-->
NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

{Berhasil} 6 Cara Mengatasi HP Dicas Tidak Mengisi Secara Mudah dan Lengkap

Cara Mengatasi HP Dicas Tidak Mengisi- Seperti yang kita ketahui, masalah di ponsel Android bervariasi, mulai dari perangkat lunak dan perangkat keras. Nah, salah satu masalah perangkat keras yang sering terjadi adalah baterai tidak bertambah saat ditekan.

Cara Mengatasi HP Dicas Tidak Mengisi


Penyebab masalah ini bisa karena faktor pengguna atau memang dari perangkat keras yang telah diminta untuk diganti. Namun, yang lebih dominan adalah karena faktor penggunanya.

Nah, bagi Anda yang mengalami masalah dengan HP yang sedang diisi tetapi tidak mengisi daya, tenang dulu. Pada kesempatan ini, saya akan memberikan beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasinya.

Penyebab HP tidak bisa Dicas

Nah, penyebab baterai Hp Android saat diisi tapi tidak bisa penuh adalah, ternyata ada banyak, lho. Tapi, rata-rata mereka disebabkan oleh masalah umum, misalnya:

  • Komponen rusak: Misalnya IC charger rusak.
  • Sistem Rusak: Misalnya, status baterai tidak akurat (80% tetapi tidak meningkat).
  • Kabel data rusak: Untuk mengisi daya ponsel, kami membutuhkan kabel data. Sekarang, jika kabel data ini rusak, dapat memengaruhi pengisian daya.
  • Baterai rusak: Baterai juga memiliki efek yang pasti pada pengisian daya. Biasanya kalau mau rusak, bisa butuh waktu lama atau tidak bertambah, tetapi kalau dipakai cepat bisa habis.
  • Dan yang lainnya: Karena ada banyak lagi penyebab.

Solusi Hp di Cas Malah Berkurang

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya bahwa masalah ini lebih dominan karena penggunanya. Yups, itu tidak salah, terutama bagi pengguna yang sangat suka bermain game.

Kami tentu setuju bahwa untuk sebagian besar permainan, sekarang tidak cukup jika hanya dimainkan beberapa menit. Bahkan, ada juga orang yang bermain game berjam-jam.

Nah, ketika baterai habis tetapi game belum selesai, sudah pasti pengguna akan mencolokkan charger saat bermain game. Nah, inilah salah satu alasan HP tidak dikenakan biaya atau bahkan berkurang.

Saya pribadi sering mengalami masalah ini. Jadi, posisi ponsel yang saya isi daya digunakan untuk bermain game. Dan benar saja, baterai HP tidak mengisi sama sekali, meskipun indikator pengisian daya masih berjalan.

Itu hanya satu penyebab. Untuk penyebab lain, tentu saja ada banyak, seperti: IC charger rusak, baterai rusak, kabel data rusak, port rusak, dan banyak lagi.

Cara Mengatasi HP Dicas Tidak Mengisi

Jika Anda mengalami masalah ini, pasti bingung, ya? Apalagi jika ponsel digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Tapi, jangan khawatir dulu. Di sini saya ingin membagikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Karena, saya sendiri sudah memperbaikinya beberapa kali.

Berikut Ini Pembahasannya:

Catatan: Bisa untuk semua merk HP Android (Oppo, Xiaomi, Samsung, Lenovo, Vivo, Huawei, ASUS, Acer, Advan, Smartfren, dan lain-lain).

1. Restart Hp Android 

Ketika telepon sedang digunakan, tetapi tiba-tiba tidak dapat diisi, Anda dapat mencoba metode sederhana dan akurat ini. Yaitu Restart Hp.

Tujuannya adalah mengatur ulang semua aktivitas yang saat ini berjalan pada sistem. Pasalnya, tugas HP yang terlalu banyak, akan membuat beban CPU secara otomatis menjadi lebih berat. Nah, CPU yang bekerja berat ini, akan mengkonsumsi konsumsi daya yang lebih tinggi.

Jadi, bahkan jika kita menghubungkan pengisi daya, daya yang dihasilkan oleh proses pengisian akan digunakan sebagai komponen. Akibatnya, baterai HP akan terisi penuh lebih lama.

2. Bersihkan Ujung Kabel Charger HP

Masalah kabel data yang rusak juga mempengaruhi kecepatan proses pengisian HP. Terutama jika Anda menggunakan kabel data non-asli atau kabel data murah.

Ya, tapi jangan cepat-cepat mengubahnya dulu. Karena selain kabel yang rusak, mungkin tidak dapat mengisi hanya karena kotoran.

Solusinya, silakan bersihkan kabel charger Anda. Tujuannya untuk menghilangkan semua kotoran di permukaan charger.

