saluran whatsapp aulaku

{Terbaru} Malam Lailatul Qadar 1442 H / 2021 M, ini Tanda-tanda, Doa, dan Amalannya

Tanda-tanda malam lailatul qadar adalah : 1. Suasana Pagi Tenang Salah satu tanda datangnya Lailatul Qadar adalah suasana pagi yang tenang pada keesokan hari. 2. Matahari Cerah tapi Tidak Panas Tanda lain datangnya Lailatul Qadar adalah sinar matahari yang bersinar cerah namun tak terik. 3. Udara Terasa Tenang Suasana malam Lailatul Qadar digambarkan dalam Alquran lebih tenang, langit tidak berawan, udara terasa tenang, sejuk, tidak panas, dan tidak dingin. 4. Bulan Terlihat Separuh Disebutkan turunnya malam Lailatul Qadar saat bulan terlihat berukuran separuh. Lalu apa saja amalan yang harus kita lakukan pada malam Lailatul Qadar? 1. Sholat Sholat menjadi amalan wajib yang ditunaikan bagi setiap Muslim. Selain sholat wajib, ada beberapa amalan salat sunnah di antaranya salat tahajud dan hajat. Sholat tahajud bisa dilakukan setelah bangun tidur yakni di sepertiga malam. Untuk Sholat hajat merupakan amalan untuk mengharapkan sesuatu kepada Allah SWT. 2. Dzikir Umat Muslim dapat berdzikir dengan melafalkan takbir, hamdallah, pujian, asmaul husna, dan lain sebagainya. 3. Membaca Alquran Salah stau amalan yang bisa dilakukan untuk menyambut turunnya Lailatul Qadar adalah dengan membaca Alquran. Memperbanyak tilawah Alquran di malam-malam Lailatul Qadar akan mendatangkan berkah.
Malam Lailatul Qadar 1442 H /2021 M, ini Tanda-tanda, Doa, dan Amalannya-Lailatul Qadar adalah satu malam yang terjadi pada bulan Ramadhan. Dalam Alquran, keutamaan Lailatul Qadar lebih baik dari seribu bulan.

Lalu kapan malam Lailatul Qadar itu datang? Rasulullah mengisyaratkan malam Lailatul Qadar turun pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Lebih khusus lagi, carilah malam Lailatul Qadar pada malam-malam ganjil dari sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

Yang lebih khusus lagi adalah malam 27 sebagaimana sabda Nabi tentang Lailatul Qadar:

"(Dia adalah) malam ke-27." (HR. Abu Dawud, dari Mu'awiyah bin Abi Sufyan radhiyallahu 'anhuma, dalam Shahih Sunan Abi Dawud.)

Berikut tanda-tanda malam Lailatul Qadar:




1. Suasana Pagi Tenang


Salah satu tanda datangnya Lailatul Qadar adalah suasana pagi yang tenang pada keesokan hari.

2. Matahari Cerah tapi Tidak Panas

Tanda lain datangnya Lailatul Qadar adalah sinar matahari yang bersinar cerah namun tak terik.

3. Udara Terasa Tenang

Suasana malam Lailatul Qadar digambarkan dalam Alquran lebih tenang, langit tidak berawan, udara terasa tenang, sejuk, tidak panas, dan tidak dingin.

4. Bulan Terlihat Separuh

Disebutkan turunnya malam Lailatul Qadar saat bulan terlihat berukuran separuh.

Lalu apa saja amalan yang harus kita lakukan pada malam Lailatul Qadar?


1. Sholat

Sholat menjadi amalan wajib yang ditunaikan bagi setiap Muslim. Selain sholat wajib, ada beberapa amalan salat sunnah di antaranya salat tahajud dan hajat. 

Sholat tahajud bisa dilakukan setelah bangun tidur yakni di sepertiga malam. Untuk Sholat hajat merupakan amalan untuk mengharapkan sesuatu kepada Allah SWT.

2. Dzikir

Umat Muslim dapat berdzikir dengan melafalkan takbir, hamdallah, pujian, asmaul husna, dan lain sebagainya.

3. Membaca Alquran

Salah stau amalan yang bisa dilakukan untuk menyambut turunnya Lailatul Qadar adalah dengan membaca Alquran. Memperbanyak tilawah Alquran di malam-malam Lailatul Qadar akan mendatangkan berkah.



4. Itikaf


Untuk menyambut malam Lailatul Qadar, umat Muslim biasanya berdiam diri di masjid dan mendekatkan diri pada Allah SWT. Namun itikaf tidak diwajibkan bagi umat Islam.

5. Bersalawat

Memperbanyak selawat pada Nabi Muhammad SAW juga dianjurkan untuk menyambut malam Lailatul Qadar.

6. Bersuci Lahir dan Batin

Salah satu yang dianjurkan saat menyambut turunnnya malam Lailatul Qadar adalah dengan bersuci. Bersuci dengan melakukan mandi, berwudhu, dan menggunakan wewangian.

7. Berdoa

Umat Muslim bisa memanjatkan doa apa saja pada malam Lailatul Qadar. Doa yang dipanjatkan pada malam Lailatul Qadar akan dikabulkan. 

Namun ada satu doa yang dianjurkan oleh Rasulullah. Doanya itu yakni:

Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu'anni.

Artinya: Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Nah, bagaimana ciri-ciri orang yang mendapatkan malam Lailatul Qadar?


Umat Muslim yang mendapatkan malam Lailatul Qadar yakni selalu mengerjakan perintah Allah SWT. Selalu mengerjakan selain ibadah wajib salat lima waktu dan tidak pernah meninggalkan ibadah salat sunah seperti tahajud dan tarawih.

Dalam kehidupan sehari-hari orang itu selalu rendah hati kepada sesama manusia. Orang yang mendapatkan Lailatul Qadar akan terlihat lebih bersinar wajahnya.  
Saya adalah orang yang sangat suka dengan hal hal yang baru Suka travelling dan tempat tempat bersejarah. Instagram : nuzulrhmn_ Jangan Lupa Difollow