulan Rajab. semoga bermanfaat jika bermanfaat jangan lupa di share artikel ini dengan tombol share di bawah ini. 
Share Artikel Ini:
Moh. Shahibul 'Ulum

Saya seorang orang yang suka membaca, menulis, dan melakukan hal yang berkaitan dengan Dunia Teknologi. serta khususnya Search Engine Optimization.

3673083153873386998
.....KLIK 2X (CLOSE).....