NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

TUTORIAL MEMASANG PARABOLA JARING 2021 KHUSUS PARA PEMULA

TUTORIAL MEMASANG PARABOLA JARING 2021 KHUSUS PARA PEMULA

Ketemu lagi dengan saya dalam membahas tentang satelit Parabola dan receiver digital tentunya. Untuk sekarang ini saya akan fokus untuk membahas tutorial untuk memasang atau merakit Parabola jaring atau spektrum C-band.
Mula mula sebelum Kita membahas pemasangan perlu kita lakukan adalah mempersiapkan semua yang di perlukan seperti misalnya dish, baut rakit, mounting, tiang fokus. Ini sudah pasti butuh terkadang jika membeli pasti sepaket.
Lalu yang perlu diperhatikan adalah LNB .kalo dulu waktu telkom sama palapa d masih aktif kita harus membeli 2 LNB. Namun sekarang sudah tidak lagi. Karena siaran satelit umum itu bisa pakai 1 LNB yaitu lock langsung ke satelit TELKOM 4.
Dan yang terakhir adalah receiver digital nya . sekarang itu sangat banyak macamnya kalo soal receiver jadi terserah pemirsa mau ngambil yang mana.

1. Merakit LNB
Pertama adalah siaran memasang LNB . Saat kita membeli LNB itu sudah pasti ada semacam tempat khusus untuk LNB yang bisa di pasang ke tiang dish .

2. Merakit Dish
Dish itu adalah besi yang saat di rakit itu melingkar besar . dish ini terdiri dari 4 buah keping yang nantinya kalau digabung akan menjadi kesatuan yang bulat. 4 keping dish ini digabung satu per satu dan di baut.
Kemudian pasang mountingnya. Cara memasangnya terserah sesuai selera, intinya posisi mounting dibawah dan kemudian dijepit dari atas dengan lempengan besi yang sudah ada dan kemudian dibaut dengan 4 buah baut.

4 baut ini dikencangkan pakai kunci sampai kencang. Mengencangkan baut ini harus seimbang agar nantinya posisi tiang fokus bisa tegak ditengah. Dan kemudian dish siap dipasang.

3. Memasang Tiang
untuk pemasangan tiang fokus jika mau di taruh di tempat rendah usahakan tiang nya panjangbdan jika mau di taruh di atap jangan terlalu panjang sekiranya bisa di baut ke kayu atau. Apa sudah cukup, kalo untuk di tanah terkadang ada 1,2 meter dan 1,5 meter. Saya biasa pakai panjang 1,2 meter untuk parabola fixed dan 1,5 meter untuk parabola pakai penggerak.

Pemasangan tiang ini bisa dengan posisi tegak lurus dan juga bisa posisi miring. Untuk pemula usahakan pemasangan tiang dengan posisi tegak lurus karena trackingnya akan lebih mudah dibanding dengan pemasangan tiang posisi miring, karena posisi miring hanya dikarenakan lokasi tidak memungkinkan untuk pemasangan tiang dengan posisi tegak lurus.
pastikan saat di tanam itu tidak goyang dan harus kokoh agar tidak berubah lagi
4. Memasang Kabel
Kabel ini ada yg sudah paketan dari pabriknya dengan ujung-ujung kabel sudah terpasang konektor dan ada juga yang masih potongan kabel bisa dengan ujung-ujungnya belum ada konektornya. Untuk yang ini, ujung kabel dipasang konektor terlebih dulu, setelah itu tinggal pasang ke receiver digital nya. Dan terakhir di TRACKING atau si lock Satelit nya .

Begitulah kira-kira tutorial informasi pemasangan parabola C-band atau jaring . semoga bermanfaat buat anda semua.
Terimakasih..

Share This Article :
3673083153873386998
.....KLIK 2X (CLOSE).....