NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Tatakrama Berpuasa di Ramadhan 1441 H / 2020 M

 Tatakrama Berpuasa di Bulan Ramadhan 1441 H / 2020 M-Orang yang berpuasa memiliki dua kebahagiaan, yakni ketika berpuka puasa dan saat bertemu tuhannya. Rasulullah pernah bersabda bahwasanya "Sesungguhnya Allah berfirman "puasa itu untuk-Ku dan aku sendiri yang akan membalasnya".
Dalam hadist lain Rasulullah bersabda bahwasanya; 

"Bahwasanya bau mulut orang yang berpuasa, menurut Allah lebih harum daripada bau minyak misik." (HR. An-Nasai) 

Hadist inimengajarkan pada kita bahwa puasa, baik yang yang fardhu maupun yang sunah, terdapat nilai yang spesial dalam pandangan Allah. Ibadah puasa merupakan ibadah yang istimewah dibandingkan dengan ibadah yang lainnya, setelah sholat.


Pahala setiap individu bagi orang yang berpuasa tidak sama dengan pahala ibadah ibadah lain, yakni pahala tersebut unlimited (tidak terbatas).
Karena hal itulah bagi orang yang berpuasa langkah baiknya untuk menjaga etika atau tatakrama saat berpuasa. Hal ini dijalani agar puasa yang dilakukan dapat terlaksana dengan sempurnah, dan berbuah pahala sesuai dengan apayang dijanjikan oleh Allah swt.

Berikut adab-adab dalam berpuasa :



  1. Makan di Waktu Sahur Bagi oranng yang berpuasa disunahkan baginya untuk makan sahur terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar badan kita kuat untuk menanggung lapar dan haus selama 12 jam. Rasulullah bersabda : "Bersahurlah kamu  kalian semua karena didalam waktu itu (sahur) terdapat barakahnya " (HR. Al-Bukhori dan Muslim)
  2. Berpribadi Dermawan 
    Rasulullah adalah ikon insan yang palinng dermawan. Kedermawaan beliau kian bertmabah ketika bulam ramadhan tiba. hingga kedermawaanya itu lebih cepat daripada angin. (HR. Al-Bukhori dan Abdullah abbas).
  3. Tidak BerGhibah
    Ghibah adalah membicarakan keburukan pada diri seseorang, baik orang bersamanya ataupun tida. Hal ini Allah berfirman dalam Al-Quran surah Hujurat; Artinya "Dan janganlah mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah menggunjing satu sama lain. Adakah seseorang diantara kamu yang suka memakan daging bangkai saudaranya ? maka tentulah kamu merasa jijik. Bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah maha menerima taubat dan lagi maha penyayang" (QS. Al-Hujurat[49]:12)
  4. Tidak Berbohong Islam sangat melarang umatnya berbohong, lebih lagi ketika orang itu berpuasa, karrena apabila melkukan itu maka sia sia puasa yang dilakukannya. Dan juga Karena perkataan dusta akan mengiringi orang tersebut kepada perbuatan kejahatan.
  5. Tahukah kalian bahwa orang yang sekali berdusta maka seumur hidupnya akan di cap pendusta oleh Allah swt.
  6. Bersegera Dalam Berbuka Apabila matahari sudah tenggelam maka bersegarahla berpuasa karena ini merupakan bagian dari adab-adab dalam berpuasa. Eistt tunggu dulu, sebelum berbuka alangkah baiknya kita berdoa dulu karena berdoa sebelum berbuka termasuk dalam tatakrama berpuasa.Yang saya maksud disini adalah berdoa sebelum tiba berbuka, krena dalam suatu hadist disebutkan; "Sesungguhnya orang yang berdoa ketika hendak berpuasa, doanya diterimah" (HR.Ibnu Majah)
Berikut adalah Ttakrama kita saat berpuasa, Kita bisa implementasikan saat berpuasa. Semoga bermanfaat.
Dengat Lisan orang Bisa Selamat Dan Dengan Lisan Orang Bisa TerSesat
Share This Article :
Nuzulur Rahman

Saya adalah orang yang sangat suka dengan hal hal yang baru Suka travelling dan tempat tempat bersejarah.

3673083153873386998
.....KLIK 2X (CLOSE).....