NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

2020 Amalan-Amalan Utama Bulan Ramadhan 1441 H / 2020 M

Amalan-Amalan Utama Bulan Ramadhan 2020-Bulan ramadhan adalah bulan yang pebuh berkah. Didalamnya terdapat berjuta kemulyaan dan pintu ampunan. Di dalamnya terdapat anugerah, ampunan, dan rahmat Allah swt yang melimpah ruah. Pada bulan itu terjadi peristiwa peristiwa  bersejarah, diantaranya turunnya Al-Quran agar jalan kehidupan yang ada didunia ini dan kehidupan umat islam menjadi terarah dan teratur.

"Malam dan Siang pada Bulan Ramadhan Adalah waktu-waktu yang Mulia. Karrena itu, kita dianjurkan agar pintar dalam mengambil kemanfaatannya."

Oleh karena itu, sepantasnya umat muslim rajin beribadah, mengahmapr sajadah menengadakan wajah serta berdzikir, ke hadirat Allah swt. Dzat yang maha segala-segalanya. Ibadah yang kita lakukan pad bulan suci ini mendapatlkkan nilai plus oleh Allah swt. Ynag ibadah ibadah sunah yang kita lakukan sama halnya dengan ibadah maktubah, da satu ibadah maktubah setara dengan tuju puluh ibadah pada bulan-bulan lainnya.



Berikut ibadah -ibadah  yang dianjurkan untuk dikerjakan pada bulan suci ini (Ramadhan).



  1.  melaksanakan puasa.     Rasulullah SAW bersabda: Artinya "Barang siapa berpuas ramadhan dengan keimanan dan mengharap pahala maka diampuni dosa yang telah lalu". (HR. Al-Bukhori dan Muslim)
  2.  Mmeberikan hidangan berbuka puasa pada orang yang berpuasa. Rasulullah SAW bersabda: Artinya "Barang siapa yang memberi makanan buka puasa pada yang berpuasa maka segala dosanya diampuni, dan Allah akan memberikan padanya dari telagaku sehingga ia tidak akan merasa haus samapi ia masuk surga, juga baginya  pahala seperti pahala orang yang berpuasatanpa dikurangi sedikitpun."
    (HR. Al-Baihaqi).
                                                                                                                                                                                                                          
  3.  Melaksanakn Shalat tarawih. Rasulullah SAW bersabda: Artinya "Barang siapa yang menunaikan ibadah sholat malam di Bulan Rmadhan dengan keimanan dan mengharap pahala maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu"
                                                                                                    (HR. Al-Bukhori dan Muslim ).
  4.  melakukan iktikaf. Dlam sebuah hadist Dijelaskan : Artinya menceritakan kepada kami, al-Laits dari uqail dari ibnu syihab dan Urwah bin Zubair dari sayyidah Aisyah, istri Rasulullah SAW. bahawa nabi senantiasa beriktikaf didalam pada sepuluh hari terakhir dari Bulan Ramadhan, sampai beliau wafat. Kemudian, istri-istri beliau beriktikaf sepeninggalnya." (Muttafaq 'alaih)
  5.  memperbanyak doa, istighfar, dan dzikir.Malam dan siang ramadhan adlah waktu-waktu yang mulia. Karena itu, kita dianjurkan agar pintar dalam menmgambil manfaatnya.  Hal itu bisa dilakukan dengan banyak cara, diantara yaitu, membaca Al-QUr'an, Selalu berdoa dan bermunajat kepada Allah, dan Mmeperbanyak dzikir. Terutama, oada waktu-waktu istijabah, yakni saat berbuka puasa, sepertiga malam, dan diwaktu sahur.
    Ketiga waktu adalah waktu yang sangat tepat untuk kita perbanyak ibadah kepada Allah swt.
  6.  menghidupkan Laitul Qodar. Rasulullah SAW bersabda: Artinya "Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah bersabda :"Barang siapa pada Lailatul Qodar didasari iman dan mengharap pahala maka diampuni diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Al-Bukhori dan Muslim bin Ibrahim). Pda malam Lailatul Qodar Rasulullah sangat antusias untuk beribadah. Mlam ini terdapat pada sepuluh hari terakhir di bulam ramadhan, dan terdapat pada malam ganjil, yakni malam 21, 23, 25, 27, dan 29.  Bahkan nabi membangunkan keluarganya untuk ikut serta beribadah malam malam itu. Dari Sayyidah Aisay Nabi Bersabda "Apabila tiba malam sepuluh terakhir, rasulullah mengencangkan sarungnya, menghidupkan malamnnya, dan membangunkan keluarganya." (HR.Al-Bukhori)

Berikut merupakan Rangkaian ibadah yang dianjurkan untuk kita lakukan saat bulan ramadhan. Dengan begitu kita insya allah dapat meraih kemennangan nanti saat Hari raya idul fitri itu tiba.





 


Share This Article :
Nuzulur Rahman

Saya adalah orang yang sangat suka dengan hal hal yang baru Suka travelling dan tempat tempat bersejarah. Instagram : nuzulrhmn_ Jangan Lupa Difollow

3673083153873386998
.....KLIK 2X (CLOSE).....