Kotoran tidak selalu dalam bentuk debu, tetapi juga bisa menempel. Ada 2 cara untuk membersihkannya:
  • Yang pertama: Coba bersihkan ujung kabel tersebut dengan tisu. Lap dengan hati-hati ujung charger tersebut sampai kira-kira bersih.
  • Yang kedua: Gunakan kertas amplas, bisa dibeli di toko bahan bangunan. Harganya berkisar 3.000 sampai 5.000 rupiah. Ada yang halus dan ada yang kasar. Kalau bisa, ambil yang jangan terlalu halus dan jangan terlalu kasar.

Ingat juga, belinya harus yang amplas besi, bukan amplas kayu. Kalau amplas besi, warnanya biasanya hitam dan teksturnya nggak sekasar yang kayu.

3. Dinginkan Hp

Tujuan utama membungkam HP sesaat adalah untuk mendinginkan perangkat keras HP. Jadi, mungkin saja baterai HP tidak mengisi karena semua komponen panas.

Harap dicatat, ketika HP panas, penggunaan daya baterai cenderung lebih dari pada suhu normal. Karena itu, ketika HP diisi saat panas, daya tambahan akan memakan waktu lebih lama atau bahkan tidak bertambah sama sekali.

4. Ganti Kabel USB

Percaya atau tidak, kabel USB sangat berpengaruh dalam pengisian baterai. Kecepatan pengisian akan berbeda antara kabel USB asli dan kabel USB secara acak.

Jadi, ketika Anda menemukan bahwa harga kabel USB sangat murah, tidak perlu heran, karena dari segi kualitas jelas berbeda dari yang asli. Karena itu, pastikan Anda menggunakan kabel asli saat mengisi daya HP.

Kasus ini juga pernah dialami oleh teman-teman. Dia pernah mengisi daya ponsel dengan kabel USB yang murah, dan baterainya tidak bertambah sama sekali. Saat mengganti dengan kabel lain, dalam beberapa menit baterai sudah mulai terisi.

Dari sinilah maka kabel USB juga bisa menjadi penyebab baterai HP tidak bertambah saat diisi. Jadi, coba ganti kabel USB dengan yang lain.

5. Ganti Kabel Charger

Masih tidak benar? Jika Anda tidak dapat menggunakan amplas, mungkin kabel pengisi daya yang digunakan sudah rusak.

Sebagian besar kabel pengisi daya, menurut pengalaman saya, dapat rusak setelah periode penggunaan tertentu. Apalagi jika Anda menggunakan kabel murah (mungkin 15 ribu), dan Anda sering menggunakan ponsel saat sedang diisi daya. Jadi, mau tidak mau harus berubah.

Oh ya, ingat juga 3 hal berikut:
  • Sebisa mungkin, ganti kabel yang digunakan dengan kabel asli, atau setidaknya kabel charger berkualitas yang harganya sedikit mahal. Karena daya tahan lebih terjamin.
  • Kabel charger murah, juga memiliki risiko sendiri, yaitu risiko merusak komponen internal HP.
  • Untuk penggunaan ponsel saat sedang diisi ulang, menurut saya tidak masalah. Selama ponsel tidak menjadi terlalu panas, dan jangan menggunakannya terlalu lama.
Catatan: Sebenarnya kabel charger murah tidak selalu buruk. Saya sendiri memiliki kabel pengisi daya 15 ribu yang bahkan bisa bertahan hingga 2 tahun, meskipun sering digunakan dalam keadaan pengisian daya. Paling penting, harus pintar dalam memilihnya.

6. Bersihkan Port USB

Tidak hanya kabel, kondisi port USB yang kotor juga bisa menjadi penyebab HP tidak mengisi daya. Di dalam port USB, ada konektor untuk charger (bisa dilihat di lubang charger).

Nah, port charger ini, asalkan waktu pemakaian, makin banyak kotoran yang menempel. Kotoran lengket ini tentu akan mengganggu pengiriman daya dari kabel ke port charger.

Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan benda-benda kecil, apa pun yang masuk ke port untuk membersihkannya. Tapi hati-hati, konektornya jangan sampai putus, ya.

Pengalaman, saat saya membersihkan port USB, eh portnya rusak. Pada akhirnya, itu tidak bekerja sama sekali.

Jika rusak, port charger juga bisa diganti, kok. Tetapi bagi mereka yang tidak mengerti masalah listrik HP, harus dibawa ke area layanan.

Demikian Cara Mengatasi Hp Dicas Tidak Mengisi yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi Hp Dicas Tidak Mengisi. Semoga dengan trik di atas dapat membantu ada di dalam mengatasi masalah Hp Android anda yang tidak dicas malah berkurang.


Share This Article :
Moh. Shahibul 'Ulum

Seseorang yang paham dengan dunia teknologi,parabola,pendidikan,operator, media sosial,paket internet. dan parabola sesuai dengan skill yang di miliki.

3673083153873386998
.....KLIK 2X (CLOSE).....