NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

{Terbaru} 5 Cara Mempercepat Booting Windows 7 Lengkap

Cara Mempercepat Booting Windows 7- Memiliki komputer atau laptop yang lambat pasti menghambat kita untuk melakukan sesuatu menggunakan laptop atau PC kita. Terlebih lagi ketika kita mengerjakan tugas tiba-tiba laptop kita tertinggal, tentu sangat mengganggu.

Lambat tidak hanya terjadi ketika kita menggunakan komputer kita, komputer kita juga terkadang memiliki boot yang lambat, ini pasti sangat mengganggu bagi Anda yang tidak sabar.

 Cara Mempercepat Booting Windows 7
 Cara Mempercepat Booting Windows 7

Ada begitu banyak faktor yang menyebabkan boot pada Windows 7. Faktor yang paling berpengaruh dalam proses boot windows kami adalah perangkat lunak atau sistem operasi yang Anda gunakan dan spesifikasi perangkat keras yang Anda gunakan.

Untuk boot di windows 7 Anda lebih cepat Anda harus melakukan beberapa pengaturan di windows Anda.

Booting adalah proses awal saat Anda menyalakan komputer atau laptop sebelum memasuki desktop. Kecepatannya sangat dipengaruhi oleh kinerja CPU.

Karena itu, jika Anda tidak ingin menjadi rumit, yang harus Anda lakukan adalah meng-upgrade perangkat keras Anda seperti prosesor, RAM, dan motherboard menjadi lebih baik, ini akan meningkatkan kecepatan booting komputer Anda.

Cara Mempercepat Booting Windows 7

1. Defrag Hard Drive


Defrag hadisk Anda secara berkala memiliki tujuan khusus yaitu mengatur ulang file dan data di komputer Anda.

Anda tidak perlu khawatir ketika Defrag, karena Anda tidak akan kehilangan data saat defragmenting windows Anda.

Proses defragmentasi hard disk biasanya membutuhkan waktu yang sangat lama, hingga berjam-jam tergantung pada jumlah file di komputer Anda.

Saya sendiri telah mendefrag komputer saya dan dibutuhkan hingga 4 jam jika saya tidak salah, ini agar saya dapat menjaga hard drive sehingga menjadi optimal.

Karena itu, untuk meringankan beban pada komputer Anda harus mematikan program lain sebelum defragmenting hard disk Anda.

2. Gunakan SSD


Langkah paling efektif untuk mempercepat boot Windows 7, adalah dengan memutakhirkan perangkat keras pada penyimpanan. Sebelumnya menggunakan hard drive, maka Anda dapat mencoba menggunakan SSD sebagai tempat untuk OS Windows untuk bekerja.

3. Manfaatkan Windows Disk Cleanup

Anda dapat menggunakan aplikasi Windows default yaitu Disk Cleanup untuk membersihkan file sampah yang ada di Recycle Bin, dan juga file sampah lainnya seperti file log, file sementara dan file sampah lainnya.

File yang dihapus menggunakan Disk Cleanup akan dihapus secara permanen dari komputer hard disk Anda.

Hasilnya adalah bahwa akan ada lebih banyak ruang kosong pada hard disk Anda dan tentunya akan mempercepat proses boot.

Jika aplikasi ini tidak tersedia di windows Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi lain seperti CCleaner untuk menghapus file sampah.

4. Matikan Proses Startup

Salah satu bentuk upaya mempercepat boot Windows 7 dengan mematikan aplikasi startup yang berjalan di latar belakang.

  • Buka Start Menu pada Windows Anda, pilih Run. Atau Anda juga bisa menggunakan Win + R
  • Ketik "msconfig" di kolom Run, lalu tekan enter.
  • Pilih tab Startup, lalu hapus centang semua program windows yang Anda anggap tidak penting, yang tidak ingin Anda jalankan ketika proses booting selesai. Anda harus mematikan firewall windows dan antivirus yang berjalan, karena kedua program ini penting untuk komputer Anda.
  • Selanjutnya Anda pilih tab Boot, lalu centang "No GUI boot". Setelah itu, klik Terapkan dan tutup jendela MSCNfig dengan menekan tombol OK.

5. Minimal Ruang Kosong Hard Drive

Anda harus meninggalkan setidaknya 20% ruang kosong pada drive yang digunakan untuk menginstal sistem operasi Windows 7 Anda. Mengapa kita harus membuat ruang? Sehingga proses booting lebih cepat dari sebelumnya.

Jika Anda menginstal sistem operasi Windows 7 pada drive C, dan ukuran drive C adalah 100GB, maka Anda harus meninggalkan setidaknya 20GB ruang pada drive C.

Anda tidak harus menyimpan file yang Anda unduh di drive C, simpan di drive lain, sehingga proses boot lebih cepat.

Kesimpulan

Ada banyak faktor yang menyebabkan Windows 7 melakukan booting dengan lambat. Umumnya karena spesifikasi perangkat keras kurang mendukung atau terlalu tua. Maka diperlukan pembaruan komponen agar optimal, tetapi tidak mengesampingkan kemungkinan lain.

Begitulah Cara Mempercepat Boot Windows 7, jika Anda mengikuti tips di atas, kemungkinan boot pada komputer laptop Windows 7 Anda akan lebih cepat.

Mungkin itu semua tips dari saya, semoga bermanfaat. Jika ada yang ditanya, silakan tanyakan di kolom komentar.
Share This Article :
Moh. Shahibul 'Ulum

Seseorang yang paham dengan dunia teknologi,parabola,pendidikan,operator, media sosial,paket internet. dan parabola sesuai dengan skill yang di miliki.

3673083153873386998
.....KLIK 2X (CLOSE).....