Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

{Terbaru} 3 Cara Membersihkan Virus di Flashdisk Semua Versi Permanen

Cara membersihkan virus di Flashdisk permanen -Jenis virus di flashdisk cukup beragam. dari virus seperti shortcut, hingga virus malware lainnya, bisa membuat flashdisk tidak berfungsi dengan normal.

Oleh karena itu lindungi komputer anda dari segala macam virus yang dapat merusak komputer anda nantinya, nah untuk membersihkan virus yang ada di komputer atau laptop anda gunakan antivirus seperti smadav, antivirus ini merupakan salah satu software yang wajib di install di komputer anda.

Cara membersihkan virus di Flashdisk permanen

Smadav memiliki database antivirus paling banyak dibandingkan dengan antivirus lainnya, Smadav sangat ringan digunakan karena sangat cocok untuk digabungkan dengan antivirus apapun.

Untuk menghilangkan virus seperti ini, bisa dibilang tricky. Karena rata-rata agak sulit dihilangkan. Tapi tenang saja, bagi yang ingin mencoba cara mengatasi virus flash ini, silahkan baca artikel ini sampai habis.

Cara Membersihkan Virus di Flashdisk Permanen

1. Menggunakan CMD

Menggunakan software internal yang disediakan oleh Windows yaitu CMD (Command Prompt). Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
  • Buka kembali Command Prompt di komputer Anda.
  • Masuk kembali ke direktori flash Anda. Ketik perintah "md autoturn.inf". Perintah ini digunakan untuk membuat folder bernama autoturn.inf. Lalu tekan Enter.
  • Ketik lagi perintah "md autorun.inf \ autorun.ini \ aux \\. \\".
  • Coba cek flashdisk Anda, sehingga sudah ada folder Autoturn.inf yang sudah ditambahkan menggunakan CMD ini.

2. Menggunakan Smadav

Kalau berbicara soal Antivirus untuk membersihkan program tidak diketahui pada flashdisk, maka Smadav adalah salah satu rekomendasi yang bisa dicoba.

Untuk memakai Smadav, silakan install terlebih dulu ya. Bisa didapat di situs resminya secara gratis (Silakan kunjungi Smadav.net).

Berikut cara membersihkan virus flashdisk dengan Smadav:
  1. Restart terlebih dulu PC atau laptop
  2. Kalau sudah, sambungkan flashdisk dan tunggu sampai terbaca
  3. Klik kanan pada drive flashdisk
  4. Kemudian klik Scan With Smadav
  5. Menu Scan With Smadav Drive Flashdisk
Di sini Anda tinggal tunggu saja proses scan-nya selama beberapa saat. Untuk hasilnya Anda bisa lihat di menu Reports dan kalau ada virus, Anda bisa hapus pada tab virus.

3. Download Low Level Format

Untuk menghapus virus flash secara permanen, kita bisa menggunakan metode Low Level Format.Tujuannya agar semua file di flashdisk (termasuk virus) bisa hilang sampai ke root.

Namun di sini perlu diperhatikan, semua file di flashdisk akan terhapus. Jadi tolong lakukan backup dulu.
  1. Silahkan download HDD Low Level Format terlebih dahulu
  2. Buka aplikasinya
  3. Hubungkan flash Anda
  4. Kemudian Format
Untuk prosesnya sendiri rata-rata cepat. Tapi itu tergantung dari kapasitas drive juga .. Saran saya hubungkan ke USB 3.0 agar lebih cepat.

Penutup

Nah, solusi saya untuk cara menghapus semua virus yang ada di flashdisk. Terkadang mudah, terkadang sulit yang penting coba saja dulu, karena saya sendiri sudah berkali-kali sukses.

Oh ya, untuk beberapa versi Windows, mungkin ada sedikit perbedaan langkah-langkah pada tutorial di atas. Jika Anda mengalaminya, silakan kirim komentar di mana Anda bingung (saya akan bantu nanti).

Semoga bermanfaat.